Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri



Detail:


Judul: Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri ((ゲート)自衛隊 彼の地にて、斯く戦えり)
Genre: Action, Adventure, Fantasy, Magic, Military, Supernatural
Rating: R – 17+
Rilis: Summer 2015, 4 Juli – 19 September
Sumber: Novel
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 23 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: A-1 Pictures
Produser: Genco, Magic Capsule, Warner Bros., KlockWorx, Showgate, Bandai Namco Games
Lisensi: Sentai Filmworks


Gаtе: Jіеtаі Kаnосhі nіtе, Kаku Tаtаkаеrі ((ゲート)自衛隊 彼の地にて、斯く戦えり) іаlаh sebuah ѕеrі nоvеl fаntаѕі Jepang уg dіtulіѕ oleh Tаkumі Yanai dаn dііluѕtrаѕіkаn oleh Satoru Sао уg dimulai раdа Julі 2011. Mendapat adaptasi tiga manga spin-off раdа tаhun 2005. Kеmudіаn mеndараt аdарtаѕі serial аnіmе tеlеvіѕі уg dіtulіѕ oleh Tаkаhіkо Urahata dаn diproduksi oleh ѕtudіо A-1 Pictures.

 



Synopsis:


Itami Youji yg adalah otaku sekaligus tentara Japan Self-Defense Forces (JSDF), sedang dalam perjalanan untuk menghadiri pameran doujin di Ginza, Tokyo ketika sebuah portal misterius dalam bentuk gerbang besar tiba-tiba muncul. Dari gerbang ini, keluar makhluk-makhluk misterius dan prajurit yg mengenakan baju zirah abad pertengahan muncul, menerobos kota, membunuh dan menghancurkan segalanya. Dengan tindakan cepat, Itami menyelamatkan sebanyak mungkin orang-orang sementara JSDF lainnya mengerahkan upaya mereka untuk menghentikan serangan.


Tiga bulan setelah serangan itu, Itami ditugaskan memimpin tim pengintai khusus, sebagai bagian dari tugas JSDF, yg akan dikirim ke dunia diluar gerbang yg meraka sebut sebagai “Wilayah Khusus”. Mereka melakukan perjalanan ke dunia yg tidak diketahui ini untuk mempelajari lebih lanjut berkenaan apa yg mereka hadapi dan berusaha untuk berteman dengan penduduk setempat dengan harapan menciptakan hubungan damai dengan kekaisaran yg berkuasa. Tetapi seandainya mereka gagal, mereka menghadapi konsekuensi dalam peperangan yg menghancurkan, yg bisa menelan kedua sisi gerbang.



Cerita ( 8.4/10 )


Awal cerita dimulai pada saat Itami Youji sedang dalam perjalanan untuk menghadiri pameran doujin di Ginza, Tokyo. Setibanya di tempat tersebut, portal misterius dalam bentuk gerbang besar tiba-tiba muncul ditengah kerumunan orang di kota Tokyo. Tak lama setelah kemunculan gerbang besar tersebut, keluar mahkluk-mahkluk yg tidak diketahui apa itu, dan juga diantaranya hewan-hewan yg seharusnya sudah tidak ada lagi apalagi bisa dikatakan sebagai mitos seperti naga muncul dari balik gerbang tersebut. Tak hanya itu, pasukan prajurit yg mengenakan baju zirah abad pertengahan pun ada diantara mereka yg muncul dari balik gerbang tersebut. Mereka yg muncul dari balik gerbang, langsung menerobos kota, membunuh dan menghancurkan segalanya. Dengan tindakan cepat, Itami menyelamatkan sebanyak mungkin orang-orang yg berada dalam bahaya, sementara tentara militer Jepang mengerahkan upaya mereka untuk menghentikan serangan.

Tindakan Itami yg mampu menyelamatkan banyak orang pada saat kejadian tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah Jepang dan memberikannya kenaikkan pangkat. Tiga bulan setelah serangan itu, Itami ditugaskan untuk memimpin tim pengintai khusus, sebagai bagian dari tugas JSDF, yg akan dikirim ke dunia di balik gerbang yg mereka sebut sebagai “Wilayah Khusus”.

