Ciri Khas Grafis Anime Studio-Studio Anime Ternama

Satu hal yg adakalanya kita lupakan tapi ternyata ialah hal paling penting dalam produksi sebuah anime adalah design grafik atau art dari anime tersebut. Dimana masing² studio anime tentu memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dalam pembuatan anime mereka. Mau tau apa saja studio anime yg banyak disukai animelovers ? Simak artikel berikut.

1. Kyoto Animation (KyoAni)

Popular Anime List: K-On, Hyouka, Chuunibyou demo Koi ga Shitai!, Kyoukai no Kanata, Amagi Brilliant Park, Musaigen no Phantom World, Hibike! Euphonium, Clannad

Studio animasi yg menurut ane memiliki kualitas animasi terbaik adalah Kyoto Animation atau biasa disebut KyoAni. KyoAni adalah sebuah studio anime yg dikenal dengan sebutan anime veteran moe. Julukan tersebut muncul karena semua anime yg diproduksi di studio anime yg satu ini memiliki karakter karakter yg moe.

Tidak hanya dalam segi karakter moe, hal-hal yg membuat ane berpikir bahwa KyoAni adalah studio animasi terbaik mereka selalu mampu beradaptasi dengan karya² apapun yg mereka angkat menjadi anime. Setiap karya yg mereka angkat menjadi anime akan menjadi sebuah seri yg sangat terkenal. Sebagai contoh light novel berjudulkan “Amagi Brilliant Park” yg telah diangkat Kyoto Animation menjadi anime membuat novel tersebut menjadi dikenal banyak orang, padahal sebelumnya novel ini dianggap sebagai novel yg dianggap biasa² saja.

Kebanyakan dari anime yg diproduksi oleh KyoAni adalah anime bergenre school, romance, dan comedy. melainkan baru² ini mencoba sesuatu yg baru dengan mencoba mengangkat sebuah cerita fantasi-action yg berjudul “Musaigen no Phantom World”, sepertinya ini akan menjadi sebuah anime yg akan menarik perhatian banyak orang

Walaupun memiliki kualitas anime yg memuaskan, Kyo Ani hanya merilis satu anime setiap musimnya atau malah tidak sama sekali.

2. J.C Staff

Popular Anime List: Shimoneta, Shokugeki no Souma, DanMachi, Kangoku Gakuen, Golden Time, Sakurasou no Pet na Kanojo, Toaru no Majutsu no Index, Shakugan no Shana

J.C Staff adalah singkatan dari “Japan Creative Staff”. Ini adalah sebuah studio anime puluhan seri populer yg tak jarang menjadi sebuah mahakarya. Selama ane menonton anime yg diproduksi oleh J.C Staff, tidak ada satupun yg mengecewakan.

Sebagai satu contoh adalah anime Sakurasou no Pet na Kanojo, anime Ini adalah sebuah anime yg diangkat dari novel dengan judul yg sama dengan bertema kehidupan sekolah yg dipenuhi drama. J.C Staff berhasil dengan baik mengangkat anime yg dirilis pada tahun 2012 tersebut. malah mampu dikatakan bahwa kualitas anime Sakurasou no Pet na Kanojo adalah salah satu anime dengan kualitas grafik art terbaik untuk anime tahun 2012.

Sayangnya, sama seperti Kyoto Animation, J.C staff hanya merilis satu anime setiap musimnya malah tidak sama sekali.

3. Madhouse

Popular Anime List: No Game No Life, High School of The Dead, Death Note, One Punch Man, Devil May Cry, Oda Nobuna no Yabou

Madhouse adalah sebuah video anime yg sudah terbentuk sejak tahun 70-an. Madhouse sudah merilis ratusan judul anime yg kebanyakan adalah sebuah anime yg bergenre action. Beberapa anime populer memiliki kebiasaan yg sangat unik, kamu tahu apa itu?

Kebiasaan unik yg dimiliki oleh Madhouse adalah mereka sangat jarang membuat season kedua atau sequel sebuah anime, walaupun anime tersebut adalah sebuah anime yg memiliki popularitas dan penjualan DVD blu-ray yg tinggi.

Walaupun beberapa penyebab kenapa Madhouse tidak membuat season lanjutan atau sekuel adalah karena bahan cerita yg tidak tersedia. Biasanya cerita sebuah anime berasal dari sebuah novel, manga atau game yg kemudian diangkat menjadi anime, dalam beberapa kasus novel atau Manga tersebut akan mengalami sesuatu yg dinamakan “hiatus” atau masa libur, inilah salah satu faktor kenapa seasons lanjutan sebuah anime tidak dibuat. Seperti halnya High School Of The Dead (Mangaka sakit, menyebabkan manga hiatus), No Game No Life (Stok Bahan Cerita Masih belum Cukup), Death Note (Manga sudah tamat, tidak ada bahan cerita).

