Review Anime: Angel Beats!

Detail:

Judul: Angel Beats! (エンジェルビーツ!! Enjeru Bitsu!)
Genre: Action, Comedy, Drama, Fantasy, Romance, School, Supernatural, Tragedy
Rating: PG – 13+
Rilis: Spring 2010, 3 April – 26 Juni
Sumber: Original
Tipe: TV
Episode: 13 + OVA (1)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: P.A. Works
Produser : Aniplex, Dentsu, Mainichi Broadcasting System, CBC, Movic, Visual Art’s, ASCII Media Works
Lisensi: Sentai Filmworks

Angel Beats! (エンジェルビーツ!! Enjeru Bitsu!) ialah serial anime Jepang yg di tulis oleh Maeda Jun, di ilustrasikan oleh Kishi Seiji, desain karakter oleh Na-Ga, musik oleh Anant-Garde Eyes, dan di produksi oleh P.A. Works bersama Aniplex. Tayang di Jepang sejak 3 April 2010 – 26 Juni 2010.

Synopsis:

Otonashi terbangun hanya untuk mengetahui kalau dirinya sudah mati. Seorang gadis dengan senjata senapan bernama Yuri menjelaskan, bahwa disini ialah dunia setelah kematian, dimana kalau tidak melakukan apa-apa maka akan di tiadakan oleh Dewa. Yuri mengajaknya bergabung bersamanya untuk menjadi bagian dari Shindai Sekai Sensen “SSS”, guna melawan Tenshi (Malaikat) yg hanya seorang gadis, dimana Otonashi perlahan mulai merasa kalau dirinya tertarik dengannya.


Cerita ( 8/10 )

Awal cerita dimulai ketika Otonashi terbangun entah dimana, tanpa ingatan sama sekali. Yuri, seorang gadis dengan senjata senapannya ialah seseorang yg berada disisi Otonashi ketika dia sadar. Dia menjelaskan kepada Otonashi kalau dirinya sudah mati, dan disini ialah dunia setelah kematian, dimana seandainya tidak melakukan apa-apa maka akan ditiadakan oleh Dewa. Yuri yg mengajaknya bergabung bersamanya kedalam organisasi Shindai Sekai Sensen (SSS) untuk berperang melawan Tenshi (Malaikat) yg ternyata hanya seorang gadis dengan wajah yg terlihat murung. Yuri yg saat itu sedang membidik dan ingin menembaknya dihentikan oleh Otonashi yg lebih memilih untuk berbicara dengannya. Yuri yg menganggap itu ialah tindakan bodoh dan menegaskan kalau dirinya ialah sekutu yg mampu di percaya. Otonashi yg tidak mengerti dengan keadaanya, tanpa pikir panjang langsung menghampiri dan berbicara dengan gadis yg disebut Tenshi tersebut. Gadis tersebut mengatakan kalau dirinya bukanlah Tenshi akan tetapi ketua osis. Dia juga menjelaskan kepadanya kalau semua orang yg berada disini sudah mati. Mendengar hal serupa, Otonashi merasa kalau dirinya sedang dipermainkan. Dengan marahnya, Otonashi meminta kebenaran atas pernyataannya tersebut, dan membuat sang gadis langsung menusuknya.

Otonashi yg sadar dan mengetahui kalau dirinya masih hidup membuatnya resah. Seorang dengan senjata tombak yg berada dihadapannya, marah terhadap Otonashi yg dianggapnya telah menghina Yuri. Dan langsung membunuh Otonashi. Otonashi pun mati untuk yg kedua kalinya di dunia tersebut. Otonashi yg sudah sadar, dan melihat ada beberapa orang termasuk Yuri, langsung ditanyai mengenai nama yg bagus untuk organisasi tersebut, dimana diketahui kalau SSS sering kali berganti nama. Otonashi yg menegaskan kalau dirinya bukan bagian dari mereka. Perdebatan antara Otonashi dengan anggota SSS pun terjadi. Yuri yg menjelaskan kembali kepada Otonashi mengenai dunia tersebut, sekali lagi mengundang Otonashi untuk bergabung dengannya guna melawan Tenshi. Setelah mendengar penjelasan dari Yuri, ia memutuskan untuk bergabung. Yuri memperkenalkan satu persatu anggota nya dan mengakatakan kalau dirinya ialah pemimpin organisasi tersebut. Otonashi yg ditanyai mengenai namanya, bingung karena dia tidak ingat sama sekali akan masa lalu nya ketika masih hidup, begitu juga dengan namanya.

