Review Anime: Boku no Hero Academia

Detail:


Judul: Boku no Hero Academia (僕のヒーローアカデミア)
Genre: Action, Comedy, School, Shounen, Super Power
Rating: PG-13 – Teens 13 or older
Rilis: Spring 2016, 3 April – 26 Juni
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 13 + OVA (2)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Bones
Produser: Dentsu, Mainichi Broadcasting System, Movic, TOHO animation, Shueisha
Lisensi: Funimation

Boku no Hero Academia (僕のヒーローアカデミア) yaitu serial manga yg ditulis dan diilustrasikan oleh Horikoshi Kohei. Ini telah diserialisasikan di Weekly Shonen Jump sejak Juli 2014. Diadaptasi menjadi sebuah serial anime televisi yg ditulis oleh Kuroda Yosuke, desain karakter oleh Umakoshi Yoshikiko, dan musik disusun oleh Hayashi Yuki, yg disutradarai oleh Nagasaki Kenji, dan diproduksi oleh studio Bones.

Synopsis:

Midoriya Izuki, seorang anak laki-laki yg lahir tanpa kekuatan super yg disebut dengan quirks atau bakat, di dunia dimana kekuatan super, quirks, yaitu hal yg normal. Sejak kecil Izuki sudah sangat mengidolakan dan berambisi menjadi pahlawan. melainkan, karena tidak mempunyai bakat sama sekali, dia sering diejek dan diremehkan oleh teman-temannya. Kegigihannya yg ingin menjadi pahlawan meskipun tidak mempunyai bakat telah membuahkannya hasil. Izuki bertemu dengan All Might, pahlawan nomer satu yg ialah idolanya, yg mengubah hidupnya.

Cerita ( 8.3/10 )
Awal cerita dimulai ketika Midoriya Izuki, seorang anak SMP yg sedang berangkat menuju sekolahnya, diperjalanan dia melihat seorang penjahat yg sedang mengamuk dan para pahlawan yg sedang mencoba menghentikannya. Izuki yg sangat mengidolakan dan berambisi menjadi pahlawan suatu hari nanti, membuatnya mencatat segala apapun yg berhubungan dengan pahlawan kapanpun dia bisa.

Disekolahnya, Izuki selalu diejek dan diremehkan oleh teman-temannya karena tidak mempunyai kekuatan super yg disebut quirks atau bakat. Di dunia dimana kekuatan super, quirks, yaitu normal, dimana pada saat anak-anak berusia empat tahun, kekuatan ini akan sudah terlihat dan dimilikinya. Izuki yg kekuatannya tidak sempat muncul, ternyata dia tidak mempunyai kekuatan super, quirks, sama sekali pada dirinya. Mengetahui hal tersebut membuat Izuki yg sangat mengidolakan dan berambisi menjadi pahlawan sangat sedih dan menangis karenanya. melainkan itu tidak membuatnya menyerah untuk menjadi pahlawan seperti All Might, pahlawan nomer satu yg ialah idolanya.

Bakugou Katsuki, biasa dipanggil Kacchan oleh Izuki, dia yaitu teman masa kecil sekaligus teman sekelas Izuki di SMP. Semenjak Kacchan mempunyai quirks, dia merasa kalau dirinya yaitu istimewa dan selalu mengejek Izuki yg tidak mempunyai quirks sama sekali. Dia selalu marah kepada Izuki yg berkeinginan menjadi pahlawan padahal tidak mempunyai quirks sama sekali. terlebih dia sangat marah ketika tahu kalau Izuki akan meneruskan sekolahnya di SMA yg sama dengannya, adalah UA, sekolah unggulan yg terkenal akan program pelatihan pahlawannya dan sudah banyak menghasilkan pahlawan-pahlawan terkenal salah satunya All Might, pahlawan nomer satu di dunia. Kacchan marah kepada Izuki karena tidak mau dianggap sederajat dengannya. Dimana diketahui kalau Kacchan yaitu murid unggulan dengan kekuatan dan keterampilan yg luar biasa dalam menggunakan quirks. Dia tidak terima kalau ada murid dari SMP nya selain dia yg mencoba masuk SMA UA.

