Review Anime: Eromanga-sensei

Detail:

Judul: Eromanga-sensei (エロマンガ先生)

Genre: Comedy, Drama, Romance, Slice of Life

Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Rilis: Spring 2017, 9 April – 25 Juni

Sumber: Light Novel

Tipe: TV

Episode: 12

Durasi: 23 min. per eps.

Status: Selesai

Studio: A-1 Pictures

Produser: Aniplex, Movic, ASCII Media Works, BS11, Kinoshita Gruop Holdings

Lisensi: Aniplex of America

Eromanga-sensei (エロマンガ先生) adalah seri novel ringan Jepang yg ditulis oleh Fushimi Tsukasa dan diilustrasikan oleh Kanzaki Hiro. Serialisasi oleh ASCII Media Works dari Dengeki Bunko sejak Desember 2013. Mendapat adaptasi manga yg diilustrasikan oleh Rin yg memulai serialisasinya di Dengeki Daioh pada Mei 2014. Kemudian di adaptasi menjadi sebuah serial anime televisi oleh studio A-1 Pictures yg ditulis oleh Takahashi Tatsuya, disutradarai oleh Takeshita Ryouhei, dan musik oleh Kikuya Tomoki.

Synopsis:

Setahun yg lalu, Sagiri menjadi adik tiri Izumi Masamune. Pertemuan pertama Masamune dengan adik barunya merupakan yg terakhir kalinya sebelum akhirnya Sagiri menutup diri dari dunia luar dengan menghabiskan waktunya seharian di dalam kamar.

Masamune yg merupakan murid SMA sekaligus penulis novel. Selama dia menjadi penulis, dia belum sempat sekalipun bertemu dengan ilustrasi novelnya yg bernama Eromanga-sensei. Eromanga-sensei terkenal dengan gambarnya yg sangat sempurna dan betapa cabul gambar yg dibuatnya.

Suatu waktu, karena kejadian tak terduga, untuk pertama kalinya dalam satu tahun terakhir Sagiri keluar dari kamarnya dan berbicara dengan kakaknya, Masamune. Masamune dan Sagiri sama-sama tak menyangka kalau ternyata Eromanga-sensei adalah adiknya sendiri, Sagiri, dan novel yg selama ini di ilustrasikan oleh Sagiri adalah karya kakaknya, Masamune. Membuat mereka berdua mendapat banyak kejadian tak terduga yg juga menjadikan mereka menjadi seorang penulis dan ilustrasi yg lebih baik lagi.

Cerita ( 7.3/10 )

Hari dimana pertama kali Izumi bertemu dan tinggal bersama dengan adik tirinya, Sagiri, adalah hari dimana terakhir kali dia melihatnya. Semenjak hari itu Sagiri tidak sempat keluar kamarnya selama satu tahun. Sagiri adalah seorang hikikomori yg menarik diri dari dunia luar dan menghabiskan waktunya seharian penuh di dalam kamar. Karena kejadian tak terduga, untuk pertama kalinya setelah satu tahun tinggal bersama, Sagiri membukakan pintu kamarnya dan berbicara dengan Izumi.

Izumi yg merupakan seorang penulis novel ringan, dia tidak sempat bertemu sekalipun dengan ilustrasinya, Eromanga-sensei, yg ternyata adiknya sendiri, Sagiri, yg selama ini berada di dekatnya. Mengetahui Sagiri ilustrasinya, Izumi mencoba memberitahukan kalau dirinya adalah orang yg menulis novel yg di ilustrasikan olehnya.

Izumi dan Sagiri yg sama-sama tidak menyangka dan tidak tahu kalau selama ini mereka bekerja sama, membuat Izumi mampu melihat dan dekat dengannya, dan Sagiri mulai terbuka dengannya. Dan ini merupakan awal dari banyaknya kejadian-kejadian tak terduga dari orang-orang di sekitarnya yg juga membantu perkembangan mereka dalam hal masing-masing

Sagiri yg tidak sempat datang ke sekolah sekalipun membuat Jinno Megumi ketua kelasnya datang kerumahnya untuk bertemu dan berteman dengannya. Alasan Megumi datang menemuinya adalah untuk menjadi temannya. Megumi adalah orang yg mampu berteman dengan seluruh teman satu angkatannya terkecuali Sagiri di tahun pertamanya masuk sekolah. Karena alasannya tersebut Megumi mendatangi rumahnya dan mencoba mengajak Sagiri untuk pergi sekolah. akantetapi usahanya tidak berhasil, malah Megumi yg saat itu berkunjung kerumahnya tidak bertemu dengannya. Megumi hanya mampu bertemu dan berbicara dengan Izumi.