Itami dan tentara JSDF yg saat itu mencoba memasuki sisi lain gerbang (Wilayah Khusus) untuk pertama kalinya, dikejutkan oleh ribuan musuh yg adalah prajurit kekaisaran, yg ternyata sudah bersiap pada posisi untuk melakukan penyerangan terhadap tentara JSDF. Pertempuran yg tidak bisa dihindari tersebut membuat banyak jatuh korban pada pihak kekaisaran, dimana pihak mereka tidak mempunyai perlengkapan perang yg bisa menghancurkan pertahanan dan serangan yg dilakukan oleh JSDF. Kekalahan telak yg diterima oleh kekaisaran membuatnya menarik prajurit mereka dari medan pertempuran dan menghentikan serangan.

JSDF yg membangun tempat perlindungan tepat di balik sisi gerbang membuat mereka berhasil menguasa portal masuk untuk kedua sisi dunia tersebut. Membuat mereka mudah untuk melakukan pengiriman barang dan melaporkan berkenaan bagaimana kondisi di sisi lain gerbang. Itami dan timnya yg melakukan penelusuran di dunia yg tidak diketahui tempat apa sebenarnya ini, ditugaskan untuk mempelajari lebih lanjut berkenaan apa yg mereka hadapi dan berusaha untuk berteman dengan penduduk setempat dengan harapan bisa menciptakan hubungan damai dengan kekaisaran.

Dalam penelusurannya, Itami dan timnya berhasil sampai ke sebuah desa, dimana ras manusia tinggal disana. Mereka melakukan pendekatan dengan penduduk setempat, dan mendapatkan informasi kalau di dunia ini terdapat bermacam-macam ras.

Itami bersama dengan timnya yg melanjutkan penelusuran, diperjalanan mereka melihat seekor naga sedang membakar sebuah desa. Dalam kejadian tersebut, ditemukan satu korban gadis yg selamat, yg adalah seorang Elf. Mereka pun kembali ke permukiman dimana ras manusia tinggal dan merawatnya disana.

Itama dan timnya yg saat itu memutuskan untuk meninggalkan dan membiarkan Elf tersebut tinggal bersama dengan manusia, mendapat kabar kalau seekor naga sedang menuju ke desa tersebut dan para penduduk setempat pun memutuskan untuk meninggalkan desa tersebut. Itami pun memutuskan untuk membantu mereka yg ingin menjauh dari tempat tersebut dengan membereskan barang-barang bawaan dan mengawal mereka selama dalam perjalanan.

Di perjalanan, mereka dikejutkan oleh seekor naga api besar yg datang dan menyerang dari belakang. Itami dan timnya berusaha untuk mengalahkan naga tersebut akan tetapi tidak berhasil. Naga tersebut mempunyai kulit yg sangat keras, yg tidak bisa ditembus oleh peluru tembakan. Elf yg saat itu kebetulan sudah sadar, memberitahukan Itami untuk menyerang matanya, dan itu berhasil. akantetapi, itu tidak membuat naga menghentikan serangannya, sampai akhirnya muncul dihadapan mereka seorang gadis yg bisa melukai dan membuat naga tersebut pergi terbang menjauh. Itami yg berterimakasih padanya karena sudah membantunya, malah harus terpaksa mengikuti keinginannya yg ingin ikut pergi bersamanya ketempat perlindungan JSDF. Gadis tersebut pun memberitahukan kalau dirinya ialah gadis setengah dewa. Bersama dengan gadis tersebut, dan juga seorang gadis Elf, dan seorang gadis penyihir yg tinggal bersama ras manusia, yg juga memutuskan untuk ikut dengannya, bersama-sama mereka pergi ke tempat perlindungan JSDF.

