Hataraku Maou-sama! (The Devil Is a Part-Timer!)

Detail:

Judul: Hataraku Maou-sama! (はたらく魔王さま!)
Genre: Comedy, Demons, Fantasy, Romance, Supernatural
Rating: PG-13 – Teens 13 or older
Rilis: Spring 2013, 4 April – 27 Juni
Sumber: Light Novel
Tipe: TV
Episode: 13
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: White Fox
Produser: Sotsu, Lantis, Pony Canyon, Magic Capsule, Infinite
Lisensi: Funimation

Hataraku Maou-sama! (はたらく魔王さま! Hataraku Mao-sama!), dikenal juga sebagai The Devil Is a Part-Timer! merupakan seri novel ringan Jepang yg ditulis oleh Wagahara Satoshi dan diilustrasikan oleh Oniku (029). Serialisasi pertama kali pada Februari 2011 oleh ASCII Media Works. Seri ini mendapat 2 adaptasi manga sampai kemudian pada April 2013 seri ini mendapat adaptasi kembali berupa serial anime televisi oleh studio White Fox yg ditulis ulang oleh Yokotani Masahiro dan disutradarai oleh Hosoda Naoto.

Synopsis:

Di benua Ignora, terdapat beberapa pulau besar yg terbagi di beberapa bagian Selatan, Utara, Timur dan Barat, mereka menyebutnya dengan nama Ente Isla. Ada satu nama yg membuat seluruh penduduk Ente Isla lari ketakutan, ialah Maou Satan, raja iblis kegelapan. Bersama dengan empat jenderal pengikut setianya, Maou Satan yg menyatakan perang dengan para manusia, berniat untuk menguasai dunia dengan kegelapan. tapi, muncul seorang pahlawan yg mampu membuat Maou Satan terpaksa untuk mundur. Maou Satan yg memutuskan untuk mundur, bersama dengan pengikut setianya Alsiel melalui portal dimensi lain, berakhir di bumi, tepatnya Jepang, dunia yg tidak memiliki kekuatan sihir sama sekali. Tanpa sihir dan pengalam bekerja, agar bisa bertahan hidup Maou Satan harus bekerja di sebuah restoran sebagai seorang pelayan.

Cerita ( 8/10 )

Di benua Ignora, Ente Isla. Maou Satan, raja iblis kegelapan yg bermaksud untuk menguasai dunia dengan kegelapan, dikejutkan oleh seorang pahlawan yg mampu membuatnya terpojok dan harus berakhir dengan pergi meninggalkan kerajaannya.

Bersama dengan pengikut setianya, Alsiel, mereka pergi menggunakan portal antar dimensi dan harus berakhir di bumi, tepatnya di Jepang, dunia yg tidak memiliki kekuatan sihir sama sekali, berbeda dengan dunia mereka sebelumnya.

Di Jepang, nama mereka merupakan Maou Sadao dan Ashiya Shirou. Tanpa kekuatan sihir dan pengalaman bekerja, agar bisa bertahan hidup Maou harus bekerja di sebuah restoran sebagai seorang pelayan, sedangkan Ashiya bertugas mengurus keuangan dan mencari tahu berkenaan dunia tersebut dan bagaimana mereka bisa kembali ke dunia mereka.

Maou yg bertemu dengan seorang gadis bernama Yusa Emi, yg ternyata merupakan pahlawan di dunia mereka sebelumnya yg berhasil membuatnya terpojok, membuat Maou terkejut karena kehadirannya di sini.

Emi yg ternyata mengikuti Maou saat mencoba pergi melarikan diri menuju portal antar dimensi sampai akhirnya berakhir di Jepang sama sepertinya. Emi yg kehilangan kekuatannya, tidak bisa apa-apa selain mengikuti dan mengawasi Maou. Hubungan mereka di dunia sebelumnya, dan saat ini membuat mereka sering kali terlibat dalam hal yg tak terduga, termasuk dalam hal berbahaya.

