Review Anime: Fullmetal Alchemist: Brotherhood



Detail:

Judul: Fullmetal Alchemist: Brotherhood (鋼の錬金術師)
Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy, Magic, Military, Shounen
Rating: R – 17+
Rilis: 5 April 2009 – 4 Juli 2010, (Spring 2009)
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 64
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Bones
Produser: Aniplex, Square Enix, Mainichi Broadcasting System, Studio Moriken
Lisensi: Funimation, Aniplex of America


Fullmеtаl Alсhеmіѕt: Brоthеrhооd (鋼の錬金術師 Hagane nо Rеnkіnjutѕuѕhі) mеruраkаn ѕеbuаh mаngа karya Hіrоmu Arаkаwа. Dіtеrbіtkаn dаlаm mаjаlаh manga Mоnthlу Shоnеn Gаngаn ѕеjаk tаhun 2002 dаn dаlаm bеntuk tankobon оlеh Sԛuаrе Enіx. Mеndараt аdарtаѕі ѕеrіаl аnіmе tеlеvіѕі уg dіѕutrаdаrаі оlеh Sеіjі Mіzuѕhіmа, dаn dірrоdukѕі оlеh ѕtudіо Bones.

Synopsis:

Edwаrd Elric dаn Alрhоnѕе Elric, duа bеrѕаudаrа уg memiliki kеmаmрuаn аlkеmіѕ (аhlі kіmіа), kemampuan untuk memperoleh ѕеѕuаtu dеngаn реrtukаrаn уg setara, mеnсоbа mеnghіduрkаn kеmbаlі іbunуа уg ѕudаh mеnіnggаl. tарі, uѕаhа mеrеkа gаgаl. Mereka hаruѕ mеmbауаr harga уg ѕаngаt mаhаl untuk іtu, уg dіѕеbut dеngаn “bіауа mаѕuk” kаrеnа mеlаkukаn trаnѕmutаѕі mаnuѕіа, hаl tаbu dаlаm аlkіmіа. Edwаrd kеhіlаngаn kaki kіrіnуа, dаn Alрhоnѕе kеhіlаngаn tubuh fіѕіknуа. Dаlаm kеаdааn раnіk dan рutuѕ аѕа, Edwаrd mеngоrbаnkаn lеngаn kаnаnnуа untuk mеmіndаhkаn jіwа Alрhоnѕе kеdаlаm bаju zіrаh.

Dі tengah kерutuѕаѕааnnуа, kоlоnеl Rоу Muѕtаng уg bаhwа аlkеmіѕ negara mendatangi dаn mеnаwаrkаn Edwаrd untuk mеnjаdі alkemis nеgаrа. Sеtеlаh mеmреrtіmbаngkаn kеuntungаn mеmреrоlеh berbagai hаk іѕtіmеwа ѕеhіnggа dіа mаmрu mеnуеlіdіkі dаn mеnсаrі саrа untuk mеngеmbаlіkаn tubuh mеrеkа, Edwаrd mеnеrіmа tаwаrаn іtu. Tаngаn dаn kаkі Edwаrd рun diganti dеngаn аutоmаіl. Setelah іtu, Edward mеngіkutі tеѕ ujіаn аlkеmіѕ nеgаrа dаn luluѕ ѕеbаgаі аlkеmіѕ nеgаrа tеrmudа dаlаm ѕеjаrаh dаn mеndараtkаn julukаn Fullmеtаl Alсhеmіѕt. Bеrѕаmа dеngаn аdіknуа, Alрhоnѕе, dіmulаіlаh реtuаlаngаn mеrеkа guna mеnсаrі саrа untuk mеngеmbаlіkаn tubuh mеrеkа.



Cerita ( 9.1/10 )


Tiga tahun setelah Ed menjadi alkemis negara, dia dan Al, adiknya, mendapat kabar mengenai batu merah bertuah yg mampu mengembalikan tubuh mereka yg hilang. Mereka yg mengetahui hal itu memutuskan untuk mencari keberadaan batu merah bertuah tersebut, dari melakukan penyelidikan sampai penelusuran pun mereka lakukan.


Awal cerita dimulai ketika Elric bersaudara sedang berada di kota Central, Amestris. Disana mereka harus bertarung dengan seorang alkemis negara yg memberontak, yg menganggap kalau tentara dan negara disini di isi dan dipimpin oleh orang-orang yg busuk. Dengan bantuan mayor Amstrong dan rencana penyergapan yg dilakukan oleh kolonel Mustang, mereka berhasil memojokkan dan menggagalkan rencana musuh dan membuatnya melarikan diri. akantetapi, King Bradley yg seorang Fuhrer (pemimpin negara), berhasil menemukan dan mengalahkannya seorang diri.