Izuki yg tidak menyerah untuk menjadi pahlawan meski tidak mempunyai quirks sama sekali, membuatnya mencatat segala apapun yg berhubungan dengan pahlawan kapanpun dia bisa. Kegigihannya untuk menjadi pahlawan pun membuahkan hasil. Izuki yg saat itu dalam perjalanan pulang tiba-tiba diserang oleh penjahat yg cukup kuat, dan dia diselamatkan oleh All Might, pahlawan nomer satu sekaligus idolanya.

All Might yg saat itu tidak sengaja membiarkan penjahat tersebut lari, ternyata menyebabkan masalah yg cukup serius di kota. All Might yg saat itu tidak bisa berbuat apa-apa karena kondisinya, dan pahlawan-pahlawan lainnya yg saat itu berada ditempat kejadian tidak bisa bertindak lebih karena penjahat menyandra seseorang. Izuki yg melihat kalau ternyata Kacchan lah yg dijadikan sandra oleh penjahat tersebut membuat tubuhnya bergerak dengan sendirinya dan lari menghampiri penjahat tersebut untuk menolongnya. All Might yg saat itu melihatnya membuatnya tiba-tiba mengeluarkan kemampuan lebihnya dengan memaksakan kondisinya lalu menolongnya.

Tak lama setelah kejadian berakhir, All Might yg kemudian datang menghampiri dan berbicara dengannya. Mendengarnya membuat Izuki sendiri tidak percaya dengan apa yg dikatakannya. Membuat Izuki menangis karena baru pertama kali ada seseorang yg berkata seperti itu padanya.

Bertahan selama berbulan-bulan dalam pelatihan yg sangat melelahkan, yg diberikan All Might padanya, akhirnya hari dimana Izuki mencoba masuk sekolah UA tiba. Izuki dan Kacchan yg sama-sama mencoba masuk dan berhasil diterima disekolah UA, ternyata mereka harus menjadi teman sekelas lagi. Mengejutkannya lagi, ternyata All Might ialah salah satu guru di sekolah tersebut.

Disekolah barunya, Izuki dan Kacchan berhasil berteman baik dengan teman-teman sekelasnya, tapi tidak untuk mereka berdua sendiri, dimana mereka masih tidak akur satu satu sama lain. Setelah berhasil masuk SMA UA, mereka berdua, terutama Kacchan sadar kalau ternyata ada banyak orang yg lebih hebat dari pada dirinya diluar sana. Perjalanan Izuki dan teman-teman sekelasnya untuk menjadi pahlawan pun di mulai.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8/10 )


Boku no Hero Academia mempunyagrafis dengan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 8.1/10 )

#1 Midoriya Izuki


Midoriya Izuki yaitu anak laki-laki yg sangat mengagumi dan berkeinginan untuk menjadi pahlawan suatu hari nanti. Lahir tanpa memiliki quirks sama sekali dalam dirinya, tidak membuatnya sama sekali menyerah untuk menjadi pahlawan. Dia mencatat segala apapun mengenai pahlawan kapanpun dia bisa. Meskipun lahir tanpa memiliki quirks, dia berhasil menarik perhatian pahlawan nomer satu dunia sekaligus idolanya, All Might, yg dijadikannya sebagai muridnya. Quirknya yaitu One For All yg bisa membuatnya melipatgandakan kekuatannya. Dia ingin menjadi pahlawan seperti All Might yg menyelamatkan banyak orang dengan senyuman. Pengisi suara; Yamashita Daiki.