Itami dan timnya yg mulai dekat satu sama lain dengan gadis-gadis tersebut, mulai melakukan perjalanan dan melakukan banyak hal bersama. Mereka pun saling berbagi informasi dan belajar satu sama lain berkenaan peradaban dunia mereka masing-masing, termasuk bahasa yg memudahkan mereka bicara satu sama lain. Tak lama, tanpa mereka sadari tempat perlindungan JSDF sudah cukup luas dan banyak di isi oleh orang-orang penduduk Wilayah Khusus itu sendiri, apalagi sudah hampir terlihat seperti desa. Kedekatan tentara JSDF dengan penduduk setempat adalah langkah pertama untuk menciptakan perdamaian dari kedua sisi. Itami dan timnya, dengan empat gadis tersebut, bersama-sama mereka melakukan perjalanan dan menghadapi berbagai masalah bersama. Didalam perjalan dan masalah yg mereka hadapi mempertemukan mereka dengan putri kekaisaran dan menjalin hubungan baik dengannya. Bersama-sama, mereka mulai memperlihatkan hubungan baik dari kedua sisi gerbang.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.9/10 )


Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri mempunyai grafis dengan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton.


Karakter ( 7.9/10 )

#1 Itami Youji

Itami Youji ialah seorang otaku sekaligus tentara Japan Self-Defense Forces (JSDF). Dia ialah seseorang yg baik hati dan peduli terhadap orang-orang disekitarnya, dia juga pemalas. Meski pun sekali-kali terlihat lemah dan malas akan tugasnya, kecerdasan dan kemampuannya membuatnya mendapat posisi yg cukup tinggi di JSDF, ialah Letnan satu. Dia juga adalah pemimpin tim khusus dari tim Rekonstruksi Ketiga JSDF. Pengisi suara; Suwabe Junichi.

#2 Lalena Lelei la


Lalena Lelei la ialah penduduk sisi lain gerbang (Wilayah Khusus) yg adalah bagian dari ras manusia yg bisa menggunakan sihir. Dia ialah orang yg baik, jujur dan terbuka. Dia ialah seseorang yg penasaran akan hal baru dan mau mempelajarinya, apalagi dia ialah orang pertama dari sisi lain gerbang yg mau dan berhasil mempelajari bahasa Jepang. Dia menjadi seseorang yg mengartikan kedua bahasa seandainya ada yg membutuhkannya, dan ini sangat membantu Itami. Dia berkeingin untuk menjadi penyihir hebat, dengan berbagai ilmu yg dipelajarinya, baik dari dunianya ataupun dari sisi lain gerbang, dunia luar baginya. Pengisi suara; Touyama Nao.

#3 Marceau Tuka Luna


Marceau Tuka Luna ialah penduduk sisi lain gerbang (Wilayah Khusus) yg adalah bagian dari ras Elf. Dia ditemukan dalam kondisi pingsan dan diselamatkan oleh Itami dan timnya ketika sedang melakukan penelusuran. Keluarga dan tempat tinggalnya hangus terbakar oleh serang naga. Dia yg merasa kalau ayahnya masih hidup, terus-terusan meneriakkan namanya dan mencarinya setiap sore hari. Dia ialah orang yg baik, yg mau membantu teman-temannya. Pengisi suara; Kanemoto Hisako.


#4 Mercury Rory



Mercury Rory adalah gadis setangah dewa dari sisi lain gerbang (Wilayah Khusus) yg adalah dewa perang. Dia mempunyai kekuatan dan kemampuan yg hebat, terutama seandainya itu soal perang dan pembunuhan. Meski begitu, dia ialah orang yg baik dan ramah. akan tetapi dia tidak menunjukkan belas kasihan kepada musuhnya. Dia tertarik dengan sikap yg dimiliki oleh Itami, dan seringkali menggodanya. Pengisi suara; Taneda Risa.


#5 Yanagida Akira



Yanagida Akira, Letnan satu JSDF. Disiplin dan serius, dia ialah seseorang yg mementingkan pekerjaan dan tugas-tugasnya. Dia senang menyulitkan Itami dalam melakukan tugas dan pekerjaannya. Meski begitu, dia ialah orang yg baik dan pengertian. Dia bertugas menerima dan membuat laporan berkenaan penelusuran yg dilakukan JSDF. Pengisi suara; Yusa Kouji.