Setelah meninggalkan kota Central, Ed bersama dengan Al pergi ke kota Lior untuk bertemu dengan pendeta yg dikabarkan mempunyai batu merah bertuah. Setibanya di kota Lior, mendengar berkenaan apa yg dilakukan pendeta tersebut dari masyarakat sekitar membuat Ed kesal dan tidak percaya, lalu memutuskan untuk menemui pendeta tersebut dan membongkar semuanya. Pencarian batu merah bertuah mereka di kota Lior tidak mampu dikatakan berhasil, juga tidak mampu dikatakan gagal. tapi mereka sedikit kecewa karena hasilnya tidak seperti yg mereka harapkan.


Kembalinya mereka ke kota Timur, markas dimana mereka ditempatkan. Mereka membuat laporan kepada kolonel Mustang dan menceritakan apa yg sudah terjadi disana. Mereka juga diberikan informasi oleh kolonel Mustang berkenaan alkemis negara yg mampu menciptakan Chimera, yg membuat Ed penasaran tentangnya dan memutuskan untuk menemuinya. Ed berpikir mungkin dia mampu menemukan sesuatu untuk mengembalikan tubuh mereka seumpama bertemu dengannya. akantetapi, tidak seperti yg dibayangkan sebelumnya, pertemuan dengannya menyadarkan dan membuat Ed dan Al kehilangan akan sesuatu yg berharga. Menunjukkan kalau mereka masih harus berjuang lebih keras untuk menjadi lebih baik lagi.


Ed dan Al yg saat itu diserang oleh seseorang yg tidak dikenal, membuat mereka berdua harus terpaksa melawan, malahan sampai membuat mereka terpojok dan dalam keadaan yg sulit dan berbahaya. Ed yg saat itu berada dalam kondisi dimana dia harus mengambil keputusan. Membuat Al marah kepadanya karena mengambil keputusan yg menurutnya salah. Mereka yg selamat karena kedatangan kolonel Mustang bersama dengan pasukannya yg tepat pada waktunya berhasil membuat musuh terpojok sampai akhirnya memutuskan melarikan diri. Ed yg meminta penjelasan mengenai orang yg menyerangnya tersebut kepada kolonel Mustang. Kemudian dia menceritakan kalau dulu sempat terjadi perang saudara Isvhal yg melibatkan alkemis negara dengan orang-orang Ishval. Perang saudara tersebut sudah bagaikan ajang pembantaian, dimana banyak orang-orang Isvhal yg mati dengan mudahnya karena kemampuan yg dimiliki oleh alkemis negara. Kemungkinan kalau orang tersebut merupakan orang Ishval yg mempunyai perasaan dendam yg sangat kuat terhadap alkemis negara dan mencoba membalas dendam. Mendengar hal tersebut membuat Ed kesal karena menurutnya itu merupakan hal yg konyol. Apapun alasannya, membunuh seseorang begitu saja dengan mudahnya merupakan hal yg salah. Begitulah Ed berpikir.


Roy Mustang yg kala itu ikut dalam perang saudara Isvhal dan mendapat julukan pahlawan, membuatnya tidak senang sama sekali. Menurutnya perang Isvhal hanyalah pembantaian sepihak. Tidak hanya dia, mayor Amstrong, letnan pertama Riza Hawkeye, dan letnan kolonel Maes Hughes yg ikut andil dalam perang Isvhal juga merasakan apa yg dirasakan oleh kolonel Musteng, percaya kalau perang saudara Isvhal merupakan hal yg salah, dan itu lebih terlihat seperti pembantaian sepihak saja. Mustang yg tidak mampu berbuat banyak dan hanya mampu mengikuti perintah membuatnya lebih tidak suka dan marah kepada dirinya sendiri. Sejak saat itu dia berambisi untuk menjadi Fuhrer (pemimpin negara) untuk mengubah negara dan membawanya pada jalur perdamaian. Keinginan dan tekadnya yg begitu kuat membuatnya dipercaya oleh orang-orang disekitarnya, termasuk mereka bertiga yg akan melakukan apa saja untuk membantu Mustang menjadi Fuhrer.


