Jormungand (Snake of the World)

Detail:

Nama: Jormungand (ヨルムンガンド)
Genre: Action, Adventure, Seinen
Rating: R+ – Mild Nudity
Rilis: Spring 2012, 11 April – 27 Juni
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: White Fox
Produser: Geneon Universal Entertainment, Shogakukan Productions, Jormungand Productions Partners
Lisensi: Funimation

Jormungand (ヨルムンガンド Yorumungando) dalam mitologi nordik berarti Ular Dunia, ialah seri manga yg ditulis oleh Takahashi Keitarou, yg diserialisasikan di majalah Monthly Sunday Gene-X dan diterbitkan di Amerika Utara oleh Viz Media. Mendapat adaptasi serial anime televisi oleh studio White Fox yg disutradarai oleh Motonaga Keitarou. Disiarkan di Jepang pada Spring 2012, 11 April – 27 Juni. Musim kedua berjudul Jurmongand: Perfect Order, 12 episode, disiarkan pada Fall 2012, 10 Oktober – 26 Desember.

Synopsis:

Koko Hekmatyar, pedagang senjata dari perusahaan HCLI yg menjual berbagai macam senjata ke manapun mereka yg membutuhkan, tidak peduli mereka seorang tentara, mafia, atau warga sipil. Bersama dengan rekan-rekannya yg sebagian besar ialah mantan prajurit, polisi, malah mafia, Jonathan Mar seorang anak kecil yg ialah anggota baru, bersama-sama mereka mengikuti dan melindungi Koko kemana pun dia pergi dengan mimpi besarnya, merupakan menjual senjata untuk menciptakan perdamaian dunia.

Cerita ( 8/10 )

Jonathan Mar, seorang anak laki-laki yg tempat tinggalnya sedang terlibat dalam sebuah peperangan, harus kehilangan kedua orang tuanya dan teman-temannya. Jonathan yg sangat membenci senjata lebih dari siapa pun, akan tetapi menyadari kalau dirinya juga membutuhkan senjata untuk mampu bertahan hidup, karena kejadian di masa lalunya kini dia harus menjadi anggota baru Koko Hekmatyar, seorang pedagang senjata.

Tugasnya ialah mengikuti dan melindungi Koko kemanapun dia pergi untuk menjual senjata kepada meraka yg membutuhkan baik tentara, mafia, malah warga sipil. Alasan Koko menjual senjata ialah menciptakan perdamaian dunia, membuat Jonathan tidak mengerti dengan pemikirannya.

Beberapa kali terlibat dalam bahaya saat menjual senjata ke berbagai tempat, membuat Jonathan semakin tidak mengerti dengan cara berpikir Koko, akan tetapi dia mulai tertarik dengannya dan memutuskan untuk mengikuti dan melindunginya. Bersama dengan rekan-rekan lainnya yg sebagian mantan prajurit, polisi, malah mafia, Jonathan mulai mengerti mengapa mereka semua yg ialah orang-orang hebat mau melindungi dan mengikutinya kemanapun dia pergi.

Dalam melakukan transaksinya berjualan senjata, selalu ada pihak lain yg terlibat yg mengancam keselamatan Koko. Membuat rekan-rekannya harus selalu waspada setiap saat. Ini karena Koko ialah pedagang senjata dari perusahaan HCLI yg pekerjaannya ilegal dibawah hukum internasional. Dia dipaksa untuk terus-menerus menghindar dari otoritas lokal dan internasional saat sedang melakukan bisnis. Dan beberapa keterlibatan dari sesama pihak pedagang senjata yg tidak senang dengan bisnisnya yg selalu berjalan dengan baik, yg selalu mengiriminya seorang pembunuh bayaran untuk menghabisinya.

