Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku

Detail:

Judul: Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku (デスマーチからはじまる異世界狂想曲)
Genre: Adventure, Fantasy, Harem, Isekai
Rating: PG-13 – Teens 13 or Older
Rilis: Winter 2018, 11 Januari – 29 Maret
Sumber: Light Novel
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 23 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Silver Link., Connect
Produser: Sotsu, AT-X, DIVE II Entertainment, Tokyo MX, Avex Pictures, BS11, Kadokawa, KLaB
Lisensi: Funimation

Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku (デスマーチからはじまる異世界狂想曲) ialah seri novel ringan Jepang yg ditulis oleh Ainana Hiro. Mendapat adaptasi manga oleh Ayamegumu yg memulai serialisasi di Age Premium, yg kemudian diteruskan di Monthly Dragon Age. Kemudian di adaptasi menjadi serial anime televisi oleh studio Silver Link. dan Connect yg ditulis oleh Shimoyama Kento dan disutradarai oleh Oonamu Shin.


Synopsis:

Programmer 29 tahun Suzuki Ichirou menemukan dirinya berada di dunia RPG Fantasi. Di dunia ini dia ialah seorang berusia 15 tahun bernama Satou. Di sana Satou di sambut oleh serangan pasukan Lizardman. Satou yg melihat dirinya memiliki beberapa skill, mencobanya dan berhasil mengalahkan semua pasukan Lizardman dan menjadikannya petualang level tinggi. Satou yg memutuskan untuk menyembunyikan levelnya, berencana untuk bertemu dengan orang-orang baru dan mencari tahu berhubungan dunia apa ini sebenarnya.

Cerita ( 7.6/10 )

Programmer 29 tahun Suzuki Ichirou harus memperbaiki bug pada permainan World War dan Freedom Fantasy Life (FFL) milik perusahaan tempatnya bekerja, membuatnya harus berada dikantor selama tiga hari tanpa pulang ke rumah. Ichiro yg akhirnya berhasil memperbaiki bug tersebut, memutuskan untuk tidur di tempatnya bekerja. Tak lama setelah tertidur, Ichiro pun terbangun di suatu tempat yg terlihat mirip seperti gabungan dari permainan yg baru saja diperbaikinya, ialah World War dan FFL. Di sana dia ialah seorang berusia 15 tahun bernama Satou dan mempunyai pandangan seperti player dalam sebuah game, dimana dia bisa melihat status, item, skill dan lainnya. Satou yg menganggap itu tak lebih dari sekedar mimpi, tak lama kemudian datang tiga ratus pasukan musuh Lizardman dengan level 50 yg mencoba menyerangnya. Satou yg terkena serangan anak panah darinya, terkejut dengan rasa sakit yg didapatnya, yg benar-benar nyata. Satou yg masih level 1 dan hanya mempunyai tiga skill, memutuskan untuk menggunakannya guna menyelamatkan diri. Satou sendiri tidak percaya dengan apa yg dia lihat, skill yg dikeluarkannya mampu mengalahkan semua pasukan musuh Lizardman level 50 hanya dengan sekali serang yg menjadikannya petualang level tinggi.

Satou yg masih menganggap itu semua mimpi, memutuskan untuk tidak terlalu memikirkan apa yg sedang terjadi dan mencoba melakukan sesuatu di dunia itu. Satou yg kemudian memutuskan untuk pergi ke kota terdekat, dalam perjalanannya dia bertemu dengan musuh yg adalah Wyvern dengan level 30. Satou yg kemudian menyerangnya berhasil membuat Wyvern tersebut pergi menjauhinya. tetapi, karena perbuatannya, Wyven tersebut mengarah ke tempat dimana ada beberapa prajurit disana. Merasa bertanggung jawab, Satou pun mengejar Wyvern tersebut. Di sana Satou melihat para prajurit yg kesulitan melawan Wyvern tersebut, dan mencoba menyelamatkan salah satu dari mereka yg adalah seorang gadis yg terhempas terkena serangan Wyvern tersebut. Gadis yg berhasil diselamatkannya itu kemudian memperkenalkan dirinya. Dia ialah Zena, seorang prajurit sihir dari kota Seiryuu. Tak lama kemudian, teman dari prajurit tersebut datang menghampiri dan bertanya berhubungan siapa Satou sebenarnya. Satou yg berbohong kepada mereka sebagai seorang pedagang dan menyembunyikan levelnya, berhasil mengelabuhi mereka. Satou yg kemudian diajak pergi bersama mereka ke kota Seiryuu, dalam perjalanan Satou melihat Wyvern yg sudah berhasil mereka kalahkan. Satou juga mendapatkan beberapa informasi mengenai Wyvern dan mengetahui beberapa hal mengenai dunia tersebut, salah satunya ialah adanya perbudakan dan terdapat berbagai macam ras.

