Review Anime: Another

Detail:

Judul: Another (アナザー)
Genre: Horror, Mystery, School, Supernatural, Thriller
Rating: R – 17+
Rilis: Winter 2012, 10 Januari – 27 Maret
Sumber: Novel
Tipe: TV
Episode: 12 + OVA (1)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: P.A. Works
Produser: Lantis, Kadokawa Shoten, Toho, KlockWorx, Bandai Namco Live Creative, NTT Docomo
Lisensi: Sentai Filmworks

Another (アナザー) ialah sebuah novel dengan 677 halaman yg ditulis oleh Ayatsuji Yukito. Terbit pertama kali di majalah literer Kadokawa Shoten pada Agustus 2006. Adaptasi manga yg digambar oleh Kiyohara Hiro dan di serialisasikan pada Mei 2010 di majalah  Young Ace. Diadaptasi menjadi serial TV anime yg disutradarai oleh Mizushima Tsutomu dan diproduksi oleh P.A.


Synopsis:

Sakakibara Kouichi yg pindah ke sekolah Yomiyama Utara, yg ditempatkan di kelas 3-3. Diperingatkan oleh teman sekelasnya untuk tidak berhubungan dengan gadis bernama Misaki Mei. malah Misaki sendiri menyuruh Kouichi untuk menjauhinya. Kouichi yg merasa kalau suasana kelas terlihat suram, dimana para muridnya seperti ketakutan terhadap Misaki Mei, membuat Kouichi memperhatikan dan mengikuti Misaki Mei. Sampai akhirnya Misaki Mei menjelaskan kepada Kouichi berhubungan kelas 3-3 dan dirinya yg telah dikutuk. Kedekatan mereka berdua membuat berbagai hal mengerikan terjadi yg melibatkan hampir semua murid di kelas 3-3 yg berakhir dengan kematian.

Cerita ( 7.7/10 )

Awal cerita dimulai ketika Kouichi yg baru saja pindah ke wilayah Yomiyama Utara sadarkan diri di sebuah rumah sakit setelah pingsan karena kelelahan. Kouichi yg di jenguk oleh tiga orang perwakilan dari sekolah Yomiyama Utara, memperkenal diri kepada nya kalau mereka ialah Kazami dan Sakuragi, wakil dan ketua kelas, dan Izumi dari komite tindak pencegahan. Mereka bertanya dan memastikan apakah sebelumnya Kouichi sempat tinggal di Yomiyama. Kouichi menjawab kalau dulu ia sempat berkunjung ke Yomiyama sewaktu masih kecil. Setelah memastikan hal tersebut, mereka berpamitan untuk pulang.

Kouichi yg bertemu dengan gadis misterius yg mengenakan penutup mata dan membawa sebuah boneka kayu di dalam lift rumah sakit, membuatnya bertanya-tanya, kenapa dia menuju lantai paling bawah. Kouichi yg melihat gadis tersebut mengenakan seragam sekolah yg sama dengannya, dia pun langsung menanyakan apakah dia juga murid dari sekolah Yomiyama, dan menanyakan namanya juga. Gadis tersebut menjawab kalau namanya ialah Misaki Mei. Karena penasaran Kouichi pun memutuskan untuk mengikutinya. Melihat gadis tersebut berjalan kearah kamar mayat, membuat Kouichi merasa takut dan bergegas pergi meninggalkannya.

Kouichi yg sudah mulai masuk sekolah, dirinya ditempatkan di kelas 3-3. Sebelum masuk sekolah, Kouichi diberitahukan oleh tantenya yg bernama Mikami Reiko, yg ialah wakil wali kelasnya. Kouichi diberitahukan kalau dirinya tidak boleh membawa masalah pribadi kedalam sekolah, dan menyuruhnya untuk memanggilnya dengan sebutan Mikami ketika berada di sekolah, dan Reiko ketika di rumah.