#2 Bakugou Katsuki


Bakugou Katsuki yaitu teman masa kecil Izuki, memanggilnya dengan nama Kacchan. Dia yaitu seseorang yg selalu bertindak dan bicara jujur sesuai keinginannya, dia selalu ingin menjadi yg pertama, menjadi yg terbaik dalam segala hal yg berkaitan dengan pahlawan. Dia tidak suka ketika ada orang yg memandang rendah dirinya, seolah-olah mereka lebih hebat darinya, dan dia mudah sekali marah. Dia sangat membenci Izuki, terlebih sampai memanggilnya dengan nama Deku yg berarti ‘tak bermanfaat’, melainkan meski begitu dia juga memperlakukannya sebagai saingan. Dia ialah salah satu siswa yg sangat berbakat dalam menggunakan quirksnya, dia juga sangat pintar dan cakap. Quirknya yaitu Explosion yg membuatnya bisa mengeluarkan ledakan dengan kedua tangannya. Dia ingin menjadi pahlawan yg bisa melampaui All Might. Pengisi suara; Okamoto Nobuhiko.


#3 All Might


All Might, dia yaitu pahlawan nomer satu di dunia yg ialah ‘simbol perdamaian’ dunia. Dia yaitu pahlawan yg sudah banyak dan selalu menolong orang-orang, dan mengalahkan banyak penjahat. Quirknya yaitu One For All yg mampu membuatnya melipatgandakan kekuatannya. Pengisi suara; Miyake Kenta.

#4 Uraraka Ochako

Uraraka Ochako, dia ialah teman dekat Izuki. Mendengar Bakugou sering memanggil Izuki dengan sebutan Deku, membuatnya juga memanggilnya dengan sebutan serupa. Tidak seperti Bakugou yg mengartikannya sebagai ‘tak bermanfaat’, dia menganggap kalau Deku berarti ‘pantang menyerah’. Dia yaitu orang yg baik dan mudah berteman. Quirknya yaitu Zero Gravity yg memungkinkannya untuk membuat objek yg disentuhnya bisa melayang. Dia ingin menjadi pahlawan agar bisa mendapatkan uang banyak, sehingga bisa membagikan kehidupan yg mudah bagi orang tuanya. Pengisi suara; Sakura Ayane.

#5 Iida Tenya

Iida Tenya, dia ialah teman dekat Izuki. Awalnya dia menganggap remeh dan tidak suka dengan sikap Izuki yg menurutnya tidak sopan, meskipun sebenarnya dia hanya bersikap jujur dan ketat mengenai kualifikasi untuk menjadi pahlawan. Setelah melihat Izuki yg berusaha menyelamatkan Ochako, pandangannya terhadap Izuki berubah dan dia menganggap kalau Izuki lebih baik daripadanya. Dia yaitu orang yg rajin dan serius, dia juga ialah ketua kelas. Quirknya yaitu Engine yg memberinya kecepatan super melalui mesin jet di kakinya. Dia ingin menjadi pahlawan seperti kakaknya, pahlawan yg mempunyai banyak teman disampingnya, yg selalu berusaha menyelamatkan orang-orang dari penjahat. Pengisi suara; Ishikawa Kaito.

#6 Todoroki Shouto


Todoroki Shouto, dia ialah salah satu siswa yg diterima di SMA U.A melalui jalur prestasi karena Quirknya yg kuat. Seperti Bakugou, dia ialah salah satu siswa yg sangat berbakat dalam menggunakan quirknya. Dia yaitu orang yg tenang, juga cerdas dan cakap. Quirknya yaitu Half Cold dan Half Hot yg mampu membuatnya membekukan dan membakar targetnya. Dia ingin menjadi pahlawan untuk menunjukkan kepada ayahnya mengenai masalah dia dengan ayahnya, dan menjadi pahlawan yg bisa melindungi ibunya. Pengisi suara; Kaji Yuki.

#7 Yaoyorozu Momo


Yaoyorozu Momo, sama seperti Todoroki, dia ialah salah satu siswa yg diterima di SMA U.A melalui jalur prestasi karena kemampuan Quirknya. Dia yaitu siswa dengan kemampuan analisa yg sangat baik. Quirknya yaitu Creation yg memungkinkannya bisa membuat benda mati apa saja asalkan dia mengetahui bahan material yg dipakai dalam pembuatannya. Dia yaitu seseorang yg mampu membaca situasi dengan sangat baik, dan ialah wakilketua kelas. Pengisi suara; Inoue Marina.

