Review Anime: Ajin: Demi-Human



Detail :

Judul: Ajin: Demi-Human (亜人)
Genre: Action, Horror, Mystery, Seinen, Supernatural
Rating: R – 17+
Rilis: Winter 2016, 16 Januari – 9 April
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 13 + OVA (1)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Polygon Pictures
Produser:  Mainichi Broadcasting System, Kodansha, KlockWorx, Sony Music Communications, TOHO animation, King Records
Lisensi: Sentai Filmworks

Ajin: Demi-Human (亜人
) merupakan sebuah serial manga Jepang yg ditulis dan diilustrasikan oleh Gaomon Sakurai. Di adaptasi menjadi serail tv anime oleh Polygon Pictures, tayang di Jepang sejak 16 Januari 2016 – 9 April 2016.

Synopsis:
Manusia abadi misterius yg dikenal sebagai “Ajin” pertama kali muncul 17 tahun yg lalu di Afrika. Setelah penemuan mereka, mereka diberi label sebagai ancaman bagi umat manusia karena sosoknya yg tidak mati dan tidak menutup kemungkinan mereka akan menggunakan kekuatannya untuk kejahatan. Sejak saat itu, setiap kali ada Ajin ditemukan di dalam masyarakat, mereka harus ditangkap dan segera dibawa ke tahanan.


Cerita ( 8.3/10 )

Awal cerita dimulai terhadap serangan yg dilakukan oleh Ajin pertama kali yg muncul 17 tahun yg lalu di Afrika. Nagai Kei, seorang murid SMA yg memiliki kepribadian masa bodo dan cuek terhadap lingkungan dan orang-orang disekitarnya, suatu ketika saat sedang dalam perjalanan pulang dari sekolah menuju rumah. Di perjalanan pulang, Kei yg saat itu sedang melamun memikirkan perkataan adik nya, berjalan pulang dengan pandangan kebawah tanpa memperhatikan sekelilingnya. Ketika lampu peringatan sedang merah untuk pejalan kaki, Kei yg menyebrang tanpa memperhatikan hal tersebut membuatnya tertabrak oleh mobil box.

Kei yg seharusnya sudah mati karena tubuhnya yg hancur pengaruh kecelakaan tersebut ternyata bisa bangkit kembali tanpa luka sedikit pun. Orang-orang yg berada disekitarnya sentak terkejut dan memandang Kei dengan tatapan yg tidak biasa, dimana mereka berpikir kalau Kei merupakan seorang Ajin. Kei yg panik dengan kejadian tersebut karena ingin menyangkal kalau dirinya bukanlah seorang Ajin memutuskan untuk melarikan diri ke pegunungan.

Kaito, teman masa kecil Kei yg mendengar kalau temannya tersebut sedang mengalami masa sulit dan melarikan diri kepegunungan, dimana pihak polisi ingin menangkapnya, membuat Kaito langsung bergegas untuk mencari dan membantu Kei. Kaito yg akhirnya berhasil menemukan Kei, membantunya melarikan diri dari kejaran orang-orang yg ingin menangkapnya. Dimana diketahui jikalau ada seseorang yg berhasil menangkap Ajin maka akan diberikan hadiah uang yg cukup banyak oleh negara. Keputusan Kaito yg ingin membantu Kei melarikan diri dari kejaran menjadikan dirinya seorang buronan.

Kei yg diduga Ajin, membuat identitasnya tersebar luas di media masa. Saat itu Kei yg kebetulan terlihat oleh orang yg sedang lewat berlawanan arah dengannya, membuatnya berbalik arah dan langsung mengejar Kei. Kei yg panik karena tertangkap oleh orang yg menginginkan hadiah uang tersebut membuatnya mengeluarkan kekuatan yg aneh dimana Kei sendiri tidak tahu apa-apa mengenai hal tersebut. Kei yg berhasil melarikan diri dengan bantuan Kaito langsung pergi meninggalkan orang yg mengejarnya menggunakan motor. Pengejar yg ngotot ingin menangkap Kei tersebut tidak membiarkan Kei kabur begitu saja dan melanjutkan pengejarannya, dimana aksi saling kejar mengejar pun terjadi, sampai pada akhirnya Kei mengeluarkan kekuatan anehnya lagi yg membuatnya benar-benar berhasil lolos dari kejaran orang tersebut.