4. Sunrise


Popular Anime List: Gundam Series (Kebanyakan Seri Mecha-Gundam dibuat di Sunrise), Danshi Koukousei no Nichijou, Gintama, Accel World

seumpama Kyoto Animation disebut sebagai Studio Veteran Moe, maka Sunrise adalah Studio yg ialah veteran Mecha. Sunrise adalah sebuah studio yg sudah memiliki cabang beberapa cabang di beberapa tempat, juga ialah sebuah studio animasi yg ialah anak dari perusahaan Bandai Namco Entertaiment.

mampu dikatakan meski studio animasi ini memiliki banyak masalah karena mereka harus banyak menerima keluhan² yg selalu datang dari anime yg mereka buat (terutama pada anime Gintama), tapi dengan sabarnya mereka selalu mampu memperbaiki kualitasnya.

Seperti yg kamu tahu, Gintama adalah sebuah anime yg diangkat dari manga yg dikarang oleh Sorachi Hideaki yg dikenal sebagai anime yg dipenuhi dengan parodi dari seri anime lain. Maka dari itu setiap Gintama melakukan parodi terhadap anime lain, Studio Sunrise sebagai studio produksi Gintama akan mendapatkan keluhan dari berbagai pihak termasuk lembaga hak cipta.

Selain anime mecha, Sunrise juga sangat dikenal sebagai studio yg memproduksi anime Code Geass, yg disebut-sebut sebagai anime terbaik tahun 2006.

5. P.A Works

Popular Anime List: Angel Beats!, Charlotte, Another, Nagi no Asukara, Shirobako, HaruChika

sempat menonton anime Angel Beats! ? seumpama sempat, inilah studio yg membuat anime tersebut. Walaupun cerita dalam anime tersebut dibuat oleh pengarang naskah jenius yg bernama Jun Maeda.

P.A Works dikenal sebagai studio produksi anime yg dipenuhi dengan drama yg mampu mengoyak hati orang yg sudah menontonnya. Sebagai contoh disini ada anime True Tears, Angel Beats!, Nagi no Asukara, Charlotte, dsb. Dimana anime² tersebut adalah anime yg dikenal mampu membuat para penontonnya menangis.

ane pribadi menyebutkan bahwa P.A Works adalah studio yg mengkhususkan dirinya membuat anime bergenre drama, dan kualitas yg diproduksi oleh mereka tidak nanggung².

6. Lerche

Popular Anime List: Assassination Classroom, Gakkou Gurashi, Maji de Watashi ni Koi Shinasai!, Undefeated Bahamut Chronicle, Danganronpa

Lerche adalah sebuah studio animasi baru yg baru dibentuk pada tahun 2011 lalu. Walaupun ialah studio baru tetapi Lerche sudah memiliki banyak penggemar. Sejak mereka membuat debut anime Assassination Classroom (Ansatsu Kyoushitsu). yg semakin melambungkan nama mereka.

Lerche juga ialah Studio anime yg memproduksi anime Dangaronpa, yg dikenal sebagai sekolah pembunuhan, dimana para muridnya diajarkan untuk membunuh satu sama lainnya.

Kualitas grafik art yg dimiliki juga tidak terlalu mengecewakan. ane berpendapat bahwa Studio yg satu ini memiliki gaya pembuatan anime yg konsisten dimana antara satu anime dengan anime lainnya memiliki kesamaan art yg mirip.

7. Pierrot

Popular Anime List: Beelzebub, Tokyo Ghoul, Akatsuki no Yona, Osomatsu-san, Twin Star Exorcists, Naruto Shippuden

Pierrot adalah sebuah studio anime yg dibentuk pada tahun 70-an. Karena tuanya usia studio yg satu ini, mereka sudah memiliki banyak pengalaman dan sangat dikenal dalam pembuatan anime Naruto Shippuden.

Tak jarang juga orang² menyebutkan bahwa studio animasi yg satu ini ialah “studio animasi yg tidak melewatkan kesempatan sedikitpun untuk menggali keuntungan dari anime yg mereka buat”. Sebagai contoh adalah Naruto Shippuden, manga naruto Naruto sendiri sudah tamat pada tahun 2014 dan karena manganya sudah tamat yg ialah isyarat bahwa stok cerita sudah terbatas, Studio Pierrot akhirnya memutar otak dengan cara membuat episode filler dimana episode filler ini dimanfaatkan oleh mereka untuk mendapatkan keuntungan lebih. Seri utamanya akan dijadikan sebagai acuan agar para fans tetap menonton anime yg mereka buat.