Yuri yg memberitahukan kepada nya kalau dunia ini hanya ada sebuah sekolahan, dimana sekolah tersebut dipenuhi dengan NPC, dan mereka yg sudah mati. Dan orang-orang yg sudah mati tersebut semuanya ialah anggota SSS. Otonashi yg sudah bergabung kedalam SSS, melakukan operasi pertamanya yg disebut Operation Tornado untuk melawan Tenshi guna melancarkan acara musik yg sedang diadakan oleh SSS disekolah tersebut untuk menarik perhatian murid NPC agar mampu mencuri makanan mereka dikantin sekolah, dimana Tenshi berusaha untuk menghentikannya. Pertempuran SSS melawan Tenshi pun tak terhindarkan, dimana berakhir dengan kesuksesan SSS dalam menjalankan operasi tersebut. Setelah pertempuran semua anggota SSS merayakannya dengan makan bersama di kantin. Otonashi yg tidak tau apa-apa, berpikir kemana kah tujuan pertempuran ini sebenarnya, dimana yg diketahui nya hanyalah melawan satu orang Tenshi.

Hari demi hari telah dilaluinya dengan berbagai operasi dan pertempuran melawan Tenshi. Membuat Otonashi sedikit demi sedikit tertarik dengannya (tenshi). Sambil mencoba mendapatkan kembali ingatannya dan memahami Tenshi, sedikit demi sedikit dia bersama dengan SSS mengungkap kebenaran dari dunia setelah kematian tersebut.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )


Angel Beats! memiliki grafis dengan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 8.3/10 )

#1 Otonashi Yuzuru


Otonashi Yuzuru ialah tokoh utama yg kehilangan ingatannya. Semasa hidupnya, dia menganggap kehidupannya tidaklah memiliki arti. tetapi, dia ialah orang yg baik dan peduli terhadap orang lain. malah dia orang pertama dari SSS yg mencoba untuk memahami Kanade (Tenshi). Pengisi suara; Kamiya Hiroshi.

#2 Tachibana Kanade (Tenshi)


Tachibana Kanade diberikan julukan sebagai Tenshi oleh SSS, dimana dia dianggap sebagai Malaikat yg bekerja sama dengan Dewa dari dunia tersebut yg bertugas untuk mentiadakan orang-orang di SSS. Kanade ialah ketua osis yg menempatkan dirinya bertentangan dengan SSS. Meski begitu, Kanade ialah orang yg baik dan peduli terhadap SSS. Pengisi suara; Hanazawa Kana.

#3 Nakamura Yuri


Nakamura Yuri ialah pemimpin SSS, memiliki karakter yg tekun dan penuh tekad. SSS ialah organisasi yg bertujuan untuk melawan Tenshi yg dianggap mampu mentiadakan keberadaan seseorang dari dunia tersebut. Yuri ialah orang yg mengundang Otonashi untuk bergabung dengan SSS. Dia sangat baik dan peduli akan keselamatan orang-orang di SSS. Pengisi suara; Sakurai Harumi.

#4 Hinata Hideki


Hinata Hideki ialah salah satu anggota SSS. Dia ialah orang yg baik dan cerdas, dan banyak disukai karena kebaikannya. Dia ialah orang yg sangat dekat dengan Yuri dan Otonashi. Dia akan selalu berusaha keras demi menyelamatkan rekan-rekannya yg sedang berada dalam keadaan sulit. Pengisi suara; Kimura Ryouhei.