Megumi yg mencoba untuk mampu bertemu dan berteman dengan Sagiri, mencoba beberapa cara tetapi tidak berhasil. Tidak mau menyerah, Megumi memutuskan untuk mencoba dan melakukan apa saja demi mampu bertemu dan berteman dengannya. Kehadiran Megumi kerumah Sagiri membuatnya tidak nyaman dan menganggap Megumi seorang yg menyebalkan.

Yamada Elf seorang gadis yg juga merupakan penulis novel yg sangat tertarik dan menginginkan Eromanga-sensei untuk menjadi ilustrasinya berusaha dan mencoba segala cara agar mampu mendapatkannya. Izumi yg tidak ingin kehilangan Eromanga-sensei, tanpa membahasnya terlebih dulu dengan Sagiri, dia memutuskan untuk bertanding dengannya. Pertandingan yg ditentukan oleh novel dimana nanti Eromanga-sensei yg akan di suruh membacanya dan menilai mana yg lebih bagus, dan yg menang akan mendapatkan Eromanga-sensei.

Beberapa hari sebelum hari dimana karya mereka akan di baca oleh Eromanga-sensei, tanpa di sadari membuat mereka, Izumi dan Elf, menjadi dekat dan mulai paham dan saling mengerti pemikiran satu sama lain. Membuat mereka menjadi lebih dekat dan akrab. malah Elf banyak membagikan nasihat dan arahan kepada Izumi mengenai bagaimana untuk menjadi penulis yg lebih baik lagi.

Ketika hari penentuan tiba, sebelum mereka menyerahkan tulisan mereka kepada Eromanga-sensei, mereka lebih dulu membaca tulisan hasil satu sama lain. Izumi yg terkesan dengan novel yg di buat olehnya membuatnya tidak mau berhenti untuk membacanya dan merasa kalau novel yg di buatnya tidak sebanding dengan miliknya. Pada saat Izumi sedang membaca novel buatannya, tak lama kemudian dia melihat Elf menangis membaca novel buatannya. Elf mengatakan padanya kalau ini benar-benar tidak adil dan kemudian menyerahkan Eromanga-sensei sepenuhnya padanya. Sambil menghancurkan novel miliknya sendiri, Elf memberitahukan kepada Izumi kalau novel yg di buatnya, sebagus apapun itu tidak akan mampu mengalahkan novel miliknya untuk mendapatkan Eromanga-sensei.

Yamada Elf yg sudah mengetahui kalau Eromanga-sensei adalah adik Izumi, dan setelah membaca novel miliknya, dia menyadari betapa besar keinginannya untuk mempertahankan Eromanga-sensei. Elf kemudian menyuruh Izumi untuk tetap membagikan novel buatannya kepada Eromanga-sensei untuk di baca. Setelah mendengar kata-kata Elf, tanpa pikir panjang Izumi kemudian langsung menunjukkannya kepada Eromanga-sensei yg merupakan adik tirinya sendiri.

Sagiri yg kemudian membacanya, merasa senang dan benar-benar menyukainya. Membuat Izumi sangat senang mendengarnya. Tak lama kemudian mereka mulai membicarakan tujuan dan mimpi mereka bersma. Memutuskan untuk melakukan yg terbaik untuk menggapai mimpi tersebut.
Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )

Karakter ( 7.5/10 )

