Review Anime: First Squad: The Moment of Truth


Detail:


Judul: First Squad: The Moment of Truth (ファーストスクワッド)
Genre: Action, Demons, Historical, Military, Supernatural
Rating: R – 17+
Rilis: 13 May 2009
Sumber Cerita: Original
Tipe: Movie
Episode: 1
Durasi: 1 jam. 13 min.
Status: Selesai
Studio: Studio 4°C
Produser: Eiko Tanaka, Misha Shprits, Aljosha Klimov
Lisensi: Anchor Bay Films

First Squad: The Moment of Truth (ファーストスクワッド) adalah film animasi yg dibuat dari kerjasama Studio 4°C dan Russia’s Molot Entertainment. Anime ini dibuat dengan cerita yg sebagiannya di ambil dari kisah nyata perang dunia II berhubungan perlawanan Uni Soviet terhadap Jerman yg ditulis dan disutradarai oleh Misha Shprits dan Aljosha Klimov, desain karakter oleh Hirofumi Nakata, dan musik oleh DJ Krush. Anime ini berhasil mendapat penghargaan dari surat kabar Kommersant.

Synopsis:

Negara-negara Eropa Barat jatuh dibawah serangan dari pasukan Jerman. tetapi di Eropa Timur, Uni Soviet bertahan dari serangan pasukan Nazi. Pertempuran sengit tak terhindarkan di seluruh wilayah bagian Timur menyebabkan kedua belah pihak mengalami kerugian besar. Kedua pihak ingin mencapai satu tujuan, bahwa kemenangan. Kemenangan dengan segala cara.

First Squad pun di bentuk sebelum perang dunia II di bagian Timur dimulai. Unit khusus yg berisikan sekelompok remaja Uni Soviet dengan kemampuan luar biasa ini di bentuk untuk melawan tentara Jerman yg menyerang. tetapi kelompok ini dihancurkan begitu saja oleh serangan mendadak pasukan Jerman, Ahnenherbeni, yg hanya menyisahkan satu anggota bernama Ruslanova Nadya yg berhasil selamat dari serangan tersebut.

Nadya kini harus berjuang untuk melawan pasukan Jerman, Ahnenherbeni yg bahwa bagian dari pasukan Schutzstaffel (SS). Pasukan Salib Suci yg mempunyai kekuatan untuk membangkitkan arwah dari Baron von Wolff dan pasukannya yg bahwa tentara Salib Suci abad ke 12 yg mempunyai dendam sangat besar terhadap Uni Soviet dan menjadikannya sekutu pasukan Nazi.

Cerita ( 6.1/10 )

Awal cerita dimulai ketika Nadya dikirim ke garis depan dengan menyamar sebagai anggota rombongan hiburan, tetapi ternyata disana terdapat serangan mendadak yg dilakukan oleh tentara jerman, yg membuatnya harus kehilangan ingatannya.

Nadya yg berhasil selamat, berusaha menjauh dari tempat tersebut sampai akhirnya pingsan. Dia mengingat sebagian berhubungan masa lalunya, dimana dia dan teman-temannya yg pergi melakukan banyak hal bersama dan ingat kalau ternyata teman-temannya sudah mati karena serangan mendadak yg dilakukan oleh tentara jerman. Ingatan akan teman-temannya membuatnya sadar kalau dia harus tetap hidup dan tidak boleh menyerah sampai disini.

Nadya yg saat itu terbangun, tidak tahu samasekali siapa dirinya dan dimana dia berada sekarang. Disana hanya ada seorang kakek tua yg ternyata membawa dan menyelamatkannya. Ketika kakek tersebut sedang melihat buku mengenai teori akan kembalinya Baron von Wolff dari kematiannya, Nadya yg tidak sengaja melihatnya sontak berkata kalau dia sempat melihat orang yg sama di buku tersebut dalam mimpinya. Kemudian kakek tersebut menjelaskan kepada Nadya berhubungan kebenaran akan kebangkitan arwah Baron von Wolff, dimana itu membuatnya terkejut.

Keberadaan Nadya yg sudah diketahui oleh tentara jerman dan mengirimkan dua orang tentara untuk membunuhnya, membuat kakek tersebut harus melawannya agar Nadya bisa pergi dengan selamat. Kakek tersebut menyuruh Nadya untuk pergi ke Moskow dan bertemu dengan Jenderal Belov di Kremlin, dimana dia akan menjelaskan semua berhubungan dirinya.