Sesampainya di kota Seiryuu, Satou dan Zena pun berpisah. Satou kemudian diajak oleh salah satu temannya, Iona, ketempat dimana dia bisa membuat tanda pengenalnya dan tanda izin masuk ke kota tersebut. Pembuat tanda izin masuk ke kota juga menjelaskan padanya berhubungan bagaimana tanda izin tersebut bekerja. Setelah itu Iona memberitahukan berhubungan penginapan yg ada di kota tersebut kepada Satou sebelum akhirnya dia pergi.

Satou yg baru saja memasuki kota tersebut langsung dihampiri dan diajak oleh seorang gadis bernama Martha untuk menginap di penginapan miliknya. Di penginapan tersebut Satou di sambut dengan hangat. Di sana Satou mendengarkan cerita dari Mosa, ibu Martha sekaligus pemilik penginapan, berhubungan adanya Raja Iblis di dunia tersebut.

Satou yg kemudian ditemani Martha pergi belanja untuk membeli kebutuhannya, dalam perjalanannya Satou melihat dua anak kecil ras manusia campuran yg adalah seorang budak sedang mendapat masalah dengan seseorang karena sudah menabraknya. Satou yg kemudian menghampiri dan menolong kedua anak tersebut, membuat Martha sedikit bingung dengannya karena sudah bersikap baik kepada mereka. Satou yg tidak mengerti kemudian dijelaskan oleh Martha kalau ras manusia campuran itu dibenci di kota ini.

Satou yg melanjutkan belanjanya dengan Martha, dan menghabiskan satu hari penuh dengannya, kemudian kembali ke penginapan. Satou yg saat itu masih menganggap kalau semuanya mimpi, kemudian mengingat semua hal yg sudah terjadi selama dia berada di dunia tersebut. Tak lama kemudian Satou menyadari sesuatu, sesuatu yg membuatnya beranggapan kalau dirinya sekarang tidaklah sedang bermimpi, dan ini benar-benar nyata. Kurangnya informasi membuat Satou memutuskan untuk tetap menikmati kehidupan barunya sambil mencari informasi mengenai dunia apa ini sebenarnya, dan cara agar bisa kembali ke dunianya.

Keesokan harinya, Zena yg datang ketempat Satou, mengajaknya untuk pergi bersama berkeliling kota Seiryuu. Diperjalanan Zena menjelaskan berhubungan tempat-tempat yg dikunjunginya dan sedikit berhubungan sihir kepada Satou. Dalam perjalan mereka, Satou bertemu kembali dengan budak sebelumnya yg sempat dia temui saat bersama Martha. Terlihat kalau mereka sedang diperlakukan tidak baik oleh orang-orang disekitarnya. Melihat Zena yg langsung mencoba melindungi budak-budak tersebut, Satou kemudian mencoba membantunya dengan caranya sendiri. Dia mencari dan mengalahkan orang yg ada dibalik itu semua, yg ternyata ialah ras iblis.

Iblis tersebut kemudian menunjukkan wujud aslinya, dan mengeluarkan kemampuan sebenarnya kepada orang-orang yg berada di sana. Satou dan Zena pun harus terpisah karena kemampuannya tersebut. Satou yg saat itu bersama dengan budak-budak tersebut kemudian membantu dan memperlakukan mereka dengan sangat baik, dimana sebelumnya belum sempat ada seseorang yg berbuat seperti itu pada mereka. apalagi Satou membagikan mereka nama yg pantas. Kebaikannya membuat merek mengikutinya.

