Pengertian Vocaloid Dan Beberapa Idol Vocaloid

Vocaloidberasal dari kata “Vocal” dan “Android” Vocaloid ialah perangkat lunak hologram 3D yg bisa menghasilkan suara bagian vokal manusia (nyanyian), yg di produksi oleh Yamaha Corporation dan dirilis pertama kali pada 26 Februari 2003.



Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yg dibawakan. Suara nyanyian diambil dari “pustaka suara” yg berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Hanya dengan memasukkan komposisi musik dan lirik kedalam perangkat, vocaloid bisa menghasilkan suara dengan teknik sebagaimana manusia bernyanyi.

Teknik yg dipakai ialah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Spilicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi sebenarnya diolah dengan metode Domain Frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data “artikulasi nyanyian” yg berisi potongan suara dan teknik bernyanyi. Secara singkat vocaloid ialah perangkat lunak hologram 3D yg bisa bernyanyi.

Kemunculan vocaloid mendapat respon yg sangat baik oleh masyarakat terutama otaku, dimana vocaloid mempunyai banyak karakter dengan penampilan dan suara yg sangat baik, yg menjadikannya populer dan banyak disukai oleh penggemarnya, malahan ada beberapa vocaloid yg menjadi idol. berikut ini ialah beberapa vocaloid idol yg mendunia :

#1 Hatsune Miku (初音ミク)

Informasi Karakter :
Nama : Hatsune Miku (初音ミク)
Generasi : 2
Kode : CV01
Ulang tahun (rilis) : 31 Agustus 2007
Umur : 16 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Tinggi : 158 cm
Berat : 42 kg

Hatsune Miku (初音ミク) ialah nama yg diambil dari bahasa Jepang yg berarti pertama (初 hatsu), suara (音 ne), dan masa depan (ミク miku) secara harfiah, berarti “suara pertama dari masa depan”.

Hatsune Miku ialah penyanyi idol yg di ilustrasikan sebagai perempuan remaja bergaya rambut twin tails berwarna hijau.

Hatsune Miku ialah vocaloid idol yg mendunia, yg tampil sebagai hologram 3D pada beberapa panggung konser, layaknya penyanyi sungguhan. Vocaloid generasi kedua ini dianggap sebagai vocaloid paling populer dan banyak disukai oleh penggemarnya di seluruh dunia.

Suara yg dimiliki Miku diambil dari suara Fujita Saki, seorang pengisi suara dari Jepang.

#2 Kagamine Rin dan Len (鏡音 リン · レン)

Informasi Karakter :
Nama : Kagamine Rin dan Len (鏡音 リン · レン)
Generasi : 2
Kode : CV02
Ulang tahun (rilis) : 27 Desember 2007
Umur : 14 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan (Rin) dan Laki-Laki (Len)
Tinggi : 152 cm (Rin) dan 156 cm (Len)
Berat : 43 kg (Rin) dan 47 kg (Len)

Kagamine (鏡音) ialah nama yg diambil dari bahasa Jepang yg berarti kaca (鏡 kagami) dan suara (音 ne) secara harfiah, berarti “suara yg sama”, sedangkan Rin dan Len mengandung arti sebagai kiri (Rin) dan kanan (Len).

Kagamine Rin dan Len ialah penyanyi idol yg di ilustrasikan sebagai dua anak kembar yg memiliki rambut berwarna oren dengan suara yg khas seperti anak kecil. Rin di gambarkan sebagai anak perempuan yg egois dan manja, sedangkan Len di gambarkan sebagai anak laki-laki yg kawaii.

Suara yg dimiliki Rin dan Len diambil dari suara Shimoda Asami, seorang pengisi suara dari Jepang.

#3 Megurine Luka (巡音ルカ)

Informasi Karakter :
Nama : Megurine Luka (巡音ルカ)
Generasi : 2
Kode : CV03
Ulang tahun (rilis) : 30 Januari 2009
Umur : 20 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Tinggi : 162 cm
Berat : 45 kg

Megurine Luka (巡音ルカ) ialah nama yg diambil dari bahasa Jepang yg berarti beredar atau sekitar (巡 meguri) dan suara (音 ne), sedangkan Luka diambil dari homonim bahasa Jepang “Nagare” yg berarti mengalir (流 lu), lagu (歌 ka) secara harfiah, berarti “suara lagu yg mengalir ke seluruh dunia”.

Megurine Luka ialah penyanyi idol yg di ilustrasikan sebagai perempuan dewasa dengan rambut panjang yg digerai berwarna merah muda. Luka ialah salah satu vocaloid yg paling enak didengarkan dengan lagunya yg berbahasa inggris. Suara yg dimiliki Megurine Luka diambil dari suara Asakawa Yu, seorang pengisi suara dari Jepang.