Nadya yg berhasil sampai ke Moskow seorang diri akhirnya bertemu dengan jenderal Belov. Disana dia dijelaskan mengenai berhubungan siapa dirinya dan situasi yg harus dihadapinya. Nadya yg ternyata punya misi berbahaya membuatnya sedikit tidak percaya kalau ternyata dirinya bagian dari tentara Uni Soviet dan bahwa bagian dari pasukan First Squad, unit khusus.

Jenderal Belov yg bercerita mengenai kedua orang tua dan teman-temannya, membuat Nadya memutuskan untuk menjalankan misi tersebut, dimana ternyata dirinya adalah satu-satunya orang yg bisa menggagalkan kebangkitan terlebih mengalahkan arwah Baron von Wolff dan pasukannya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.7/10 )


First Squad: The Moment of Truth mempunyai grafis dengan kualitas gambar yg baik, sehingga enak untuk ditonton.

Karakter ( 7/10 )
#1 Ruslanova Nadya


Ruslanova Nadya adalah tokoh utama dalam cerita. Dia bahwa salah satu anggota dari First Squad, unit khusus tentara Uni Soviet, dan senjatanya adalah katana. Lahir dari orang tua yg bahwa anggota sirkus Moskow, sekarang dia direkrut oleh sekolah khusus militer. Di sana dia diberikan pelatihan okultisme-militer, bersama dengan teman-temannya dia berhasil menjadi bagian First Squad. Dia mempunyai kemampuan supernatural, bahwa melihat masa depan yg membuatnya harus menjalankan misi berbahaya. Pengisi suara; Morris Cassandra Lee.

#2 Leo


Leo yg bahwa anggota dari First Squad, dia adalah penembak jitu terbaik dan senjatanya adalah sniper rifles. Kemampuannya dalam berpikir dan mengambil keputusan yg bijak membuatnya dihormati dan dipercayai oleh rekan-rekannya. Pengisi suara; Morris Joey.

#3 Valya


Valya yg bahwa anggota dari First Squad, dia adalah anggota termuda dan seorang teknisi, senjatanya adalah sub-machine gun. Terlihat kalau dia selalu mengenakan helm tank. Pengisi suara; Papenbrook Bryce.

#4 Zina


Zina yg bahwa anggota dari First Squad, dia adalah anggota yg cukup kompeten dan berbakat, senjatanya adalah flame-thrower. Pengisi suara; Keranen Carrie.

#5 Marat


Marat yg bahwa anggota dari First Squad, dia mempunyai pengetahuan luas berhubungan sejarah okultisme dan berpengalaman dalam pertempuran jarak dekat, senjatanya adalah heavy machine-gun. Pengisi suara; Oliver Tony.

#6 Baron von Wolff


Baron von Wolff yg bahwa pasukan salib suci yg sempat menyerang Uni Soviet pada abad 12 lalu, mengalami kekalahan yg cukup telak, yg membuatnya berjanji akan kembali suatu hari nanti untuk balas dendam. Dikatakan kalau dia dan pasukannya akan kembali lagi setelah 700 tahun berlalu menggunakan sihir hitam. Sekarang dia berhasil dibangkitkan kembali dan harus berhadapan dengan Nadya, satu-satunya manusia yg mampu mengalahkannya. Pengisi suara; Phineas.

Musik ( 6/10 )


Opening Theme:
#1: “Valor” by DJ Krush

Ending Theme:
#1: “Blade Wind” by DJ Krush

Keseluruhan ( 6.1/10 )

Secara keseluruhan anime ini tidaklah terlalu buruk. Alur cerita di dalamnya mungkin kurang menarik dan sedikit membosankan ketika ditonton, juga karakternya. tetapi anime ini mengandung beberapa nilai sejarah dan pengetahuan berhubungan perang dunia II tepatnya antara Uni Soviet dan Jerman. Anime ini tidak cocok buat kamu yg suka anime dengan cerita yg bisa menarik perhatian di awal, terlebih yg terdapat aksi-aksi keren di dalamnya. Anime ini cocok buat kamu yg menyukai cerita cepat di dalamnya, cerita yg tidak memakan banyak waktu dan tidak bertele-tele menuju garis besar atau pokok permasalahan, dan tentunya buat kamu yg suka dengan sejarah.