Kouichi yg baru saja keluar dari rumah sakit membuatnya tidak mampu mengikuti pelajaran jam olahraga, dan hanya mampu melihat saja. Kouichi yg saat itu melihat ada wanita sedang berdiri diatap sekolah, membuatnya penasaran dan menghampirinya. Wanita tersebut ialah Misaki Mei yg terlihat sedang menggambar. Kouichi bertanya kepadanya sedang apa dia disini dan berhubungan apa yg dilakukannya beberapa hari yg lalu ketika berada dirumah sakit. Misaki Mei menjawab kalau dirinya tidak suka ditanyai, dan dia memberitahukan kepada Kouichi kalau kelas 3-3 berbeda dengan kelas lainnya. Misaki mengatakan kalau nanti dirinya akan tau semuanya dengan sendirinya. Sebelum pergi, Misaki memberitahukan kepada Kouichi kalau dia tidak boleh dekat dan berbicara dengannya.

Pulang sekolah, ketika sedang hujan, diperjalanan Kouichi melihat Misaki sedang dalam perjalanan pulang tanpa mengenakan payung. Karena penasaran dengan apa yg dikatakan sebelumnya, Kouichi memutuskan untuk mengikutinya. Kouichi yg kehilangan jejaknya, tidak jauh dari tempat dia berada, Kouichi melihat sebuah toko boneka yg nampak menyeramkan, dan mengingatkannya dengan Misaki. Kouichi memutuskan untuk masuk kedalam toko tersebut untuk melihat-lihat. Kouichi terkejut karena kemunculan tiba-tiba Misaki yg tepat berada dibelakangnya. Kouichi bertanya beberapa hal mengenai apa yg dilakukannya di toko tersebut dan tidak lupa pula menanyakan berhubungan apa yg di bicarakannya waktu berada di atas atap sekolah.

Kouichi yg merasa penasaran, juga tertarik dengannya, memutuskan untuk mendekati dan menjadikannya teman. Awalnya Misaki menolak ajakannya, begitu juga teman-temannya yg selalu memberitahukan kepada Kouichi untuk menjauhinya. Kouichi yg mengabaikan peringatan teman-temannya dan terus berusaha mendekati Misaki, membuat Misaki menyerah dan menerimanya.

Kedekatan mereka berdua membuat berbagai hal mengerikan terjadi yg melibatkan seluruh penghuni kelas 3-3. Misaki menjelaskan kepada Kouichi kalau kelas 3-3 telah dikutuk, dimana jikalau jumlah murid yg ada di kelas 3-3 tidak sesuai dengan aturan, maka akan terjadi kejadian yg menimpa murid di kelas 3-3 yg menyebabkan kematian. Misaki memberitahukan bahwa dikelas 3-3 terdapat satu siswa tambahan, dimana siswa tersebut sudah sempat mati (hantu). Kouichi yg mengetahui hal tersebut memutuskan untuk mencari tahu segala tentangnya dan mencoba mengetetahui kebenarannya, lalu mengakhirinya. Dengan bantuan Misaki, dia mencari tahu segala hal mengenai kutukan tersebut. Mulai dari mencari informasi sampai penelusuran mereka lakukan.

Naoya dan Yuuya, teman sekelas Kouichi dan Misaki, memutuskan untuk membantu mereka untuk mencari tahu kebenaran dibalik kutukan tersebut. Seiring berjalannya waktu, dan berbagai hal mengerikan terjadi, mereka akhirnya berhasil menemukan cara untuk mengakhiri kutukan tersebut.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.6/10 )


Another memiliki grafis dengan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 7.6/10 )

#1 Misaki Mei


Misaki Mei ialah salah satu murid dari sekolah Yomiyama Utara yg berada di kelas 3-3. Dia ialah gadis misterius dengan penutup mata pada bagian kiri matanya. Dia diberi label sebagai salah satu yg “tidak ada”, dimana keberadaannya tidak sempat dianggap ada oleh teman sekelasnya. Terlihat dingin dan tidak peduli dengan apapun. melainkan, sebenarnya dia ialah gadis yg baik. Pengisi suara; Takamori Natsumi.


