Review Anime: Akagami no Shirayuki-hime

Detail:

Judul: Akagami no Shirayuki-hime (赤髪の白雪姫)
Genre: Drama, Historical, Romance, Shoujo
Rating: PG-13 – Teens 13 or older
Rilis: Summer 2015, 7 Juli – 22 September
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 12 + OVA (1)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Bones
Produser: Hakusensha, Warner Bros, KlockWorx, Showgate
Lisensi: Funimation

Akagami no Shirayuki-hime (赤髪の白雪姫), dikenal juga sebagai Snow White with the Red Hair, adalah sebuah serial manga shoujo Jepang yg ditulis oleh Sorata Akizuki. Serialisasi dimulai pada majalah LaLa DX tetapi kemudian dipindahkan ke LaLa. Di adaptasi menjadi serial tv anime berjumlah 12 episode yg diproduksi oleh Warner Entertainment Japan dan Bones.


Synopsis:

Menceritakan berkenaan perjalanan Shirayuki menuju kehidupan barunya di istana kerajaan Clarines, dan juga usaha Zen untuk menjadi seorang pangeran yg layak mendapatkan gelarnya. Shirayuki dan Zen perlahan mulai belajar saling mendukung satu sama lain saat mereka berjalan dijalannya masing-masing.

Cerita ( 7.9/10 )

Shirayuki adalah seorang penduduk biasa dari sebuah kerajaan Tanbarun yg memiliki keunikan ialah rambut berwarna merah. Dia bekerja dengan rajin sebagai apoteker di toko herbalnya. Pangeran pertama dari Tanbarun, Raji, yg mulai memperhatikan Shirayuki karena keunikannya tersebut, kemudian memaksanya untuk menjadi selirnya. Karena tidak mau melepaskan kebebasannya, Shirayuki memotong rambut merahnya yg panjang dan melarikan diri kehutan, yg dimana sebuah wilayah perbatasan. Dalam perjalanan, dia bertemu dan menjadi teman Zen dan dua orang lainnya.

Prajurit yg diutus oleh Raji untuk menangkap Shirayuki berhasil menemukan keberadaannya dan mengirimkannya satu ranjang apel beserta pengikat rambut yg dimilikinya, dimana apel-apel tersebut ternyata beracun. Zen yg memakan apel tersebut terlebih dahulu mengalami keracunan. Datanglah prajurit utusan Raji yg mengatakan bahwa dirinya memiliki penawar dari racun tersebut dan akan memberikannya seandainya Shirayuki mau ikut kembali dengannya ke Tanbarun dan menjadi selir pangeran Raji.

Demi mendapatkan penawar racun untuk menyelamatkan Zen, Shirayuki memutuskan untuk kembali bersama prajurit utusan tersebut ke Tanbarun. Shirayuki yg saat itu sudah tiba dan berbincang dengan Raji di istana, tiba-tiba Zen datang menerobos masuk kedalam dan memberitahukan kalau dirinya adalah seorang pangeran kedua dari sebuah kerajaan Clarines. Karena tidak ingin menjadi masalah yg serius, dimana diketahui kalau Zen yg seorang pangeran dari sebuah kerjaan telah diracuni, yg bisa menjadi sebuah permasalahan diplomatik antar kerajaan, pangeran Raji akhirnya setuju untuk melepaskan Shirayuki dan berjanji untuk menjauhinya.

Shirayuki yg berhasil mendapatkan penawar racun tersebut, berterima kasih karena sudah membantunya dan meminta maaf karena merasa dirinya sudah menjadi beban untuknya. Zen yg tidak peduli dengan semua itu, mengajak Shirayuki untuk ikut dan tinggal bersamanya di kerajaan Clarines. Shirayuki yg memutuskan untuk ikut bersama Zen dengan harapan suatu saat bisa membalas kebaikan mereka bertiga akhirnya meninggalkan kerjaan Tanbarun, tempat dia tumbuh dan tinggal.

Tidak lama kemudian, Shirayuki berhasil lulus dalam sebuah ujian untuk sebuah posisi pelatihan sebagai seorang apoteker istana. Shirayuki yg mengemban tugasnya sebagai apoteker istana, berusaha untuk menemukan tempatnya di Clarines.

Shirayuki dan pangeran Zen yg seringkali bertemu dan saling membantu menyelesaikan masalah satu sama lain di istana, seiring berjalannya waktu mereka mulai saling menyukai satu sama lain dan berusaha sekuat tenaga untuk menjadi yg terbaik. Shirayuki yg berusaha keras untuk menjadi apoteker istana yg bisa membantu banyak orang, dan pangeran Zen yg berusaha untuk menjadi pangeran yg layak mendapatkan gelarnya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.9/10 )


Akagami no Shirayuki-hime memiliki grafis dan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.


Karakter ( 8/10 )

#1 Shirayuki


Shirayuki adalah seorang gadis yg memiliki rambut berwarna merah dan yaitu herbalis yg berbakat. Cerda dan cakap, bertekad, mampu mengungkapkan pikirannya, dan berpengetahuan luas berkenaan tumbuhan herbal dan obat-obatan. Dia adalah seorang apoteker istana, rajin dan cekatan, yg sangat peduli dengan kesehatan semua orang, terutama Zen. Kapan pun ada masalah atau konflik, dia sering membawa masalah ke tangannya sendiri. Dia kemudian belajar untuk mengandalkan orang lain, terutama Zen. Seiring berjalannya waktu, ia jatuh cinta kepada Zen. Pengisi suara; Hayami Saori.

