Review Anime: Amnesia

Detail:

Judul: Amnesia (アムネシア Amuneshia)
Genre: Fantasy, Harem, Mystery, Romance, Josei
Rating: PG – 13+
Rilis: Winter 2013, 7 Januari – 25 Maret
Sumber: Visual Novel
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 23 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Brain’s Base
Produser: Geneon Universal Entertainment, Frontier Works, Movic, AT-X, DAX Production, Showgate
Lisensi: Sentai Filmworks

Amnesia (アムネシア Amuneshia) merupakan seri novel visual Jepang yg dibuat oleh Idea Factory yg dirilis pertama kali pada 18 Agustus 2011 untuk PlayStation Portable. Amnesia memiliki beberapa seri, diantaranya adalah Amnesia Crowd dan Amnesia Later x Crowd V Edition. Seri amnesia yg sukses di Jepang ini pun di produksi menjadi berbagai barang seperti CD drama, CD musik, dan buku. Di adaptasi menjadi sebuah serial anime televisi yg di produksi oleh Brain’s Base. Tayang di Jepang sejak 7 Januari 2013 – 25 Maret 2013.

Synopsis:

Setelah pingsan di tempat kerja, seorang wanita terbangun tanpa ingatan akan kehidupan dan orang-orang disekitarnya. Dia akan selalu kembali ke tanggal 1 Agustus dengan kehidupan yg berbeda dari sebelumnya, dimana di setiap kehidupan yg di datanginya melibatkan orang-orang terdekatnya. Orion, arwah dari dunia lain yg hanya bisa di lihat dan di dengar olehnya berjanji akan membantu mengembalikan ingatannya kembali dan menjelaskan semuanya.


Cerita ( 6.4/10 )


Awal cerita dimulai ketika seorang wanita terbangun di ruang belakang kafe tempat dia bekerja, tanpa ingatan akan kehidupannya dan orang-orang disekitarnya. Wanita tersebut terkejut dengan kehadiran arwah yg muncul dengan tiba-tiba dihadapannya dan berbicara dengannya. Ketika dua temannya, Shin dan Toma datang menemuinya, wanita merasa bingung karena mereka tidak bisa melihat dan mendengar arwah tersebut. Wanita yg saat itu sedang di antar pulang oleh Shin dan Toma, melihat mereka berbicara satu sama lain dengan begitu santai dan terlihat begitu dekat, membuat wanita merasa kalau dirinya sangat hampa, dimana diketahui kalau dia tidak ingat sama sekali mengenai orang-orang disekitarnya, malahan dirinya sendiri.

Sesampainya dirumah, arwah tersebut muncul kembali menemuinya. Dia memperkenalkan diri kalau ia merupakan Orion, arwah dari dunia lain yg terseret dan tersesat ke dalam jiwanya, yg menyebabkan dia hilang ingatan. Orion memberitahukan kalau dia hanya bisa dilihat dan didengar olehnya. Dia berjanji kepadanya untuk membantu mengembalikan ingatannya yg hilang.

Dia yg mencoba untuk menjalani kehidupannya seperti biasa, datang kembali bekerja di sebuah kafe dengan harapan bisa mengingat kembali mengenai dirinya. Di tempatnya bekerja, Ikki yg saat itu sedang membantu nya membuatkan pesanan pelanggan, terlihat mereka berdua sangat dekat. Penggemar Ikki yg pada saat itu juga berada di kafe, melihat kedekatan mereka berdua membuatnya cemburu dan marah kepada Heroine.

Ketika dalam perjalanan pulang kerumah sehabis bekerja, sesampainya tiba di depan rumah, ia dipergoki oleh sekelompok wanita dimana mereka merupakan penggemar Ikki yg marah terhadapnya karena dianggap melanggar janji. Dia yg tidak ingat sama sekali dengan janji tersebut membuat mereka lebih marah dan mencoba untuk menggunting rambutnya. Kejadian tersebut membuatnya merasakan perasaan yg aneh lalu jatuh pingsan. Dia yg akhirnya sadar, merasa kalau kejadian tersebut sempat terjadi sebelumnya, dan Orion menganggap itu sebagian kecil dari ingatannya.

Keesokan harinya, dia kembali bekerja dengan harapan yg sama adalah berharap bisa mengingat sesuatu. Pelanggan yg sedang berulang tahun, yg memesan kue ulang tahun sekaligus merayakannya di kafe tersebut membuatnya mengingat sebagian kecil ingatannya kembali ketika sedang bersama Shin. Dimana ingatannya tersebut membuatnya menjadi waspada terhadap Shin.

Ketika dalam perjalanan pulang, sambil melamun dan mencoba mengingat mengenai siapa dirinya, membuatnya hampir tertabrak truk, tapi seorang pemuda misterius dengan rambut hijau panjang menyelamatkannya. Dia bertanya kepadanya apakah dia mengingatnya, sampai akhirnya dia pergi meninggalkannya.

Keesokan harinya, saat dia pergi berlibur bersama rekan kerjanya, di malam harinya mereka bersama-sama pergi ke hutan. Dia yg saat itu berjalan paling belakang berdua bersama Shin, membuatnya menjadi takut dan lari menjauhinya, dan tanpa disadari dia lari menuju arah tebing kemudian jatuh.