Bersama dengan Pochi, Tama, dan Liza, Satou berhasil menyelamatkan orang-orang dan mengalahkan iblis tersebut. Setelah berhasil mengalahkan iblis tersebut, Pochi, Tama, dan Liza, mereka memutuskan untuk tetap mengikuti Satou. Tak lama kemudian datang seorang pedagang yg menawarinya dua budak lainnya, ialah Lulu dan Arisa, untuk dijual kepada Satou. Tertarik dengan kemampuan yg dimiliki salah satu budak tersebut dan karena merasa kasihan, Satou memutuskan untuk membeli mereka.

Bersama dengan Zena, Pochi, Tama, Liza, Lulu dan Arisa, Satou memulai petualangan yg sebenarnya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8.4/10 )


Karakter ( 7.9/10 )

#1 Suzuki Ichirou (Satou)


Suzuki Ichirou (Satou) dia ialah programmer 29 tahun. Dia adalah seorang yg baik hati, ramah dan peduli terhadap orang lain. Mau membantu siapa saja yg sedang kesusahan membuatnya disenangi banyak orang. Dia di kirim ke dunia pararel yg sekilas terlihat sama dengan permainan RPG Fantasi. Di dunia tersebut Satou mempunyai kemampuan khusus yg tidak dimiliki oleh orang lain. Dia juga tidak membeda-bedakan ras atau kedudukan. Dia apalagi membagikan kebebasan kepada budak-budak yg dibelinya. Dia juga terlihat seperti seorang kakak saat memperlakukan Tama dan Pochi. Pengisi suara; Horie Shun.

#2 Marientail Zena


Marientail Zena dia ialah prajurit sihir dari kota Seiryuu. Dia menjadi gadis sekaligus orang pertama yg bertemu dan bicara kepada Satou. Baik hati, ramah, dan peduli terhadap orang disekitarnya. Terlihat kalau dia menyukai Satou. Pengisi suara; Takahashi Rie.

#3 Tama


Tama dia ialah ras manusia campuran manusia-kucing yg sebelumnya hanyalah budak tanpa nama yg dikenal hanya sebagai “kucing” milik seorang pria bernama Uusu, yg ternyata adalah ras iblis. Setelah kematian pemilik sebelumnya, dia memutuskan untuk ikut dengan Satou yg sudah baik kepadanya. Tama sendiri adalah nama pemberian Satou untuknya. Tama ialah anak yg baik, penuh semangat, energik dan sangat suka daging. Tama sudah lama bersama Liza dan Pochi. Pochi sendiri sudah dianggap adik olehnya dan Liza sudah seperti kakak baginya. Pengisi suara; Okuno Kaya.

#4 Pochi


Pochi dia ialah ras manusia campuran manusia-anjing yg sebelumnya hanyalah budak tanpa nama yg dikenal hanya sebagai “anjing” milik seorang pria bernama Uusu, yg ternyata adalah ras iblis. Setelah kematian pemilik sebelumnya, dia memutuskan untuk ikut dengan Satou yg sudah baik kepadanya. Pochi sendiri adalah nama pemberian Satou untuknya. Pochi dia ialah anak yg baik, penuh semangat, energik dan sangat suka daging. Pochi sudah lama bersama Liza dan Tama, dan sudah menganggap mereka seperti kakak. Pengis suara; Kouno Hiyori

#5 Liza

Liza dia ialah ras manusia campuran manusia-kadal yg sebelumnya hanyalah budak tanpa nama yg dikenal hanya sebagai “kadal” milik seorang pria bernama Uusu, yg ternyata adalah ras iblis. Setelah kematian pemilik sebelumnya, dia memutuskan untuk ikut dengan Satou yg sudah baik kepadanya. Liza sendiri adalah nama pemberian Satou untuknya. Liza dia ialah orang yg baik dan peduli. Saat masih menjadi budak, dia ialah orang yg selalu membantu dan melindungi Tama dan Pochi dari masalah. Dia mempunyai kebiasaan mengibaskan ekornya yg menunjukkan perasaannya. Biasanya dia mengibaskan ekornya karena senang dengan makanan daging unggas. Pengisi suara; Tsuda Minami.