Kemampuan Koko dalam berpikir mengenai strategi ke depannya, mengenai rencananya dan kemampuan rekan-rekannya yg luar biasa membuat transaksi yg dilakukan olehnya selalu berjalan dengan baik, sesuai rencana. Kemanapun mereka pergi bahaya selalu mengikuti mereka. Bersama-sama, mereka pergi berkeliling dunia menjual senjata ke berbagai pihak guna perdamaian dunia.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )

Karakter ( 7.9/10 )

#1 Koko Hekmatyar

Koko Hekmatyar ialah pedagang senjata ilegal dari perusahaan besar HCLI yg ialah milik keluarganya. Pekerjaannya sebagai pedagang senjata ilegal membuatnya terpaksa untuk terus-menerus menghindar dari otoritas lokal dan internasional, yg berarti dia tidak mampu diam di satu negara dan harus berpergian. Pekerjaannya juga membuat dirinya sering terlibat dalam situasi berbahaya yg mampu menghilangkan nyawanya. Kemampuannya dalam membaca situasi dan membuat sebuah rencana sangatlah baik. Koko memiliki rekan-rekan yg direkrut langsung olehnya sendiri, yg ialah orang-orang kepercayaan yg dimilikinya. Mimpinya ialah menciptakan perdamaian dunia. Pengisi suara; Itou Shizuka.

#2 Jonathan Mar


Jonathan Mar, dia ialah seorang anak laki-laki yg tempat tinggal terlibat dalam sebuah peperangan yg membuatnya harus kehilangan kedua orang tua dan teman-temannya. Membenci senjata dan orang-orang yg membuat, menjual, dan menggunakannya lebih dari siapapun, tapi juga paling menyadari kalau dirinya membutuhkan senjata untuk bertahan hidup. Menjadi anggota baru di kelompok Koko, Jonathan terlihat begitu dekat dengannya. Koko sedikit memperlakukannya sebagai adiknya. Jonathan, dia tidak suka terlalu banyak bicara dan membenci pelajaran matematika dan fisika. Kemampuannya menggunakan senjata api sangatlah berbakat. Menariknya, dia tidak mau melakukan operasi untuk mengeluarkan peluru yg ada pada bagian tubuhnya karena takut di suntik. Dilihat dari bagaimana cara dia melindungi Koko dan bagaimana menghadapi musuhnya, membuatnya sangat aneh kalau dia ternyata malah takut di suntik. Pengisi suara; Tamura Mutsumi.

#3 Lehm Brick

Lehm Brich ialah rekan pertama Koko yg ialah orang yg paling dia percaya lebih dari siapaun. Mantan tentara bayaran Delta Force yg sebelumnya bekerja untuk ayah Koko bersama Chiquita, mantan istrinya. Lehm ialah mantan perwira yg memiliki pengalaman, kemampuan dan analisa yg sangat baik dan luar biasa. Memutuskan untuk mengikuti dan melindungi Koko karena sikap dan mimpinya yg menurutnya hebat dan menarik. Dia ialah yg tertua di kelompok ini. Terlepas dari Jonathan, dia ialah orang yg paling dekat dan paling memahami pemikiran Koko. Pengisi suara; Ishizuka Unshou.

#4 Sofia Valmer

Sofia Valmer ialah mantan prajurit yg dikirimkan PBB ke negara Afrika. Valmer yg saat itu menjadi pemimpin pasukannya, harus menghadapi kenyataan yg pahit dimana semua pasukannya di bantai oleh seorang musuh dan hanya dia yg selamat. Demi membalaskan dendam pasukannya, dia memutuskan untuk mengikuti dan melindungi Koko. Dia memutuskan mengikutinya untuk kemungkinan kecil dimana seandainya dia berkeliling dunia dia mampu bertemu kembali dengan orang yg sudah menghabisi pasukannya. Memiliki pengalaman, kemampuan fisik, dan seni bela diri yg sangat baik. Dia ahli dalam pertempuran jarak dekat. Sangat mengkhawatirkan Koko dibandingkan rekan lainnya. Demi Koko dia akan melakukan apapun itu. Menurutnya Koko ialah orang yg baik, seseorang yg menyelamatkannya dari keterpurukan dan memberinya harapan dan alasan untuk tetap hidup. Dia akan benar-benar menjadi marah saat melihat ada yg menyakiti Koko. Pengisi suara; Ohara Sayaka.
#5 Lutz



Lutz ialah mantan penembak jitu dari GSG9, seorang perwira polisi. Dia ialah ahli sniper, yg ialah penembak jitu di kelompok ini. Dia menjadi tidak yakin dengan dirinya sendiri kalau mengetahui kalau targetnya ialah anak kecil, terutama perempuan sekalipun dia seorang pembunuh bayaran. Pengisi suara; Hatano Wataru.
#6 Mao