#1 Izumi Masamune

Izumi Masamune adalah kakak tiri Izumi Sagiri. Izumi merupakan seorang penulis. Dia sudah menulis sejak masih smp di blognya sampai akhirnya karyanya diterima di salah satu perusahaan penerbit yg membuatnya menjadi benar-benar seorang penulis. Perjalanan dan perjuangannya untuk menjadi penulis terkenal tidaklah mudah, dia harus bersaing dengan penulis lainnya yg merupakan orang-orang sekitarnya. Masamune adalah seorang yg baik hati, pekerja keras, dan peduli. Dialah yg membersihkan rumah dan membuatkan sarapan untuk Sagiri, malah dengan pekerjaannya yg merupakan seorang penulis dia juga membantu dalam soal keuangan. Dia juga orang yg terbuka dan mengatakan hal apa saja yg ada dipikirannya. Mengetahui ilustrasi karya novelnya adalah adiknya sendiri, Sagiri, membuatnya mendapat banyak kejadian tak terduga yg juga menjadikannya seorang penulis yg lebih baik lagi. Pengisi suara; Matsuoka Yoshitsugu.

#2 Izumi Sagiri

Izumi Sagiri adalah adik tiri Izumi Masamune. Sagiri merupakan seorang ilustrasi terkenal dengan sebutan nama Eromanga-sensei. Eromanga-sensei terkenal dengan gambar-gambarnya yg cabul. Sagiri menyukai gambar yg terlihat cabul, tapi anehnya dia tidak terlalu mampu menggambar gadis dengan dada yg besar dengan alasan dia tidak mampu menggambar apa yg belum sempat di lihatnya di dunia nyata. Suaranya yg pelan membuat Sagiri harus menggunakan pengeras suara ketika bicara. Sagiri adalah orang yg tertutup dan tidak terbiasa dengan keramaian, dia menghabiskan waktunya seharian di dalam kamar atau menarik diri dari dunia luar (hikikomori). Pengisi suara; Fujita Akane.

#3 Yamada Elf

Yamada Elf adalah seorang penulis terkenal. Terlihat kekanak-kanakan tetapi sangat dewasa bilamana dia sudah mengatakan atau melakukan sesuatunya dengan serius. Dia juga seorang Chuunibyou. Dia adalah penulis yg juga merupakan saingan Masamune untuk mendapatkan Eromanga-sensei. Dia sangat menyukai ilustrasi yg digambarkan oleh Eromanga-sensei dan sangat menginginkannya untuk menjadi ilustrasi novelnya. akantetapi, keinginannya untuk menjadikan Eromanga-sensei sebagai ilustrasinya tidak jadi setelah apa yg terjadi dengannya dan Masamune. Di sisi lain dia menjadi orang yg banyak membantu Masamune untuk menjadi seorang penulis yg lebih baik lagi. Pengisi suara; Takahashi Minami.

#4 Senju Muramasa


Senju Muramasa adalah seorang penulis terkenal yg juga merupakan penggemar Masamune. Dia sempat mencoba membuat Masamune kesulitan untuk menerbitkan karya novelnya karena kalah menarik dengan karya miliknya. Semua dia lakukan agar Masamune melanjutkan novel pertamanya yg menurutnya merupakan novel terbaik yg sempat dibaca oleh Muramasa. Muramasa adalah orang yg sangat mudah di tebak dan dia tidak mampu menyembunyikan sesuatunya malah perasaannya sendiri. Karena hal tersebut, Muramasa terkadang menjadi orang yg terbuka asal bicara dan jujur mengatakan apa yg sedang dipikirkan dan dirasakannya. Saat menulis atau membaca novel, Muramasa akan benar-benar serius dan mengabaikan semua yg ada disekitarnya malah dia akan menjadi seorang Yandere jikalau ada yg mencoba mengganggunya. Pengisi suara; Oonishi Saori.

#5 Jinno Megumi


Jinno Megumi adalah teman sekelas sekaligus ketua kelas Sagiri. Di tahun pertamanya masuk smp, Megumi sudah berteman dengan semua orang satu angkatannya terkecuali Sagiri. Membuatnya memutuskan untuk datang ke rumah Sagiri agar mampu menjadi temannya. akantetapi, Megumi tidak mampu bertemu apalagi berteman begitu saja dengan Sagiri yg merupakan seorang hikikomori. Tidak mudah menyerah, Megumi melakukan apa saja yg mampu membuatnya berteman dengan Sagiri. Megumi adalah seorang yg keras kepala dan percaya diri, dan dia adalah seorang yg terlihat berpura-pura sebagai gadis nakal padahal sebenarnya tidak mengetahui dan tidak mempunyai pengalaman apa pun sebagaimananya gadis nakal. Pengisi suara; Kido Ibuki.
#6 Takasago Tomoe


