Review Anime: Amagi Brilliant Park


Detail:

Judul: Amagi Briliant Park (甘城ブリリアントパーク Amagi Buririanto Paku)
Genre: Comedy, Fantasy, Magic, Romance
Rating: PG – 13+
Rilis: Fall 2014, 7 Oktober – 26 Desember
Sumber: Novel
Tipe: TV
Episode: 13 + OVA (1)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Kyoto Animation
Produser: Avex Entertainment, TBS, DAX Production, flying DOG, Mobcast
Lisensi: Sentai Filmworks

Amagi Briliant Park (甘城ブリリアントパーク Amagi Buririanto Paku) bahwa sebuah serial novel ringan Jepang yg ditulis oleh Gatoh Shoji dan diilustrasikan oleh Nakajima Yuka. Saat ini terdapat tiga adaptasi manga dari serial ini yg diterbitkan oleh Shobo Fujimi dan Kadokawa. Di adaptasi menjadi sebuah serial anime televisi berjumlah 13 episode dengan 1 OVA yg diproduksi oleh Kyoto Animation. Tayang di Jepang sejak 7 Okteber 2014 – 26 Desember 2014.

Synopsis:

Kanie Seiya bahwa seorang siswa SMA yg cerdas dan sangat narsisitik, yg dipaksa oleh seorang gadis bernama  Sento Isuzu untuk mengunjungi sebuah taman hiburan bernama Amagi Briliant Park. Amagi Briliant Park adalah sarana untuk mengumpulkan energi sihir yg berasal dari perasaan gembira pengunjungnya, dimana energi tersebut sangat dibutuhkan oleh para pegawai taman tersebut yg adalah pengungsi dari dunia sihir bernama Maple Land.

Amagi Briliant Park yg sedang mengalami masalah finansial serius, membuatnya akan segera ditutup. Dimana mereka memiliki waktu tiga bulan untuk menarik pengunjung sebanyak 250.000 orang, hal yg mustahil dicapai dengan keadaan taman saat ini. Memutuskan untuk meminta bantuan kepada Kanie Seiya untuk menjabat sebagai manajer, guna menyelamatkan taman hiburan mereka agar tidak ditutup.

Cerita ( 7.2/10 )

Awal cerita dimulai ketika Kanie Seiya ditodong menggunakan senjata api oleh Sento Isuzu, dimana ia meminta Seiya untuk pergi bersamanya ke sebuah taman hiburan. Seiya yg tidak mempunyai pilihan lain terpaksa harus mengikuti keinginanya untuk pergi ke taman hiburan bersamanya.

Seiya yg dibawa ke sebuah taman hiburan bernama Amagi Briliant Park sedikit terkejut dan kasihan melihat kondisi taman yg tidak terawat dengan baik, dimana sedikitnya pertunjukkan dan kios yg buka, dimana hampir sama sekali tidak ada pengunjung disana.

Isuzu yg menjelaskan kepada Seiya kenapa taman hiburan tersebut sangat kacau dan alasan kenapa dia membawanya kemari, membuat Seiya sedikit tidak percaya dengan apa yg dikatakan Isuzu. Dimana dia berkata bahwa taman hiburan tersebut bahwa tempat yg digunakan sebagai sarana untuk mengumpulkan energi sihir bernama Animus yg berasal dari perasaan gembira pengunjungnya, dimana energi tersebut sangat dibutuhkan oleh para pegawai yg bekerja di taman tersebut yg adalah pengungsi dari dunia sihir bernama Maple Land.

Isuzu yg meminta bantuan dan memberitahukan Seiya kalau taman tersebut tidak berhasil mendapatkan pengunjung sebanyak 250.000 orang dalam waktu tiga bulan, maka taman akan ditutup dan para pegawai tidak mampu bertahan andaikan mereka kekurangan kekuatan Animus mereka. Memintanya untuk menjadi manajer taman tersebut, guna menyelamatkan taman hiburan agar tidak ditutup. Mendengar hal tersebut Seiya memutuskan untuk menerima tawaran tersebut dan membantunya.

Seiya yg awalnya tidak percaya dengan apa yg dikatakan Isuzu, mulai percaya setelah ia dipertemukan dengan putri Maple Land, Fleuranza Latifa. Seiya yg saat itu dicium oleh Latifa, membuatnya mendapat kekuatan yg mampu mendengarkan suara hati seseorang, meskipun kekuatan ini hanya bekerja sekali pada setiap orang. Kekuatan tersebut diberikan kepadanya guna membantu dalam menyelamatkan taman hiburan Amagi Briliant Park dari masalah finansial yg mampu menyebabkan taman ditutup.

Latifa yg menceritakan semuanya, mengenai dirinya dan taman hiburan tersebut, membuat Seiya menjadi lebih berambisi untuk mendapatkan pengunjung sebanyak 250.000 orang dan tidak membiarkan taman ditutup.