#2 Wistalia Clarines Zen


Wistalia Clarines Zen adalah seorang pangeran kedua dari sebuah kerajaan Clarines yg mempunyai ketrampilan berpedang dan memiliki kecenderungan untuk keluar dari jendela, bukan dari pintu dan melompat turun dari tempat yg tinggi. Awalnya, Zen sering melarikan diri dari tugasnya agar bisa menemukan pengalaman langsung di kerajaannya, tetapi kemudian ia menjadi lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Ia memiliki hubungan yg dekat dengan tiga pengawalnya. Mitsuhide, Kiki, dan Obi. Seiring berjalannya waktu, ia jatuh cinta kepada Shirayuki. Pengisi suara; Osaka Ryota.

#3 Rouen Mitsuhide


Rouen Mitsuhide adalah salah satu pengawal terdekat Zen. Ia ditunjuk oleh pangeran pertama, kakak Zen, Izana, untuk mengawasi Zen. Mitsuhide adalah seseorang dengan kepribadian yg terbuka dan jujur. Dia memiliki hubungan yg sangat dekat, dan sangat perhatian terhadap Zen, dimana dia menjadi pengawal sekaligus teman dekat yg bisa diandalkan oleh Zen, mereka sering terlihat saling olok satu sama lain. Dia sempat digambarkan sebagai seseorang yg protektif terhadap Zen oleh Kiki, pengawal terdekat lainnya. Pengisi suara; Umehara Yuuichirou.

#4 Seiran Kiki


Seiran Kiki adalah salah satu pengawal terdekat Zen dan pendekar pedang yg sangat baik. Dia dingin dan keras terhadap pembuat onar dan penipu tapi baik untuk orang-orang yg dia hormati. Kiki sangat setia dalam melindungi Zen. Baik dia dan Mitsuhide memperhatikan rasa malu dan ketertarikan Zen pada Shirayuki yg mereka setujui dan dukung. Mitsuhide adalah orang yg suka digodanya. Pengisi suara; Nazuka Kaori.

#5 Obi


Obi adalah salah satu pengawal terdekat Zen. Awalnya ia dikirim oleh Marquis Haruka untuk menakuti Shirayuki agar pergi dari istana. Setelah tertangkap oleh Zen, ia berjanji setia untuk melindunginya beserta Shirayuki. Obi sering kali dikirim oleh Zen untuk melindungi Shirayuki saat Zen tidak bisa meninggalkan tugasnya. Terlihat bahwa dirinya menyukai Shirayuki, tetapi karena kesetiaannya kepada Zen dan Shirayuki, mencegah dirinya untuk memikirkan perasaannya. Obi adalah satu-satunya karakter dengan motif yg tidak diketahui karena mengikuti Zen sejauh ini yg membuatnya menjadi karakter yg agak misterius. Obi memiliki masa lalu sebagai penyendiri. Pengisi suara; Okamoto Nobuhiko.

#6 Shenazard Raji


Shenazard Raji adalah pangeran dari kerajaan Tanbarun. Dianggap oleh bangsanya dan dikenal terlebih oleh kerajaan Clarines sebagai pangeran yg bodoh dan egois, Raji melakukan apa yg dia suka. Dia adalah pangeran yg memaksa Shirayuki untuk menjadi selirnya hanya karena rambut merahnya. Seiring waktu berjalan dan setelah bertemu kembali dengan Shirayuki di Clarines, ia mulai berubah menjadi pangeran yg lebih baik lagi, demi mendapat perhatian Shirayuki. Pengisi suara; Fukuyama Jun.


Musik ( 7.2/10 )


Opening Theme:
#1: “Yasashii Kibou (やさしい希望)” by Hayami Saori (eps 2-12)

Ending Theme:
#1: “Yasashii Kibou (やさしい希望)” by Hayami Saori (eps 1)
#2: “Kizuna ni Nosete (絆にのせて)” by Eyelis (eps 2-12)

Keseluruhan ( 8/10 )


Secara keseluruhan anime ini baik. Memiliki alur yg menarik dengan berbagai masalah yg ada, dan cara menyelesaikannya. Karakter yg terdapat didalamnya juga tidak membosankan, terutama untuk Rouen Mitsuhide. Menurut gua pribadi anime ini cukup memuaskan, hanya saja, seandainya biasanya film anime yg bertemakan kerajaan memiliki genre action, anime ini tidak. Anime ini benar-benar berpusat pada drama romantis antara Zen dengan Shirayuki, dengan beberapa masalah kerajaan, seperti diplomatik dan sebagainya. Anime ini cocok buat kamu yg suka drama romantis yg bertemakan historical, kerajaan dan pedesaan.

Quotes: “Jadilah lebih baik untuk melindungi hal yg penting bagimu” -Zen

Incoming search terms:

shirayuki with long hair