Mao ialah mantan perwira artileri dari negara Asia. Dikeluarkan dari militer setelah dia melakukan kesalahan yg menyebabkan kecelakaan cukup serius pada saat pelatihan, dan kemudian direkrut oleh Koko. Dia ialah satu-satunya anggota yg sudah memiliki keluarga dan memiliki dua orang anak yg usianya masih dibawah dari pada Jonathan. Keluarganya sama sekali tidak mengetahui kalau dia sekarang bekerja sebagai pedagang senjata. Dia mengatakan kepada keluarganya kalau dirinya mendapat tugas militer yg membuatnya harus berpergian jauh. Dia ditugaskan oleh Koko untuk membagikan pelajaran sains kepada Jonathan. Pengisi suara; Shinomiya Gou.

#7 Renato Socci



Renato Socci ialah mantan perwira Intelijen Angkatan Bersenjata Bersaglieri Italia, dia sempat juga bertugas sebagai tentara penjaga perdamaian PBB. Kemudian menjadi bagian CIA sebagai mata-mata. Memutuskan untuk mengikuti dan melindungi Koko. Pengisi suara; Konishi Katsuyuki.

#8 Akihiko Tojo

Akihiko Tojo ialah mantan operator unit rahasia SR Kementerian Pertahanan Jepang. Memutuskan untuk mengikuti dan melindungi Koko sebagai intelijen informasi. Pengisi suara; Yanai Hitoshi.

#9 William Nelson


William Nelson ialah ahli bahan peledak dan mantan letnan dari Brigade Insinyur 20 dari Korps Udara XVIII Angkatan Darat AS. Memutuskan untuk mengikuti dan melindungi Koko sebagai ahli peledak dan dia juga ditugaskan membagikan pelajaran Bahasa Inggris kepada Jonathan. Pengisi suara; Nomura Kenji.

#10 Ugo

Ugo ialah mantan pengemudi mafia, Ugo direkrut oleh Koko setelah organisasi mafia tempatnya bekerja dihabisi oleh tim Koko karena melanggar perjanjian dengan mencoba membayar menggunakan obat-obatan. Melihat reaksi berbeda dari Ugo ketika kelompoknya membayar tim Koko dengan obat-obatan membuat Koko tertarik dengannya. Dia memutuskan mengikuti dan melindungi Koko sebagai supir pribadi yg memiliki kemampuan mengemudi yg sangat baik dan terampil. Pengisi suara; Katsunuma Kiyoshi.

Musik ( 7/10 )


Opening Theme:
#1: “Borderland” by Mami Kawada

Ending Theme:
#1: “Ambivalentidea” by Nagi Yanagi (eps 1-3, 5-12)
#2: “Shiroku Yawaraka na Hana (白くやわらかな花)” by Nagi Yanagi (eps 4)

Keseluruhan ( 8/10 )

Secara keseluruhan anime ini sangat baik dan menarik. Alur dan karakter didalamnya tidak membosankan sama sekali, terutam Lehm, kamu pasti suka. Anime ini memiliki cerita yg benar-benar menarik dan aksi yg keren, terutama tembak-tembakannya. Buat kamu yg suka anime aksi gua sangat merekomendasikan untuk menonton anime Jurmongand ini.

Jurmongand ini cocok buat kamu yg suka dengan cerita yg terdapat tim atau sebuah kelompok didalamnya, terlebih anggotanya terlihat bebas akan tetapi sangat menghormati, baik sikap, keputusan, dan perintah pemimpin mereka.

Buat kamu yg suka genre militer juga gua merekomendasikan untuk menonton Jurmongand ini. Meskipun tidak ada genre militer di dalamnya, akan tetapi suasana militer didalam cerita cukup terasa. Memang anime ini berfokus pada mafia dibandingkan militer, tapi latar belakang, kemampuan dan keahlian termasuk analisa yg diperlihat benar-benar seperti bagaimana cara seorang tentara bertindak.

Anime Jurmongand ini ialah salah satu anime yg habis gua tonton dalam sehari. Karena memang cerita dan karakternya menarik dan tidak membosankan, membuat setiap episode yg dimiliki anime ini selalu berhasil membuat gua penasaran akan kelanjutannya.

Quote: “Buang keinginanmu untuk mati dan ubah menjadi latihan yg keras.” -Lehm Brick