#5 Yui

Yui ialah salah satu anggota SSS. Dia ialah orang yg penuh semangat dan selalu ceria, terkadang konyol. Dia senang memainkan gitarnya dan bahwa anggota band girls dead monster bersama dengan Iwasawa. Dia mempunyai mimpi menjadi seorang musisi hebat. Pengisi suara; Kitamura Eri.

#6 Iwasawa Masami


Iwasawa Masami ialah salah satu anggota SSS. Dia ialah orang yg terlihat serius, baik hati, dan sangat menyukai musik melebihi apapun. Dia ialah vokalis dan pemain gitar yg sangat berbakat. Dia membentuk band bernama girls dead monster. Dia juga yg menulis dan menyusun musik untuk bandnya. Pengisi suara; Sawashiro Miyuki.

#7 Naoi Ayato


Naoi Ayato ialah wakil ketua osis. Dia selalu mengklaim kalau dirinya ialah Tuhan. Setelah disadarkan oleh Otonashi, dia bergabung dengan SSS. Ayato sangat mengagumi Otonashi, dan selalu mendengarkannya. Dia hanya menghormati Otonashi, tidak anggota SSS lainnya. Pengisi suara; Ogata Megumi.

Musik ( 8.8/10 )


Soundtrack yg dimiliki Angel Beats! baik Opening Theme ataupun Ending Theme, sangat enak sekali untuk didengar, dan memiliki makna yg mendalam.

Opening Theme:

#1: “My Soul, Your Beats!” by Lia (eps 2-3, 5-9, 11)
#2: “My Soul, Your Beats!” by LiSA (eps 4)

Ending Theme:
#1: “Brave Song” by Aoi Tada (eps 1-9, 11-12)
#2: “Ichiban no Takaramono ~Yui final ver.~ (一番の宝物 ~Yui final ver.~) by Girls Dead Monster feat. LiSA (eps 10)
#3: “Ichiban no Takaramono (一番の宝物)” by Karuta (eps 13)

Other Theme:
#1: “My Song” by Iwasawa Masami (Sawashiro Miyuki) (eps 3)

Keseluruhan ( 8.5/10 )

Secara keseluruhan anime ini sangat baik, memiliki alur cerita yg menarik dengan grafis dan kualitas gambar yg cukup baik, sehingga enak untuk ditonton. Alur yg diberikan tidak terlalu berat, masalah yg ada sering kali dihadapi dengan aksi yg menarik dengan tingkah dan tindakan yg konyol. Pertarungannya juga tidak kalah seru. Karakter didalamnya juga tidak membosankan, malah sangat menghibur. Karakternya sangat menarik dengan segudang tingkah konyol yg mereka lakukan. Meski diawal akan membuat terbahak-bahak, anime ini memiliki akhir cerita yg sangat menyentuh dan penuh emosional. Soundtrack yg diberikan juga sangat enak untuk didengar dan sangat menyentuh, terutama untuk Ending Theme Ichiban no Takaramono. Menurut aku pribadi, angel beats! bahwa salah satu anime terbaik yg sempat ada. Menceritakan perjuangan, persahabatan, dan situasi romantis yg berhasil membuat terbahak-bahak di awal, tetapi menyentuh dan emosional di akhir. Akhir cerita yg sangat mengharukan serta diiringi dengan lagu Ichiban no Takaramono, membuatnya semakin amat sangat emosional. Anime ini cocok buat kamu yg suka dengan cerita romantis komedi, yg tokoh utama cowoknya terlihat biasa saja tetapi perhatian, dan ceweknya sendiri pendiam dan tanpa ekspresi.

Quotes: “Perasaan yg kuat mampu mengubah seseorang” -Nakamura Yuri