Maou yg mulai menyukai Jepang, dan Emi yg tidak tahu apa yg di pikirkan dan di rencanakan oleh Maou, membuat mereka terlibat lebih banyak hal lagi bersama-sama.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8/10 )


Karakter ( 8.2/10 )

#1 Maou Sadao


Maou Sadao merupakan raja iblis kegelapan di dunia asal mereka. Melarikan diri sampai akhirnya berada di bumi, Jepang, yg tidak memiliki kekuatan sihir sama sekali. Tanpa pengalaman bekerja, awalnya Maou sulit untuk mendapat pekerjaan dan selalu berakhir di pecat, sampai akhirnya dia mulai terbiasa dan berhasil mendapat pekerjaan sebagai pelayan di sebuah restoran. Pekerja keras, rajin, dan penuh ambisi, terkadang bodoh, Maou juga peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Pengisi suara; Osaka Ryota.

#2 Yusa Emi


Yusa Emi (Emilia) merupakan pahlawan yg di takdirkan melawan raja iblis kegelapan Maou. Berhasil membuat raja iblis Maou mundur dan melarikan diri, Emi malah mengikutinya sampai akhirnya tiba di Jepang, dunia tanpa adanya sihir. Emi sekarang bekerja di sebuah perusahaan sebagai Layanan Service. Dia merupakan orang yg keras kepala dan menatakan apa saja yg ada di pikirannya berkenaan Maou. Membenci Maou lebih dari siapa pun. Pengisi suara; Hikasa Yoko.

#3 Ashiya Shirou


Ashiya Shirou merupakan salah satu dari ke-4 Jenderal terkuat yg dimiliki oleh raja iblis Maou. Ashiyan merupakan pengikut setia Maou yg sangat menghormati dirinya lebih dari siapa pun. Terlihat konyol tapi sangat peduli dan perhatian terhadap Maou. Ashiya bertugas mencari tahu berkenaan dunia apa sebenarnya ini dan melakukan banyak pekerjaan rumah. Pengisi suara; Ono Yuuki.

#4 Sasaki Chiho


Sasaki Chiho merupakan teman kerja Maou. Melihat bagaimana Maou bekerja dan memperlakukan orang lain dengan baik membuat Chico suka kepadanya. Chiho juga sering kali salah paham dengan gadis yg dekat dengannya. Chiho juga terlibat dan mengetahui berkenaan masalah Maou dan dunia sebelumnya, begitu juga keterlibatan Emi, Ashiya, dan lainnya.

#5 Urushihara Hanzou


Urushihara Hanzou merupakan salah satu dari ke-4 Jenderal terkuat milik raja iblis Maou. Tanpa sepengetahuan Maou ternyata dia mengikutinya sampai ke bumi, Jepang. Di sana dia berencana mengalahkan Maou tapi gagal. Maou yg mengampuninya, kini sekarang dia tinggal bersamanya bersama-sama dengan Ashiya juga. Tertarik dengan yg namanya internet menjadikannya seorang NEET. Pengisi suara; Shimono Hiro.

#6 Kamazuki Suzuno


Kamazuki Suzono merupakan prajurit terkuat yg dimiliki pihak kerajaan yg dikirim ke Jepang dan ditugaskan untuk membunuh raja iblis Maou. Melihat Maou yg seperti itu membuatnya sedikit ragu untuk membunuhnya dan malah banyak menghabiskan waktu dengannya juga Ashiya dan Urushihara. Di Jepang Kamazuki terlihat seperti gadis desa yg selalu mengenakan kimono setiap saat dan dia pintar memasak. Pengisi suara; Itou Kanae.

Musik ( 7.8/10 )


Opening Theme:
#1: “ZERO!!” by Minami Kuribayashi (eps 3-13)

Ending Theme:
#1: “Gekka (月花)” by nano.RIPE (eps 1, 3-4, 6-12)
#2: “ZERO!!” by Minami Kuribayashi (eps 2)
#3: “Star Chart (スターチャート)” by nano.RIPE (eps 5)
#4: “Tsumabiku Hitori (ツマビクヒトリ)” by nano.RIPE (eps 13)

Keseluruhan ( 8.1/10 )


Secara keseluruhan anime Hataraku Maou-sama! ini sangat baik dan menghibur. Alur dan karakternya benar-benar tidak membosankan, semuanya, terutama Maou, Ashiya, dan Emi, kamu pasti suka.

Komedinya, terutama saat Maou, Ashiya, dan Emi sedang bersama-sama satu sama lain, benar-benar akan bisa membuat kamu terhibur.

Buat kamu yg suka anime Action, Romance dan Comedy, anime ini mungkin bisa dijadikan pilihan yg pas untuk di tonton.

Quote: “Katakanlah apa yg ingin kau katakan, jangan ditahan.” -Urushihara Hanzou