Takasago Tomoe adalah teman sekelas Masamune dan dia adalah pemilik toko yg menjual banyak light novel termasuk novel yg ditulis oleh Masamune. Di tokonya, dia mempunyai bagian penjualan yg merupakan rekomendasi darinya untuk pelanggan. Menariknya, di sana tidak ada novel dari karya milik Masamune yg memang saat itu novel miliknya malah belum terjual satu pun. Meskipun begitu, Tomoe merupakan orang yg selalu membaca karya novel milik Masamune yg diterbitkannya. Tomoe akan marah bilamana ada seseorang yg menjelek-jelekkan otaku apalagi yg suka membaca light novel. Dia akan membuat orang tersebut menyukai light novel dan menjadikannya seorang otaku. Pengisi suara; Ishikawa Yui.

#7 Kagurazaka Ayame


Kagurazaka Ayame adalah editor Masamune. Dia adalah seorang yg terbuka dan berterus terang, melakukan hal tak terduga sesuka hatinya. Dia sudah banyak membantu Masamune dalam perkembangannya menjadi penulis profesional, malah dia lebih memilih Masamune yg merupakan penulis tak terkenal yg karyanya tidak begitu baik di pasaran daripada penulis yg cukup terkenal yg memintanya untuk menjadi editornya. Pengisi suara; Komatsu Mikako.

#8 Shidou Kunimitsu


Shidou Kunimitsu adalah salah seorang penulis yg karyanya di kalahkan oleh Masamune dalam pemilihan karya melalui suara terbanyak masyarakat. Meski begitu dia tidak berpikiran buruk terhadap Masamune dan malah termotivasi olehnya. Dia malah mengajukan pesta perayaan bersama-sama dengan Masamune dan penulis lainnya untuk merayakan hasil keberhasilan mereka dalam pemilihan sebelumnya. Shidou adalah seorang yg terlihat tenang dan biasa saja. Karena kejadian aneh tak terduga yg terjadi kepada Masamune, dia salah paham kepadanya dan menganggap kalau Masamune adalah seorang yg menyukai sesama. Membuatnya takut bilamana sedang berduaan dengannya. Pengisi suara; Shimazaki Nobunaga.

#9 Yamada Chris


Yamada Chris adalah kakak sekaligus editor Yamada Elf. Dia adalah seorang yg di siplin dan terlihat serius. Meski begitu dia adalah orang yg baik dan sangat peduli terhadap Elf. Merasa bersalah terhadap adiknya di masa lalu, Chris selalu mencoba melakukan yg terbaik untuknya. Pengisi suara; Yamashita Seiichirou.

Musik ( 7.5/10 )


Opening Theme:
#1: “Hitorigoto (ヒトリゴト)” by ClariS

Ending Theme:
#1: “Hitorigoto (ヒトリゴト)” by ClariS (ep 1)
#2: “adrenaline!!!” by TrySail (ep 2-7, 9-12)
#3: “Natsu-iro Koi Hanabi (夏色恋花火)” by Fujita Akane (ep 8)

Keseluruhan ( 7.3/10 )


Secara keseluruhan anime ini cukup baik dan menghibur. Alur yg diberikan cukup lucu dan menarik. Karakternya juga tidak terlalu membosankan. Untuk komedinya sendiri ane rasa cukup lucu dan menghibur. Romance nya tidak terlalu kental. Mengutamakan drama dan comedy.

Buat kamu yg suka cerita mengenai seorang Hikikomori juga mampu mencoba menonton anime yg satu ini. Sagiri di sini merupakan seorang (hikikomori) penyendiri yg menarik diri dari orang-orang dan dunia luar, benar-benar mencerminkan seorang hikikomori. Dia benar-benar tidak terbiasa berada di (keramaian) antara orang-orang. Jangankan untuk keluar rumah, keluar kamarnya saja membutuhkan persiapan diri yg matang dan mental yg kuat.

Quotes: “Dengar, gua mungkin kalah, tapi bukan berarti kau menang. Lain kali, gua akan menang!” -Yamada Elf