#8 Aizawa Shouta


Aizawa Shouta yaitu guru walikelas untuk kelas 1-A. Penampilan berantakan, terlihat lelah, tidak peduli dan tidak bersemangat, dia juga benci membuang-buang waktu. Meski terlihat tidak peduli dan terlihat dingin, dia sebenarnya sangat peduli dan memperhatikan murid-muridnya, dan akan berusaha keras untuk melindungi mereka dari bahaya. Berbeda dengan All Might dan pahlawan hebat terkenal lainnya, dia tidak suka menjadi pusat perhatian dan bekerja dengan caranya sendiri. Hanya sedikit masyarakat yg mengenalinya sebagai pahlawan hebat. Quirknya yaitu Erasure yg bisa membuatnya menghapus quirk orang lain selama berada dalam jangkauan pandangannya dan selama dia tidak berkedip. Pengisi suara; Suwabe Junichi.

#9 Shigaraki Tomura


Shigaraki Tomuro yaitu penjahat sekaligus pemimpin dari persatuan penjahat. Dia yaitu orang yg akan menghancurkan apa saja yg dibencinya. Dia membentuk persatuan penjahat untuk menghancur apa yg paling dibencinya, adalah All Might, simbol perdamaian dunia. Quirknya yaitu Decay yg memungkinkan untuk menghancurkan apapun yg disentuhnya. Pengisi suara; Uchiyama Kouki.

#10 Kurogiri


Kurogiri yaitu anggota dari persatuan penjahat yg ialah tangan kanan Tomura. Meskipun mempunyai sifat yg sopan santun, dia juga penjahat. Quirknya yaitu Warp, teleportasi yg bisa membuat dirinya dan orang lain berpindah tempat. Pengisi suara; Fujiwara Takahiro.


#11 Noumu


Noumu yaitu bagian dari persatuan penjahat. Dia yaitu manusia hasil percobaan yg dilakukan oleh persatuan penjahat, yg membuatnya menjadi sangat kuat terlebih hampir setara dengan All Might. melainkan kekuatan tersebut membagikan beban pada pemikirannya, yg menyebabkan Noumu tidak bisa berpikir dan hanya bisa meneruti perintah yg diberikan kepadanya. Quirknya yaitu  Shock Absorption dan Super Regeneration yg bisa membuatnya menyerap segala benturan serangan yg diterimanya, dan kemampuan untuk beregenerasi dengan cepat. Pengisi suara; Mogami Tsuguo.

Musik ( 6.7/10 )


Opening Theme:
#1: “The Day” by Porno Graffitti

Ending Theme:
#1: “HEROES” by Brian the Sun

Keseluruhan ( 8.2/10 )


Secara keseluruhan anime ini sangat baik, menarik, dan menghibur. Alur yg diberikan sangat rapih dan menarik, belum lagi pertarungan yg disajikan, ditambah karakter didalamnya yg penuh dengan tingkah konyol membuat anime ini sangat menghibur. Karakter didalam cerita tidak ada yg membosankan, terlebih yg serius dan unggulan sekali pun. Anime ini cocok buat kamu yg suka cerita aksi dengan komedi didalamnya. Karakter utama yg lemah dan diremehkan, melainkan tetap berjuang dan menjadi kuat secara bertahap. Dan yg paling penting anime ini sangat cocok buat kamu yg mengagumi sosok pahlawan.

Kesan pertama gua menonton anime ini kurang lebih seperti ini, “yah, anime bocah”, “karakternya gak seru”, dan sebagainya, tapi setelah nonton sampai di episode 3 jujur, gua tidak bisa berenti nonton karena ceritanya yg seru dan menarik belum lagi karakternya benar-benar berkarakter, tidak membosankan sama sekali.

Quotes: “Menang ataupun kalah, merenung dan belajar dari kesalahan yaitu bagian dari kehidupan” -All Might