#6 Lulu


Lulu dia ialah ras manusia yg lahir di kerajaan Kubooku. Menjadi budak karena masalah yg menimpanya. Kemudian dibeli oleh Satou dari pedagang yg menjualnya kepadanya. Kakek buyutnya ialah orang Jepang, sama seperti Satou yg di kirim ke dunia tersebut. Lulu ialah seorang yg pemalu dan pendiam. Dia tidak terbiasa jikalau harus berdekatan dengan laki-laki. Pengisi suara; Hayase Marika.

#7 Arisa


Arisa dia ialah ras manusia yg adalah seorang putri kerajaan Kubooku yg berubah menjadi budak karena ada seseorang yg menjatuhkannya dan kemudian dibeli oleh Satou. Tidak seperti Satou yg di kirim, Arisa direinkarnasi ke dunia tersebut sebagai seorang putri yg di kehidupan sebelumnya ialah orang Jepang. Dia tahu kalau dirinya orang Jepang karena ingatan akan kehidupan sebelumnya masih ada. Sebagai seorang yg direinkarnasi, Arisa mempunyai kemampuan khusus yg Satou melarangnya untuk menggunakannya. Tidak seperti yg lainnya, terlepas dari Tama dan Pochi yg sangat dekat dengan Satou karena sudah seperti kakak dan adik, Arisa selalu mengambil kesempatan untuk berdekatan dengan Satou karena menyukainya. Arisa ialah seorang yg berterus terang dan terbuka. Dia menyukai anak-anak yg imut, termasuk Tama dan Pochi. Pengisi suara; Yuuki Aoi.

#8 Nana


Nana dia ialah Homonculus manusia buatan no 7 dari delapan Homonculus. Setelah berhasil mengalahkan tuan sebelumnya yg juga adalah keinginan Homonculus itu sendiri dan menyelamatkan mereka semua dari bahaya, menjadikan Satou sebagai tuannya. No 7 yg lebih dulu bergabung bersama kelompok Satou kemudian diberikan nama olehnya Nana. Sedangkan Homonculus lainnya harus pergi ke suatu tempat terlebih dulu guna mewujudkan keinginan tuan sebelumnya, sebelum akhirnya nanti bergabung dengan kelompok Satou. Nana ialah seorang yg terbuka yg mengatakan apa saja yg ada dipikirannya tanpa keraguan sedikitpun. Dia juga menyukai benda-benda yg lucu, terutama boneka. Pengisi suara; Yasuno Kiyono.

Musik ( 7.4/10 )


Opening Theme:
#1: “Slide Ride (スライドライド)” by Run Girls, Run!

Ending Theme:
#1: “Suki no Skill (スキノスキル)” by Wake Up, Girls!

Keseluruhan ( 7.8/10 )


Secara keseluruhan anime ini cukup baik dan menarik. Anime ini mempunyai alur cerita yg cukup seru. Karakter didalamnya tidak membosankan, terutama Satou, Tama, dan Pochi yg terlihat dekat seperti kakak dan adik.

Anime ini cocok buat kamu yg menyukai genre Fantasi yg tokoh utamanya memiliki karakter hampir mirip seperti Kirito pada anime Sword Art Online (SAO). Tokoh utamanya, Satou, menyembunyikan level yg sebenarnya, yg membuatnya terlihat biasa saja tapi sebenarnya kuat.

Salah satu yg membuat ane menyukai dan merekomendasikan anime genre Fantasi ini ialah kedekatan Satou dengan Tama dan Pochi yg sudah terlihat seperti kakak beradik. Genre Harem disini juga tidak berlebihan, tidak semuanya menyukai Satou dalam artian suka.

Quotes: “Kamu harus rela mengorbankan apa pun untuk orang yg dicintai” -Arisa