Mulai dari memperbaiki fasilitas yg ada, dan memperindah suasana ditaman hiburan, Seiya yg memulai semuanya dari awal dengan ide-ide cemerlangnya, sedikit demi sedikit berhasil membuat orang-orang tertarik untuk datang ke taman tersebut.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )


Amagi Briliant Park memiliki grafis dengan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 7.3/10 )

#1 Kanie Seiya


Kanie Seiya bahwa tokoh utama dalam cerita ini. Seorang siswa SMA yg memiliki ketajaman mental, kecerdasan, refleks yg bagus, dan sering bertingkah narsis. Manajer taman hiburan Amagi Briliant Park yg menerima kekuatan dari Latifah, sehingga ia mampu mendengarkan suara hati seseorang, meskipun kekuatan ini hanya bekerja sekali pada setiap orang. Kekuatan tersebut ia mampu guna membantunya dalam menyelamatkan taman hiburan Amagi Briliant Park dari masalah finansial agar tidak ditutup. Seiring berjalannya waktu, Seiya mulai membuka diri kepada para pegawai Amagi Briliant Park, terutama Sento Isuzu. Pengisi suara; Uchiyama Kouki.

#2 Sento Isuzu


Sento Isuzu bahwa tokoh utama wanita dalam cerita ini. Isuzu memiliki kepribadian yg tenang dan jarang menunjukkan emosi. sesekali-sesekali ia terkesan dingin, sesekali juga sangat sensitif. Ia memiliki perasaan terhadap Seiya, akan tetapi enggan untuk menyatakannya. Isuzu bahwa manajer Amagi Briliant Park sebelum ia menyerahkannya kepada Seiya. Isuzu sekarang menjadi sekretaris yg membantu pekerjaan Seiya untuk menyelamatkan Amagi Briliant Park agar tidak ditutup. Pembawaannya sebagai penjaga kerajaan mengakibatkan kecenderungannya untuk cepat menggunakan kekerasan dengan mengancam orang lain atau menodong apalagi menembakkan senjata api nya, seperti yg dia lakukan terhadap Seiya di awal cerita. Pengisi suara; Kakuma Ai.

#3 Fleuranza Latifa


Fleuranza Latifa bahwa seorang putri dari Maple Land. Dia bahwa orang yg ceria dan biasanya terlihat dengan senyum diwajahnya. Dia bahwa orang yg sangat bersemangat dan peduli terhadap masa depan taman hiburan Amagi Briliant Park. Dia serius dan sangat berusaha keras untuk melindungi Amagi Briliant Park, dibuktikan dengan bagaimana dia mampu mencium anak laki-laki yg baru saja dia temui untuk membuktikan keajaibannya. Karena beberapa keadaan termasuk tubuh yg lemah, dia tidak mampu meninggalkan Amagi Briliant Park yg telah dibatasi dengan penghalang sihir. Ia dikutuk oleh seorang penyihir, yg membuat tubuhnya kekurangan Animus, kekuatan hidup Maple Land, dan kutukan memperbaharui ulang ingatan dan usianya setiap tahun, yg membuatnya telah hidup dalam usia 14 tahun selama lebih dari satu dekade. Pengisi suara; Fujii Yukiyo.

#4 Moffle


Moffle bahwa peri permen dalam bentuk tikus bertopi, dan maskot utama di taman ini. Ia memiliki ketidaksukaan terhadap Seiya. Ia bahwa paman Latifa dan sangat protektif padanya. Pengisi suara; Kawasumi Ayako.

#5 Macaron


Macaron bahwa peri musik dalam bentuk domba yg adalah salah satu maskot di taman hiburan ini. Ia memiliki kepribadian mudah marah. Dia suka memainkan alat musik biola. Pengisi suara; Shiraishi Ryoko.

#6 Tiramie


Tiramie bahwa peri bunga dalam bentuk kucing berwarna merah muda yg adalah salah satu maskot di taman hiburan ini. Ia memiliki kepribadian yg mesum. Tatapan tajam terhadap wanita muda sangat tampak terlihat darinya. Pengisi suara; Nonaka Ai.

Musik ( 6.7/10 )


Opening Theme:
#1: “Extra Magic Hour (エクストラ・マジック・アワー)” by AKINO feat. bless4

Ending Theme:
#1: “Elementario de Aimashou (エレメンタリオで会いましょう)” by BRILLIANT4 -Kurosawa Tomoyo (Sylphy), Mikami Shiori (Kobori), Tsuda Minami (Salama), Aisaka Yuuka (Muse)

Keseluruhan ( 7.3/10 )


Secara keseluruhan anime ini cukup baik. Alur yg diberikan cukup menarik dan menghibur. Karakter yg terdapat di dalamnya juga tidak terlalu membosankan, terutama untuk ketiga maskotnya yg mempunyai tingkah konyol yg lucu dan menghibur tentunya. Anime ini cocok buat kamu yg suka tokoh utama cowoknya konyol tapi sebenarnya cerdas dan ceweknya yg serius tapi lucu, dan menyukai kisah romantis dan comedy dengan masalah yg tidak terlalu berat di dalamnya.

Quotes : “Kalau ingin mewujudkan mimpi orang lain, kau harus memulainya dengan mempercayai mimpimu sendiri” -Kanie Seiya