Review Anime: AIR

Detail:

Judul: AIR
Genre: Drama, Romance, Slice of Life, Supernatural
Rating: PG – 13+
Rilis: Winter 2005, 7 Januari – 25 Maret
Sumber: Visual Novel
Tipe: TV
Episode: 12 + 2 Spesial (AIR In Summer)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Kyoto Animation
Produser: Pony Canyon, TBS, Movic
Lisensi: ADV Films, Funimation

AIR merupakan sebuah judul game yg kemudian diadaptasi menjadi manga dan anime. Pertama kali dibuat sebagai game novel visual dari Jepang yg dikembangkan oleh Key dan dirilis pertama kali pada 8 september 200 untuk PC. Menyusul kesuksesan yg diraih oleh versi gamenya, AIR telah dibuat dalam berbagai versi media. Series manganya digambar oleh komikus Jepang, Katsura Yukimaru berdasarkan versi gamenya. Versi manga ini pertama kali muncul pada majalah Jepang Comptiq dan diterbitkan oleh Kadokawa Shoten sejak 10 Agustus 2004 – 10 Februari 2006. Di adaptasi menjadi serial tv anime berjumlah 12 episode yg di produksi oleh Kyoto Animation, tayang di Jepang sejak 7 Januari 2005 – 25 Maret 2005. Dua episode tambahan dengan judul AIR In Summer ditayangkan pada 28 Agustus 2005 dan 4 September 2005.

Synopsis:

Kunisaki Yukito merupakan seorang ahli boneka yg berkelana keliling Jepang untuk melanjutkan pencarian mengenai “gadis bersayap” yg telah terikat ke langit berabad-abad yg lalu, setelah mendengar sebuah cerita masa kecil dari ibunya.

Cerita ( 7.2/10 )


Di awal cerita, Yukito tiba di sebuah kota kecil di tepi pantai. Di hari pertamanya di kota ini, Yukito berusaha mencari uang dengan melakukan aksi pertunjukkan bonekanya di depan sekelompok anak-anak. Yukito tidak berhasil membuat anak-anak tersebut terkesan dan akhirnya anak-anak itu meninggalkan Yukito begitu saja, tanpa membagikan bayaran.

Yukito yg lemas kelaparan karena tidak mempunyai uang sama sekali jatuh tertidur di dinding pembatas dekat pantai. Saat dia terbangun, disampingnya sudah ada gadis aneh yg sedikit ceroboh tetapi baik hati bernama Kamio Misuzu, yg sedikit memaksa Yukito untuk menjadi temannya. Ketika Misuzu mengetahui kalau Yukito belum makan apa-apa, dia langsung mengajak Yukito untuk pulang bersama kerumahnya. Tertarik oleh makanan, akhirnya Yukito mengikuti keinginannya untuk datang kerumahnya.

Karena tidak memiliki uang sama sekali, Yukito yg mendapat izin dari ibu Misuzu tersebut akhirnya memutuskan untuk tinggal sementara di rumahnya. Hari demi hari pun telah dilalui oleh Yukito dan Misuzu, banyak hal yg sudah terjadi sampai pada akhirnya masalah serius pun datang menghampiri.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.2/10 )


AIR memiliki grafis dan kualitas gambar yg cukup baik sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 7/10 )

#1 Kunisaki Yukito


Kunisaki Yukito merupakan seorang pengelana yg mencari “gadis bersayap”. Pencarian ini diwariskan secara turun temurun di keluarganya selama seribu tahun terakhir. Pengisi suara; Ono Daisuke.

#2 Kamio Misuzu


Kamio Misuzu merupakan seorang gadis yg ceria, adakalanya-adakalanya sedikit ceroboh, dan sangat menyukai dinosaurus. Karena kesukaannya terhadap dinosaurus, dia punya kebiasaan mengucapkan kata “Gao”, yg dia pikir ialah suara dari dinosaurus. Saat kecil dulu, Misuzu percaya bahwa ayam kecil berwarna kuning ialah seekor anak dinosaurus. Pengisi suara; Kawakami Tomoko.

#3 Kirishima Kano


Kirishima Kano merupakan seorang gadis energik dan ceria yg tinggal bersama kakaknya, Kirishima Hijiri, di klinik setempat. Kano memiliki seekor anak anjing berwarna putih yg diberi nama Potato. Kano agak aneh karena kepercayaannya pada sihir. Dipergelangan tangan Kano terikat sebuah pita berwarna kuning yg dikenakan oleh kakaknya saat dia masih kecil. Pita itu tidak sempat di lepasnya, dikarenakan dia percaya saat sudah besar nanti, dia bisa menggunakan sihir. Pengisi suara; Okamoto Asami.

#4 Toono Minagi


Toono Minagi merupakan gadis cerdas yg ialah murid terbaik di sekolahnya. melainkan, dia sangat pemalu, dengan Michiru sebagai teman satu-satunya, Michiru sering menemaninya meniup gelembung sabun di stasiun kereta tua. Hal lain yg sangat disukai Minagi merupakan memperhatikan dan mempelajari bintang-bintang dimalam hari. Pengisi suara; Yuzuki Ryouka.

Musik ( 7.2/10 )

Opening Theme:
#1: “Tori no Uta (鳥の詩)” by Lia

Ending Theme:
#1: “Farewell Song” by Lia

Keseluruhan ( 7.2/10 )


Secara keseluruhan anime ini cukup baik. Meskipun memiliki alur yg sedikit rumit, karakternya juga sedikit agak membosankan, tapi menurut gua anime AIR ini bisa membagikan kesan tersendiri. Anime ini memilik akhir cerita mengharukan yg berakhir perpisahan, cocok buat kamu yg suka anime dengan akhir cerita “sad end”.

Quotes : “gua lupa bagaimana cara nya untuk terbang menggunakan kedua sayapku ini, karena gua hanya terus berpura-pura mengepakkannya. Apakah ada arti untuk sayap yg tidak bisa terbang?” -AIR17