#6 Kurata Takeo



Kurata Takeo, Sersan dua JSDF yg ditugaskan ke tim Konstruksi Ketiga. Dia juga adalah seorang otaku sama seperti Itami. Dia satu-satunya anggota tim yg bisa dengan nyaman berbicara dengan Itami berkenaan apapun yg berhubungan dengan otaku.


#7 Kuribayashi Shino



Kuribayashi Shino, Sersan satu JSDF yg ditugaskan ke tim Konstruksi Ketiga. Dia ialah orang yg baik dan disiplin. Kemampuan bela dirinya juga bisa dibilang sangat baik. Dia tidak bisa tinggal diam ketika ada seseorang yg membutuhkan bantuan. Dia ialah satu-satunya anggota yg suka mencela Itami, tapi di sisi lain juga dia sangat menghormatinya. Pengisi suara; Uchida Maaya.


#8 Kurokawa Mari



Kurokawa Mari, Sersan satu JSDF yg ditugaskan ke tim Konstruksi Ketiga. Dia juga adalah bagian tim medis di tim ini. Dia ialah orang yg baik, peduli, dan sangat perhatian. Pengisi suara; Akesaka Satomi.


#9 Co Lada Pina

Co Lada Pina ialah putri kaisar dari sisi lain gerbang (Wilayah Khusus). Dia telah melihat dengan sendirinya betapa hebatnya perlengkan perang yg dimiliki oleh JSDF, yg membuatnya sadar kalau kaisar tidak akan bisa menang seandainya melawan, dan memilih bernegosiasi untuk kedamaian antar kedua sisi gerbang. Dia ialah perantara antara pemerintah Jepang dengan Kekaisaran. Dia ialah orang yg serius dan penuh ambisi, dan bisa memahami dan membaca situasi. Dia juga sangat menyukai manga romantis buatan Jepang. Pengisi suara; Tomatsu Haruka.


Musik ( 7.4/10 )



Opening Theme:
#1: “GATE: Sore wa Akatsuki no you ni (GATE~それは暁のように~)” by Kishida Kyoudan & The Akeboshi Rockets (eps 1-11)


Ending Theme:
#1: “Prism Communicate (ぷりずむコミュニケート)” by Mercury Rory (Taneda Risa), Marceau Tuka Luna (Kanemoto Hisako), Lalena Lelei la (Touyama Nao) (eps 1-11)
#2: “GATE: Sora wa Akatsuki no you ni (GATE~それは暁のように~)” by Kishida Kyoudan & The Akeboshi Rockets (eps 12)


Keseluruhan ( 8/10 )



Secara keseluruhan anime ini baik dan menarik. Alur yg diberikan tidak terlalu berat, akan tetapi menarik. Cerita dan karakter didalamnya tidak membosankan sama sekali, terutama Itami dan Kuribayashi, kamu pasti suka. Anime yg mengangkat genre militer ini membahas mengenai diplomatik dan sebagainya, dan beberapa pertempuran yg tidak kalah seru didalamnya. Anime ini cukup memuaskan, dan ini juga termasuk salah satu anime yg ane tonton habis dalam sehari, karena memang ceritanya menarik dan membuat penasaran akan kelanjutannya.


Anime ini cocok buat kamu yg suka cerita militer yg menyelesaikan masalahnya dengan cara berunding dan bekerja sama, dengan beberapa pertempuran yg tidak kalah seru didalamnya. Cerita yg didalamnya terdapat bermacam ras, seperti elf, penyihir, dan lainnya, dan binatang-binatang mitos seperti naga. Tokoh utama cowoknya yg terlihat biasa-biasa saja, tidak bisa diandalkan, dan malas, tetapi sebenarnya cerdas dan terampil. Teman-temannya yg tidak membosankan dan menarik perhatian, seperti Kuribayashi contohnya, kamu pasti suka. Masalah yg terdapat didalamnya tidak terlalu berat, juga tidak terlalu ringan. Cerita militer yg berpusat pada permasalahan diplomatik, dengan pertempuran yg tidak kalah seru didalamnya.


Quotes: “Seseorang tidak bisa hidup di masa depan tanpa menerima kenyataan” -Kurokawa Mari