Pengertian dan Jenis-Jenis Chuunibyou

Chuunibyou

Kаlо ѕеbеlumnуа kіtа sudah membahas berkenaan Otаku dan Weeaboo, kаlі іnі guа іngіn mеmbаhаѕ berkenaan ара itu Chuunibyou, реngеrtіаn dаn jenis-jenisnya.

Bаgі реnggеmаr anime dan mаngа раѕtі mengenal іѕtіlаh Chuunibyou іnі. Tеrutаmа уg sudah sempat menonton аnіmе ‘Chuunіbуоu dеmо Koi ga Shitai!’ уg di tulіѕ оlеh Tоrаkо. Anime tеrkеnаl уg mеnсеrіtаkаn berkenaan ѕеоrаng аnаk уg mеngіdар penyakit Chuunіbуоu.

Tapi apa kаmu bеnаr-bеnаr sudah tahu apa arti dаn jеnіѕ-jеnіѕ Chuunibyou sebenarnya? Kаlаu bеlum, di ѕіnі guа аkаn mеnjеlаѕkаn bеrkеnааn apa іtu Chuunіbуоu dаn jеnіѕ-jеnіѕ dari Chuunibyou іtu sendiri.

APA ITU CHUUNIBYOU? PENGERTIAN CHUUNIBYOU


Chuunibyou merupakan sindrom yg mampu membuat pengidapnya mengkhayal seakan-akan menjadi seseorang yg berbeda, kebanyakan menjadi tokoh fiksi, yg memiliki sesuatu yg luar biasa seperti kemampuan atau kekuatan supernatural dalam dirinya.


Chuunibyou (中二病), kasarnya berarti ‘penyakit/sindrom/gejala kelas dua SMP’. Chuunibyou menggunakan huruf ‘‘ (byou) yg berarti penyakit/sindrom/gejala.


Sindrom chuunibyou di sini bukan berarti dalam tanda petik benar-benar sakit atau pun mengalami gangguan jiwa. tapi, sindrom yg di maksud merupakan gejala atau emosi yg dimiliki oleh seseorang yg pada umumnya muncul secara bersamaan dengan tindakan sehingga mampu teridentifikasi. Mudahnya merupakan seseorang yg bertindak sesuai dengan imajinasi yg di pikirkannya saat itu juga (mengkhayal). Misalnya: merasa kalau dirinya memiliki kekuatan supernatural, bersikap seakan-akan dirinya lebih baik daripada orang lain, merasa kalau dunia ini bukanlah tempat dimana seharusnya dia berada, dan sebagainya. Umumnya terjadi pada usia pubertas sekitar 14 tahun, usia dimana seseorang masih dalam masa labil-labilnya. tapi tidak jarang juga dalam beberapa kasus ada juga orang dewasa masih bersikap seperti ini.


ASAL MULA ISTILAH CHUUNIBYOU


Secara etimologi istilah chuunibyou berasal dari bahasa Jepang Chuugakkou ni-nen (中学校二年 yg artinya ‘tahun kedua sekolah menengah’ dan Byou () yg berarti penyakit/sindrom/gejala sehingga kata chuunibyou ini memiliki arti dasar ‘penyakit/sindrom/gejala di tahun kedua sekolah menengah’.


Hikaru Ijuin dianggap sebagai orang pertama yg menggunakan istilah chuunibyou ini. Pada November 1999, dalam siaran radionya dia mengatakan ‘ane masih tertular chuunibyou’. Kemudian dia melakukan siaran lainnya dengan mengatakan ‘Apakah gua sakit? Oh, itu hanya chuunibyou.’


Hikaru Ijuin mendefinisikan kata “chuunibyou” sebagai ‘hal-hal yg biasanya dilakukan seseorang selama tahun kedua mereka di sekolah menengah’. Istilah chuunibyou ini kemudian dengan cepatnya menyebar di internet dan semakin tenar setelah menjadi meme.


Selain itu muncul istilah yg baru lainnya yg berhubungan dan menjadi meme chuunibyou, adalah “Kounibyou” (高二病) yg artinya “penyakit di tahun kedua sekolah menengah atas, SMA.” dan “Shounibyou” (小二病) yg artinya “penyakit di tahun kedua sekolah dasar.” Hikaru Ijuin yg kehilangan minat karena istilah-istilah meme ini membuatnya menulis postingan di Twitter-nya “gua tidak tertarik dengan kata ini lagi (chuunibyou) karena telah kehilangan makna aslinya dari ketika gua pertama kali menggambarkannya.”