#2 Sakakibara Kouichi

Sakakibara Kouichi ialah siswa pindahan yg ditempatkan di kelas 3-3 Yomiyama Utara. Kouichi yg tertarik dan penasaran dengan Misaki Mei, berusaha mendekati dan menjadi temannya. Dia ialah orang yg baik dan peduli terhadap orang-orang disekitarnya. Tidak peduli dengan peringatan untuk menjauhinya, dia memilih untuk berteman dengannya, tanpa tahu berhubungan masalah yg akan ditimbulkannya. Karena kedekatannya dengan Misaki, membuatnya diberi label sebagai salah satu yg “tidak ada”, sama seperti Misaki. Pengisi suara; Abe Atsushi.


#3 Teshigawara Naoya

Teshigawara Naoya ialah salah satu murid dari sekolah Yomiyama Utara yg berada di kelas 3-3. Naoya ialah orang yg mampu mengurangi rasa ketegangan yg terdapat di kelas 3-3. Tingkah yg diberikan Naoya seringkali membuat suasana kelas membaik. Naoya ialah orang pertama yg masih mau berbicara dengan Kouichi dan Misaki walaupun mereka berdua dianggap yg “tidak ada”. Dia ialah salah satu murid kelas 3-3 yg mau berbicara dan berteman dengan Kouichi dan Misaki, dimana Naoya percaya terhadap mereka berdua. Pengisi suara; Maeno Tomoaki.


#4 Akazawa Izumi


Akazawa Izumi ialah salah satu murid dari sekolah Yomiyama Utara yg berada di kelas 3-3. Sikap tegasnya menjadikannya sebagai komite “tindakan pencegahan”, untuk mencegah terjadinya hal-hal yg tidak diinginkan di kelas 3-3. Terlihat dingin, melainkan semua itu dilakukan demi kebaikan dan keselamatan teman-teman di kelasnya. Dia ialah orang yg sangat merasa bertanggung jawab atas kejadian yg menimpa teman-temannya. Pengisi suara; Yonezawa Madako.

#5 Mochizuki Yuuya


Mochizuki Yuuya ialah salah satu murid dari sekolah Yomiyama Utara yg berada di kelas 3-3. Ketertarikannya terhadap lukisan membuatnya bergabung dengan klub seni. Dia ialah orang yg sangat takut dengan kutukan yg terdapat di kelas 3-3. Meski begitu, dia masih mau berbicara dan berteman dengan Kouichi dan Misaki, dimana Yuuya percaya terhadap mereka berdua. Pengisi suara; Yamamoto Kazutomi.

#6 Mikami Reiko


Mikami Reiko ialah tante Kouichi. Dia ialah adik dari ibu Kouichi. Reiko ialah wakil wali kelas 3-3 di tempat Kouichi bersekolah. Dia membagikan saran kepada Kouichi untuk mematuhi peraturan yg terdapat di sekolah terutama di kelas 3-3. Dia juga menyuruh Kouichi untuk memisahkan kehidupan pribadi dari kehidupan sekolah, dimana Kouichi hanya boleh memanggilnya sebagai Reiko dirumah, dan Mikami disekolah. Pengisi suara; Sakakibara Naoko.

Musik ( 6.5/10 )

Opening Theme:
#1: “Kyoumu Densen (凶夢伝染)” by ALI PROJECT

Ending Theme:

#1: “anamnesis” by Annabel

Keseluruhan ( 7.8/10 )


Secara keseluruhan anime ini baik. Memiliki alur cerita yg sangat menarik dan menegangkan. Untuk anime yg bertemakan horror, another ialah anime yg berhasil, dan menarik banyak perhatian. Cerita yg menegangkan dengan kejadian tragis yg terdapat didalamnya, membuat anime ini banyak disukai oleh penggemarnya, terutama yg menyukai anime dengan genre horror. Karakter didalamnya juga tidak membosankan, terutama Misaki Mei yg terlihat misterius. Soundtracknya sendiri untuk Opening Themenya bagus, karena sangat menunjukkan identitas animenya yg bergenre horror, sedangkan Ending Themenya sangat membosankan menurut ane.

Anime ini cocok buat kamu yg suka cerita seram, terlebih terdapat kejadian kejadian tragis didalamnya, seperti kecelakaan dan kematian yg mengenaskan.

Quotes: “Tak peduli seberapa banyak orang yg kita kenal, sebenarnya kita sendirian” -Misaki Mei