Kejadian tersebut membuat Kei menyadari kalau dirinya merupakan seorang Ajin, dan awal dari masa siksaannya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )


Ajin memiliki grafis 3D dengan kualitas gambar yg cukup baik dan menarik untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 7.4/10 )

#1 Nagai Kei


Nagai Kei merupakan seorang siswa sekolah menengah atas yg belajar keras untuk menjadi seorang dokter. Dia tidak peduli dengan lingkungan dan orang-orang yg berada disekitarnya. Dia tidak disukai oleh adiknya, Eriko, karena kepribadiannya, yg menurutnya tidak berperasaan, hampa. Dia juga seorang Ajin. Pengisi suara; Miyano Mamoru.

#2 Kaito


Kaito merupakan teman masa kecil Kei yg sudah lama diabaikan. Dia membantu Kei melarikan diri dari pengejarnya setelah mengetahui bahwa dia merupakan seorang Ajin. Meskipun Kei belum sempat berbicara dengannya selama bertahun-tahun, setelah dia tahu Kei telah melarikan diri dia langsung memutuskan bahwa dia harus pergi membantu Kei. Dan saat Kei dan Kaito melarikan diri, mereka dihadapkan dengan segudang masalah dan gangguan. Kaito tidak sempat menganggap Kei seorang Ajin, tapi manusia. Pengisi suara; Hosoya Yoshimasa.

#3 Satou


Satou merupakan pria tua yg seorang Ajin teroris, yg menyukai video game.  Dia ingin membuat sebuah negera Ajin baru. Dia memberontak dan melawan pemerintahan dengan teror. Semua yg dilakukannya hanya sebatas untuk bersenang-senang layaknya bermain video game. Pengisi suara; Ootsuka Houchuu.

#4 Tanaka Kouji


Tanaka Kouji merupakan Ajin kedua yg berhasil ditangkap di Jepang tapi kemudian keluar karena bantuan Satou. Kouji yg menginginkan dimana Ajin bisa hidup bebas bersama manusia, diperdaya oleh Satou, membuatnya mendukung semua rencana Satou yg hanya ingin bermain-main saja. Pengisi suara; Hirakawa Daisuke.

#5 Tosaki Yuu


Tosaki Yuu merupakan seorang anggota berpendidikan tinggi kesehatan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan. Dia bermaksud menghentikan rencana Satou untuk sebuah negara Ajin baru. Pengisi suara; Sakurai Takahiro.

#6 Shimomura Izumi

Shimomura Izumi merupakan asisten Tosaki. Dia merupakan seorang Ajin, dimana para petinggi di Jepang tidak ada yg mengetahuinya. Hanya Tosaki yg megetahui kalau dia seorang Ajin. Alasan dia menjadi asisten Tosaki adalah karena Tosaki sempat membantunya dari masa-masa sulit. Pengisi suara; Komatsu Mikako.

#7 Nakano Kou

Nakano Kou merupakan seorang Ajin. Dia tidak bisa mengeluarkan kekuatan sejatinya dari Ajin. Dia yg bergabung secara tidak sengaja karena keadaan, memutuskan untuk ikut dan membantu Kei melawan Satou. Pengisi suara; Fukuyama Jun.

Musik ( 6.3/10 )


Opening Theme:
#1: “Yoru wa Nemureru kai? (夜は眠れるかい?)” by flumpool

Ending Theme:
#1: “HOW CLOSE YOU ARE” by Mamoru Miyano

Keseluruhan ( 7.9/10 )


Secara keseluruhan anime ini terbilang baik dan rapih. Alur cerita yg terdapat didalamnya sangat menarik, terutama pertempurannya. Pertarungan yg disajikan juga tidak kalah seru dengan ceritanya. Karakter yg terdapat didalamnya juga tidak membosankan. Grafis yg diberikan (3D) memang sedikit berbeda dengan kebanyakan anime lainnya, mungkin buat kamu yg tidak terbiasa dengan grafis 3D ini akan agak malas untuk mulai menontonnya. Tapi ane jamin, sekali kamu menontonnya, kamu akan ketagihan dan penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Kualitas gambarnya pun terbilang cukup baik untuk versi 3D. Anime ini cocok buat kamu yg menyukai cerita action.

Quotes: “ane tidak sempat berteman, ane tidak sempat membutuhkannya, dan ane tidak peduli dengan orang lain. Tetapi, ane ingin membantu.”