JENIS-JENIS CHUUNIBYOU


1.DQN (DQN , dokyun-kei), adalah orang yg berpura-pura bersikap anti-sosial atau bertindak seperti anak nakal padahal sebenarnya tidak. Misalnya mengarang cerita berkenaan perkelahian geng atau kejahatan, atau membanggakan diri dengan berpura-pura tahu dan bersikap seperti sudah terbiasa dengan keadaan seperti itu, padahal semuanya hanya rekayasa belaka, kebohongan.


2.Subkultular/HIPSTER (サブカル系, sabukara-kei), adalah orang yg memiliki kecenderungan memilih hal yg non-mainstream atau yg peminatnya sedikit agar merasa berbeda dengan yg lainnya dan menjadikan diri mereka istimewa. Orang seperti ini biasanya lebih memilih budaya lain daripada budaya yg ada dilingkungannya sendiri. Orang jenis ini tidak mencintai budayanya sendiri tapi berusaha terlihat “keren” dengan budaya lain.


3.EVIL EYE (邪気眼系, jakigan-kei), adalah orang yg cenderung merasa memiliki kemampuan atau kekuatan supernatural dalam diri mereka. Kekagumannya atas kekuatan sihir dan sebagainya membuatnya berpikir kalau dirinya memiliki kekuatan yg tersembunyi dalam diri mereka sehingga sering mengkhayal yg aneh-aneh. Anime ‘Chuunibyou demo Koi ga Shitai!’ yg gua singgung sebelumnya benar-benar menggambarkan jenis ini.


CHUUNIBYOU DALAM PANDANGAN PSIKOLOGI


Faktor pendorong terjadinya chuunibyou ini berasal dari kekaguman terhadap orang-orang hebat atau populer, atau budaya yg sangat disukai dan diinginkan oleh orang tersebut. Menyebabkan orang tersebut meniru sifat atau karakter ciri-ciri tertentu dari mereka (penampilan, fisik, kepribadian, dan sebagainya) yg dalam psikologi disebut sebagai identifikasi.


Dalam kasus sindrom chuunibyou, identifikasi orang tersebut biasanya berasal dari karakter atau tokoh video game, anime, atau manga, yg dianggap eksklusif atau luar biasa keren bagi mereka, biasanya karakter favorit atau kesukaan.


MENJADI SEORANG CHUUNIBYOU, BAIK ATAU BURUK?


Baik, buruknya seorang chuunibyou tergantung dari masing-masing penilaian dan pendapat seseorang. Dalam masyarakat sendiri, terutama di Jepang, chuunibyou sendiri sedikit mendapat penilaian yg tidak baik. Chuunibyou dianggap aneh dan menyusahkan orang-orang di sekitarnya.


Menurut gua pribadi, seorang chuunibyou itu agak unik dan aneh, sesekali mereka juga menyusahkan, meski begitu terlihat menyenangkan. Bukan berarti seorang chuunibyou itu buruk, lho. Mengapa? Karena melihat seseorang yg larut dalam imajinasinya itu menyenangkan, apalagi mereka yg sampai memperagakannya. Tidak perduli dengan apa yg dikatakan orang-orang tentangnya, seorang chuunibyou selalu menjadi dirinya sendiri dengan kebebasan dan khayalannya. Bukankah itu menarik?


sesekali juga gua menganggap kalau seorang chuunibyou itu nyusahin, kenapa? karena kalo bicara sama seorang chuunibyou tuh sesekali ngelanturnya kemana-mana, susah di ajak nyambungnya. Belum lagi seumpama kamu termasuk orang yg tidak suka dengan sikap kekanak-kanakan. Seorang chuunibyou ini kekanak-kanakannya bener-bener banget dah. Apalagi kalo kamu di libatkan dalam imajinasinya tersebut, di tempat dan waktu yg tidak tepat misalnya di keramaian dan sebagainya. mampu jadi pusat perhatian banyak orang.

Intinya, apapun itu pasti ada hal baik dan buruknya. Tidak ada yg salah dengan seorang chuunibyou. seumpama memang ada, itu merupakan pendapat orang-orang tentangnya.