Ed yg saat itu sedang melakukan perjalanan bersama mayor Amstrong, bertemu dengan dokter Marcoh, dokter yg sempat terlibat dalam penelitian dan pembuatan batu tersebut, yg mengetahui rahasia dibaliknya. Dia membagikan petunjuk kepada Ed berkenaan batu merah bertuah tersebut, dan menyuruhnya untuk melihat kebenaran dibalik kebenaran dari batu merah bertuah dengan sendirinya, tanpa memberitahukan lebih dalam lagi berkenaan batu tersebut kepadanya.


Ed yg berhasil mendapatkan petunjuk tersebut langsung mencari tahu bersama dengan Al dan menemukan sesuatu yg mengejutkannya, yg membuatnya tidak percaya, dan marah karenanya. Mereka pun memutuskan untuk pergi ke tempat dimana diduga sempat dijadikan tempat pembuatan batu merah bertuah. Disana mereka bertemu dan bertarung dengan musuh yg sama seperti Al, jiwa yg disegel didalam baju zirah. Al yg saat itu sedang bertarung dengan salah satunya, mendengar perkataan dari musuhnya membuatnya ragu dan bimbang pada dirinya, dan membuatnya selalu memikirkan perkataannya tersebut. Ed yg berhadapan dengan salah satunya juga, hampir berhasil mendapatkan informasi yg sangat begitu penting yg berhubungan dengan cara mengembalikan tubuhnya yg hilang. akantetapi, sebelum mendengar hal penting tersebut, dia harus berhadapan dengan musuh lainnya yg lebih berbahaya. Mereka menyebut dirinya sebagai Homunculus. Homunculus ini membiarkan Ed tetap hidup dan mengatakan kalau dia dan adiknya, Al, merupakan sesuatu yg penting bagi mereka.


Homunculus mempunyai kemampuan regenerasi yg sangat cepat, meraka harus membunuhnya sebanyak mungkin untuk membuat homunculus benar-benar terbunuh. Diluar itu, mereka juga mempunyai kemampuan yg beraneka-ragam yg mampu menyulitkan Ed dan yg lainnya.


Pencarian batu merah bertuah yg dilakukan Ed dan Al, membawa mereka kepada sesuatu yg lebih besar. Ed, Al, batu merah bertuah, dan homunculus ternyata saling terhubung yg membawa mereka kepada sesuatu yg lebih besar, yg mampu menyebabkan masalah yg serius, dan juga berkenaan bagaimana cara mendapatkan tubuh mereka kembali. Membuat Ed, Al, dan pasukan kolonel Roy Mustang terlibat dalam pertempuran dengan homunculus.


Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )



Fullmetal Alchemist: Brotherhood mempunyai grafis dengan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.


Karakter ( 8.3/10 )


#1 Edward Elric



Edward Elric bahwa alkemis negara termuda yg sempat ada dan diakui oleh militer negara Amestris. Dia malahan mendapat julukan Fullmetal Alchemist. Tujuan utamanya menjadi alkemis negara merupakan untuk mencari cara mengembalikan tubuh adiknya, Alphonse, yg hilang karena melakukan transmutasi manusia yg bahwa hal tabu dalam alkimia. Ed bahwa seseorang yg mudah terpancing emosinya, dan dia memiliki tubuh yg pendek yg membuatnya marah seumpama ada yg memanggilnya pendek. Meskipun tubuhnya pendek dengan kaki kiri dan lengan kanannya yg terbuat dari automail, kemampuannya dalam bertarung sangatlah berpengalaman dan itu tidak mempengaruhinya sama sekali. Meskipun juga sekali-kali terlihat kekanak-kanakan, Ed merupakan orang yg cerdas dan jenius, malahan kemampuannya dalam meneliti alkimia terbilang sangat baik dan terlihat kalau dia seperti profesor. Dia juga bahwa orang yg mau membantu mereka yg sedang kesusahan, dan melakukannya tanpa pamrih. Pengisi suara; Park Romi.


#2 Alphonse Elric



Alphonse Elric merupakan adik Edward. Dia kehilangan tubuh fisiknya karena melakukan transmutasi manusia bersama dengan kakaknya. Jiwanya dimasukkan kedalam baju zirah oleh kakaknya, ini membuat Al tidak mampu makan dan tidur. Al merupakan seseorang yg lembut dan baik. Karena bentuk tubuhnya yg bahwa baju zirah, dan memiliki tubuh yg tinggi, Al seringkali dianggap sebagai Fullmetal Alchemist oleh orang-orang yg baru ditemuinya. Dia mempunyai kebiasaan mencatat daftar makanan yg nantinya seumpama tubuhnya sudah kembali, dia ingin memakannya. Pengisi suara; Kugimiya Rie.