Studio Pierrot juga memiliki brandingnya sendiri dalam dunia anime action. Sebagai contoh mereka berhasil menganimasikan anime Tokyo Ghoul dengan maksimal sehingga membuat para fansnya berharap bahwa suatu hari nanti Tokyo Ghoul dibuatkan seasons lanjutannya.

8. Shaft

Popular Anime List: Monogatari Series (Monogatari, Bakemonogatari, Nisemonogatari, Owarimonogatari, Nekomonogatari, Kiyomonogatari, Kizumonogatari, dll), Nisekoi, Mekakucity Actors, Arakawa Under the Bridge, Puella Magi Madoka Magica

seumpama kamu bertanya studio animasi mana yg memiliki kualitas grafis art yg anti mainstream dan unik, Shaft adalah jawaban yg tepat.

Studio Shaft selalu menampilkan art yg menarik, dimana mereka memiliki banyak keunikan. Sebagai contoh;
1. Dalam pembuatan anime, mereka selalu membuat pewarnaan dengan warna yg kontras.
2. Dalam pembuatan backround/gambar latar, background yg mereka buat sering kali terlihat “memilki kesannya sendiri” (susah dijelaskan dengan kata kata).
3. Sudut kamera/Sudut pandang dari anime yg mereka buat sering kali membuat para penonton menjadi kebingungan (Contoh: Mekakucity Actors).

Shaft juga dikenal sebagai studio anime yg membuat ratusan karakter dari anime yg mereka buat mengalami leher keseleo karena salah satu ciri khas Shaft ialah “Shaft Angle” / “Shaft Head Tilt” (seumpama tidak tahu, silahkan cek google).

Shaft menjadi studio anime favorit ane. Salah satu hal yg ane sukai dari studio animasi ini adalah mereka sangat jarang membuat anime dengan genre harem mainstream, mereka sangat seleksi dalam memilih anime yg akan mereka angkat menjadi anime.

9. A-1 Pictures

Popular Anime List: Black Butler, Working!, AnoHana, Sword Art Online, Ao no Exorcist, Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru, Ore no Imōto ga Konnani Kawaii Wake ga Nai, Gate: Jieitai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri, Shigatsu Kimi wa Uso, Nanatsu no Taizai

Studio anime berikutnya adalah A-1. Tak jauh berbeda dengan anime produksi studio² diatas, A-1 Pictures juga memiliki riwayatnya sendiri dalam dunia produksi anime. Setiap tahunnya mereka selalu memproduksi anime² yg menurut ane selalu mendapatkan peringkat lima besar anime terbaik setiap musimnya.

Dan beberapa anime yg ane harapkan mendapatkan sekuel adalah anime sejuta umat bagi para wibu yg tak lain adalah Sword Art Online dan Nanatsu no Taizai.

10. Ufotable

Popular Anime : Fate Stay Night UBW, Fate Zero, Kara no Kyokai, God Eater, Tales of Symphonia, Futakoi Alternative Series

Dibandingkan dengan studio lainnya, Ufotable tidak usah dipertanyakan lagi soal kualitas grafis art nya. Mereka seperti memiliki seni tersendiri dalam menampilkan gerakan² yg menakjubkan. Ditambah dengan efek² yg seperti memanjakan mata, tidak heran seumpama studio ini lebih banyak menghasilkan anime² dengan genre yg menampilkan banyak gerakan (malah terkesan mendekati visual empat dimensi) seperti Action, thriller, fantasy. Ini ciri khas nya yg bikin ane kagum.

Tidak salah memang, karena studio ini memang tidak main² dalam mengerjakan sebuah proyek anime. Mulai dari budget hingga kesiapan lainnya seperti sudah direncanakan dengan matang malah hingga bertahun-tahun sebelum dimulainya proses produksi sebuah judul anime.

Kita ambil contoh adalah seri anime Fate/Stay. Meski seri pertamanya tidak dikerjakan disini, tapi begitu diambil alih oleh Ufotable, kalian yg sudah menontonnya pasti sudah faham dengan apa yg ane maksudkan. Dan tentu saja lantaran hal tersebut, mereka pun tidak banyak menghasilkan begitu banyak anime. malah sejak mereka berdiri pada tahun 2000. Kita hanya mampu hitung jumlahnya yg hanya sampai puluhan. Sebagai info, Ufotable didirikan oleh salah satu mantan Staff dari studio TMS Entertainment.

Jadi, studio anime mana yg paling kalian sukai ?

Tags: