Review Anime: Akatsuki no Yona

Detail:

Judul: Akatsuki no Yona (暁のヨナ)
Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Historical, Romance, Shoujo
Rating: PG – 13+
Rilis: Fall 2014, 7 Oktober 2014 – 24 Maret 2015
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 24 + OVA (3)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Studio Pierrot
Produser: VAP, Hakusensha, AT-X, Delfi Sound, Marvelous AQL, Tokyo MX, Age Global Networks, Docomo Anime Store, Top-Insight International Co.Ltd
Lisensi: Funimation

Akatsuki no Yona (暁のヨナ), juga dikenal dengan nama Yona: The girl standing in the blush of dawn  merupakan sebuah serial manga Jepang yg ditulis oleh Kusanagi Mizuho, yg diserialisasi di majalah manga shoujo Hakusensha Hana kepada Yume pada Agustus 2009. Telah dikumpulkan dalam dua puluh empat volume tankobon. Diadaptasi menjadi serial anime televisi yg di produksi oleh Pierrot.

Synopsis:

Putri Yona yg menjalani kehidupan mewah dan mudah, didalam istana kerajaan bernama Kouka yg terlihat tampak damai. tetapi, dihari ulang tahunnya yg ke-16, semuanya berubah. Su-won teman masa kecilnya yg juga seseorang yg sangat dicintainya melakukan kudeta terhadap istana dengan membunuh ayahnya yg seorang raja. Dia terpaksa harus meninggalkan istana dengan bantuan Son Hak, teman masa kecilnya sekaligus pengawalnya, untuk tetap bertahan hidup dari kejaran prajurit istana. Menempatkan Yona pada kehidupan yg tidak sempat dia bayangkan sebelumnya selama berada di dalam istana.

Cerita ( 8.5/10 )

Awal cerita dimulai disebuah istana di kerajaan Kouka, ketika putri Yona sedang berulang tahun yg ke-16. Yona yg sangat menantikan kehadiran Su-won, teman masa kecil, sepupu sekaligus orang yg sangat dicintainya.

Sejak kecil, Su-won dan Hak merupakan teman yg sangat berharga baginya. Hak merupakan mantan kepala suku angin yg kini menjadi jendral sekaligus pengawal pribadi Yona. Berbeda dengan Su-won dimana ia memiliki garis keturunan kerajaan dari ayahnya yg seorang kakak dari ayah Yona. Yona sendiri merupakan putri satu-satunya dari raja ke-11 Kouka saat ini, dan pewaris sah kerajaan. Mereka bertiga selalu bermain bersama sejak kecil, dan sangat dekat satu sama lain.

Yona yg sangat senang dengan kehadiran Su-won, langsung berlari mencarinya. Dia kemudian diberikan hadiah oleh Su-won berupa jepitan rambut. Yona yg sangat membenci rambut merahnya yg berantakan itu, setelah mendapat hadiah jepit rambut dari Su-won, dia merasa aneh kepada dirinya sendiri yg langsung menyukai rambut yg dibencinya itu.

Yona yg sudah menginjak usia 16 tahun, dimana diusia tersebut merupakan masa untuk mencari pasangan hidup, Yona yg menginginkan Su-won sebagai pendampingnya langsung ditolak oleh ayahnya. Raja ke-11 Kouka merupakan sosok ayah yg selalu membagikan apa saja yg diinginkan oleh putrinya, tetapi tidak untuk Su-won.

Malam hari, ketika Yona hendak pergi kekamar ayahnya untuk bicara sekali lagi mengenai perasaannya terhadap Su-won, ternyata harus melihat ayahnya mati ditikam oleh Su-won dihadapannya. Menganggap Yona sebagai pengganggu, Su-won berencana untuk membunuh Yona tetapi digagalkan oleh Hak, jendral terkuat dikerajaan.

Hak yg berhasil membawa kabur sang putri dan menjauh dari kerajaan, harus melarikan diri jauh kedalam hutan guna bersembunyi dari kejaran prajurit yg dikirim oleh Su-won untuk menangkapnya. Di tengah keadaan Yona yg putus asa, Hak terus berada disampingnya, menjaganya dan menjalankan tugasnya sebagai pengawal pribadi Yona atas permintaan sang Raja.

Hak yg memutuskan untuk kembali ke suku angin, menyuruh kakeknya, Mun-deok, untuk setuju dengan pengangkatan Raja baru Su-won agar suku angin tidak diganggu lagi dan Yona bisa hidup bahagia bersama suku angin. Keputusannya tersebut membuatnya harus meninggalkan suku angin dan menjadi buronan besar istana. Yona yg tidak senang dengan keputusan Hak, memutuskan untuk pergi bersamanya. Kakeknya, Mun-deok, menyuruh mereka untuk mencari seorang pendeta yg tinggal diwiliyah pegunungan guna memberitahukan kepada mereka apa yg harus mereka lakukan kedepannya.

Yona dan Hak yg bertemu dengan Ik-su, pendeta yg mereka cari. Menyuruh Yona untuk berpetualang mencari empat kesatria naga untuk meminta bantuan mereka guna bertahan hidup dari kejaran istana.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8.2/10 )

Akatsuki no Yona memiliki grafis dengan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 8.3/10 )
#1 Yona


Yona merupakan putri pewaris sah kerajaan Kouka, Yona dibesarkan dengan sangat baik dan mendapatkan apapun yg dia inginkan, misalnya, aksesoris dan pakaian yg indah. Hal ini membuatnya menjadi putri yg manja. Yona berteman baik dengan Hak dan juga Su-won. Mereka bertiga sudah bersama sejak kecil, dan Yona sangat menyukai So-won. Setelah melalui beberapa peristiwa yg mengubah hidupnya, Yona berkembang menjadi wanita yg kuat, yg hidup untuk masyarakat kerajaan Kouka. Dan untuk membalas budi kepada teman-temannya yg sudah membantunya bertahan hidup dari kejaran prajurit istana. Pengisi suara; Saito Chiwa.

#2 Hak


Hak merupakan mantan kepala suku dan jenderal suku angin. Dia dikenal sebagai “Hewan Buas Halilintar” karena kekuatan dan kecepatan yg dimilikinya diluar orang normal pada umumnya. malahan kemampuan bertarungnya dikatakan tak tertandingi oleh siapapun, membuatnya mendapatkan gelar “Jantung Kastil Hiryuu” seorang jendral terkuat dikerajaan tersebut. Dia merupakan teman masa kecil sekaligus pengawal Yona. Dia yg melindungi, menyelamatkan, dan membantu Yona keluar istana dari kejaran prajurit yg ingin membunuhnya. Pengisi suara; Takagaki Ayahi.

#3 Su-won


Su-won merupakan putra dari jendral Yu-Hon. Dia merupakan teman dekat dari Hak dan Yona. Dia membunuh ayah Yona dan menjadi raja Kouka ke 12 yg ingin menyatukan suku-suku yg terdapat di kerajaan Kouka untuk mengembalikan kekuatan sejati dari kerajaan Kouka. Pengisi suara; Yamamoto Nozomi.

#4 Yun


Yun merupakan salah satu dari bagian kelompok kecil Yona. Dia merupakan orang pertama yg ikut dalam perjalanan Yona bersama Hak untuk mencari empat kesatria naga dan merebut kembali kerajaan Kouka dari Su-won. Dia lahir di sebuah desa miskin di wilayah suku api. Yun merupakan pria tampan dan jenius. Tidak seperti teman-teman lainnya, Yun tidaklah kuat, tetapi kecerdasannya yg mampu memecahkan masalah dengan cepat, membuatnya bisa tetap bertahan dalam sebuah pertempuran. Yun merupakan orang yg sangat peduli kepada rekan-rekannya. Pengisi suara; Minagawa Junko.

#5 Kija (Hakuryuu)


Kija bahwa salah satu dari empat kesatria naga, bahwa naga putih. Dia menjadi orang kedua setelah Yun yg bergabung dengan kelompok Yona, dan menjadi kesatria naga pertama yg mau ikut melakukan perjalanan bersama Yona. Kija memiliki cakar naga ditangan kanannya, yg dikatakan memiliki kekuatan sepuluh kali lipat dari manusia normal. Kija merupakan kesatria naga yg sangat menantikan kehadiran tuannya. Ketika Yona datang mencari dan meminta bantuannya, tanpa pikir panjang dia langsung menerima tawaran tersebut dan berjanji setia kepadanya. Kija merupakan kesatria naga yg sangat peduli dan sangat menghormati Yona. Pengisi suara; Morita Masakazu.

#6 Shinah (Seiryuu)


Shinah bahwa salah satu dari empat kesatria naga, bahwa naga biru. Dia menjadi orang ketiga setelah Yun dan Kija yg bergabung dengan kelompok Yona, dan menjadi kesatria naga kedua setelah Kija yg mau ikut melakukan perjalanan bersama Yona. Tidak seperti Kija, untuk mengajak Shinah bergabung kedalam kelompoknya, Yona harus mendapat tolakkan terlebih dahulu darinya, dimana Shinah percaya seseorang yg menginginkan kekuatannya merupakan orang jahat. Shinah memiliki mata naga, dimana matanya mampu melihat dengan jarak yg cukup jauh, dan mampu melumpuhkan saraf yg terdapat dalam tubuh manusia. Shinah merupakan nama pertama yg dia bisa, yg diberikan oleh Yona setelah dia memutuskan untuk ikut bersamanya. Pengisi suara; Kobayashi Sanae.

#7 Jaeha (Ryokuryuu)


Jaeha bahwa salah satu dari empat kesatria naga, bahwa naga hijau. Dia menjadi orang keempat setelah Yun, Kija, dan Shinah yg bergabung dengan kelompok Yona, dan menjadi kesatria naga ketiga setelah Kija dan Shinah yg mau ikut melakukan perjalanan bersama Yona. Jaeha merupakan seorang bajak laut yg suka melakukan apapun keinginannya sendiri dan memilih siapa tuannya sendiri. Awalnya Jaeha selalu menghindari dari keberadaan Kija dan Shinah, dimana kesatria naga bisa mengetahui lokasi dan mampu berkomunikasi satu sama lain, seperti hal nya telepati. Jaeha yg awalnya menolak dan tidak ingin ikut bersama Yona, setelah melihat kebaikkan, kegigihan serta keinginan kuat yg dimiliki Yona dalam membantu orang lain, membuatnya memilih untuk ikut bersama Yona. Jaeha memiliki kaki naga pada bagian kanannya, dimana kakinya mampu membuatnya lompat sangat tinggi seperti terbang. Pengisi suara; Suwabe Junichi.

#8 Zeno (Ouryuu)


Zeno bahwa salah satu dari empat kesatria naga, bahwa naga kuning. Dia menjadi orang terakhir setelah Yun, Kija, Shinah, dan Jaeha yg bergabung dengan kelompok Yona, dan menjadi kesatria naga terakhir yg mau ikut melakukan perjalanan bersama Yona, setelah Kija, Shinah, dan Jaeha. Zeno merupakan seorang pengembara muda yg hangat dan ceria. Dia memiliki hobi yg aneh bahwa bersyukur karena bisa makan enak. Zeno yg kebetulan lewat karena mencium bau makanan, memutuskan untuk ikut bersama Yona. Pengisi suara; Shimono Hiro.

Musik ( 7/10 )


Opening Theme:
#1: “Akatsuki no Yona (暁のヨナ)” by Kunihiko Ryo (eps 1-14)
#2: “Akatsuki no Hana (暁の華)” by Cyntia (eps 15-23)

Ending Theme:
#1: “Yoru ()” by vistlip (eps 1-14)
#2: “Akatsuki ()” by Akiko Shikata (eps 15-24)

Keseluruhan ( 8.5/10 )

Secarah keseluruhan anime ini sangat baik. Anime ini memiliki cerita yg sangat menarik, tidak terlalu berat juga tidak terlalu ringan. Pertarungan yg diberikan juga sangat baik. Karakter didalamnya juga tidak membosankan, terutama Hak, kamu pasti suka. Komedi yg diberikan sangat sederhana tetapi sangat menghibur dan lucu. Anime ini juga membagikan cerita romantis yg cukup telak, yg mampu membuat kamu terbawa suasana. Menurut gua pribadi, Akatsuki no Yona bahwa salah satu anime petualangan romantis terbaik yg sempat ada.

Anime ini cocok buat kamu yg suka dengan tokoh utama cowoknya yg sudah kuat diawal, tidak bodoh tetapi mempunyai tingkah yg bisa membuat ketawa, dan tokoh utama ceweknya yg polos dan tidak pekaan. Juga cocok buat kamu yg suka anime petualangan dengan aksi yg keren dan menarik, karakter yg lucu dan menghibur, serta terdapat cerita romantis didalamnya.

Quotes: “Sebelum gua bertanya kepada Tuhan, gua harus bertanya kepada diriku sendiri!” -Yona