Tiba-tiba, dia terbangun di rumah sakit dan menyadari kalau waktu telah kembali ke 1 Agustus dan Orion telah hilang. Shin yg saat itu datang menjenguknya, tiba-tiba mengejutkannya dengan menciumnya. Shin berkata kalau dia merupakan pacarnya. Dia yg bingung dengan semua yg terjadi hanya bisa mengikuti apa yg terjadi. Beberapa hari kemudian, dimana dia sudah mempercayai dan yakin terhadap Shin, ketika berjalan pulang setelah bertemu dengan Shin, dia tertabrak truk. Saat dia sadar, dia sudah berada dirumahnya, dan menyadari waktu telah kembali ke 1 Agustus, dan kali ini Ikki lah yg berperan sebagai pacarnya. Dia yg benar-benar tidak mengerti dengan apa yg terjadi, lagi-lagi hanya bisa mengikuti apa yg terjadi.

Orion yg akhirnya bisa muncul dan berbicara padanya, menjelaskan kalau ini bukanlah dunianya akan tetapi dunia pararel. Dia akhirnya mengerti dengan apa yg sedang terjadi. Dimana setiap kali dia terbangun pada tanggal 1 Agustus, dia akan berpindah ke dunia lainnya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8.4/10 )


Amnesia memiliki grafis dengan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 7.5/10 )


#1 Heroine


Heroine merupakan protagonis yg kehilangan ingatannya. Dia dibantu oleh Orion, arwah yg berjanji membantunya mengembalikan ingatannya yg hilang. Dari awal sampai akhir cerita, protagonis tidak diperkenalkan nama aslinya. Di visual novel nya pun begitu. Pengisi suara; Nazuka Kaori.

#2 Orion

Orion merupakan arwah yg berasal dari dunia lain. Dia berjanji kepada Heroine untuk membantu mengembalikan ingatannya yg hilang. Untuk beberapa alasan dia tidak bisa muncul dan membantu Heroine setiap saat. Pengisi suara; Igarashi Hiromi.

#3 Shin


Shin merupakan orang yg pendiam dan misterius. Di dunianya, dia sering memanggil Heroine dengan sebutan “bodoh”, meski begitu dia sangat peduli dan mencintainya. Dia menanggung beban emosional yg berat karena ayahnya membunuh seseorang secara tidak sengaja. Karena kejadian tersebut Shin dijauhi orang-orang dan sulit mendapatkan teman. Hanya teman masa kecilnya, Heroine dan Toma, yg tetap berada di sisinya karena mereka peduli dan mencoba membantunya. Pengisi suara; Kakihara Tetsuya.

#4 Toma


Toma merupakan orang yg sangat santai. Dia memperlakukan Heroine dan Shin sangat baik layaknya seorang adik. Di dunianya, dia berusaha untuk melindungi Heroine dengan caranya sendiri yg terbilang sangat tidak baik. Meski begitu, semua yg di lakukannya demi Heroine. Pengisi suara; Hino Satoshi.

#5 Ikki


Ikki merupakan orang yg sangat populer dikalangan wanita. Dia merupakan teman kerja Heroine di sebuah kafe, dia berteman baik dengan Kent. Di dunianya, Ikki merupakan orang yg terlihat seperti playboy, yg suka main mata dengan wanita. tapi, dia sebenarnya merupakan orang baik dan penuh perhatian. Satu-satunya saat Ikki kehilangan kesabarannya merupakan saat dia meneriaki Heroine, karena dia khawatir dengan keselamatannya dan menyuruhnya berhati-hati dengan para penggemarnya. Pengisi suara; Taniyama Kishou.


#6 Kent


Kent merupakan orang yg sangat teliti. Dia merupakan teman kerja Heroine di sebuah kafe, dia berteman baik dengan Ikki. Di dunianya, Kent merupakan orang yg suka membuat teka-teki matematika dan mengamati berbagai jenis binatang. Dia lebih suka menghabiskan waktunya di ruangannya dari pada harus keluar berpergian. Meski begitu, dia tetap memilih untuk pergi keluar bilamana bersama Heroine. Pengisi suara; Ishida Akira.

#7 Ukyo


Ukyo merupakan seseorang yg misterius. Dia memiliki kepribadian ganda, dimana salah satu kepribadiannya merupakan baik dan peduli, dan lainnya merupakan kasar dan jahat. Ukyo merupakan orang yg sangat perhatian dan baik kepada Heroine. Di sisi lain, dia juga merupakan orang yg ingin melenyapkan keberadaan Heroine. Dia satu-satu nya orang yg mampu mengikuti Heroine berpindah dari satu dunia ke dunia lainnya. Pengisi suara; Miyata Kouki.

Musik ( 7/10 )


Opening Theme:
#1: “Zeotrope” by Yanagi Nagi (eps 1-11)

Ending Theme:
#1: “Recall” by Ray (eps 1-11)’
#2: “Hoshiboshi no Wataridori (星々の渡り鳥) by Yanagi Nagi (eps 12)

Keseluruhan ( 6.6/10 )

Secara keseluruhan anime ini cukup baik. Alur yg diberikan cukup rumit. Heroine dan Orion yg memiliki karakter begitu polos membuat alur cerita mengalir begitu saja, sehingga masalah yg dihadapi terlihat ringan. Alur yg rumit pada awalnya dan berpindahnya cerita setiap kali Heroine pindah ke dunia lainnya, membuat anime ini sedikit membosankan karena begitu mengetahui garis besarnya, membuat kita tahu kalau alur cerita akan seperti itu kurang lebih. Untuk di akhir-akhir cerita menurut aku cukup menarik, karena masalah yg dihadapi lebih serius, juga memiliki akhir perpisahan yg cukup emosional. Karakter yg terdapat didalamnya juga tidak membosankan, terutama Heroine, Orion, dan Ukyo. Anime ini cocok buat kamu yg suka dengan cerita rumit, terlebih melibatkan mengenai dunia pararel.

Quotes: “Semakin kamu berjuang, semakin kamu tenggelam, sampai kamu tidak bisa bernafas lagi” -Ukyo