#3 Winry Rockbell



Winry Rockbell merupakan teman masa kecil Ed dan Al. Dia merupakan ahli mekanik automail, dan juga bahwa orang yg membuatkan Ed automail. Dia merupakan orang yg sangat serius seumpama itu berhubungan dengan automail, dia juga baik dan sangat peduli terhadap Ed dan Al. Terlihat kalau dia menyukai Ed. Pengisi suara; Takamoto Megumi.


#4 Roy Mustang



Roy Mustang merupakan kolonel yg juga bahwa alkemis negara. Dia bahwa salah satu alkemis negara terkuat di Amestris, Flame Alchemist (alkemis api). Dia juga orang yg telah memberi harapan kepada Elric bersaudara di saat mereka pasrah dengan keadaannya pada saat setelah melakukan transmutasi manusia untuk menghidupkan ibunya. Kata-katanya berhasil membagikan Ed harapan dan membuatnya mengambil keputusan berkenaan bagaimana rencana dia kedepannya. Dia merupakan orang yg sangat cerdas dan hampir selalu selangkah lebih maju dari lawan-lawannya, dan mengendalikan situasi. Dia berambisi untuk menjadi Fuhrer (pemimpin negara). Kemampuan dan caranya berpikir, dan bagaimana dia bertindak untuk melindungi negaranya, membuatnya mendapat kesetiaan yg kuat dari teman-teman baiknya. Dia mempunyai hubungan yg sangat erat dan akrab dengan semua bawahannya. Terlapas dari itu, terlihat kalau dia sangat dekat dengan Riza Hawkeye. Pengisi suara; Miki Shinichiro.


#5 Riza Hawkeye



Riza Hawkeye merupakan letnan pertama yg juga bahwa penembak jitu dan bawahan Roy Mustang yg paling dipercaya. Dia melakukan banyak tugas yg terlalu malas dikerjakan oleh Mustang. Bertindak sebagai asisten pribadinya, dan melindunginya dari bahaya. Dia merupakan orang yg mencegah dan memarahi Mustang ketika dia melakukan hal aneh dan tak terduga, dan ketika dia membiarkan emosi mengendalikannya. Dia juga memiliki seekor anjing yg diberi nama Black Hayate, yg sangat membantunya dalam melakukan tugas-tugasnya. Dia merupakan orang yg baik dan sangat peduli terhadap Mustang. Terlihat kalau dia sangat dekat dengan Mustang. Pengisi suara; Orikasa Fumiko.


#6 Maes Hughes


Maes Hughes merupakan mayor yg bekerja di pisi investigasi dan akhirnya menjadi letnan kolonel yg ditempatkan di Central, yg juga bahwa teman baik Roy Mustang. Mereka sudah berteman baik sejak masih di akademi militer. Dia juga banyak membantu Roy Mustang dalam melakukan penyelidikan dan pencarian informasi yg dibutuhkan, dan akan melakukan apapun untuk membantunya mencapai tujuannya. Dia merupakan orang yg sangat mencintai keluarganya, malahan seringkali memarkan poto anak perempuannya dan membicarakan keluarganya kepada teman-temannya terutama Roy Mustang. Dia juga orang yg cerdas, baik dan mau membantu mereka yg kesusahan, malahan dia membiarkan Al dan Ed, orang yg baru ditemuinya untuk menginap dirumahnya. Meskipun banyak bekerja di depan meja, kemampuan bertarungnya tidaklah buruk, terutama ketika dia menggunakan senjata api dan pisau. Pengisi suara; Fujiwara Keiji.


#7 Alex Louis Armstrong



Alex Louis Armstrong merupakan mayor yg juga bahwa alkemis negara. Dia merupakan orang yg benar-benar baik dan lembut, tidak cocok dengan kebijakan militer yg “semena-mena dan tidak mengenal belas kasihan”. Meskipun begitu, dia juga bahwa orang yg tidak segan-segan ketika menghadapi musuhnya. Dia juga cenderung memiliki kebiasaan memamerkan otot-ototnya dan teknik keluarga yg diturunkan kepadanya. Dia juga bahwa salah seorang yg mendukung Roy Mustang. Pengisi suara; Utsumi Kenji.


#8 Scar



Scar merupakan nama panggilan yg diberikan padanya oleh orang-orang militer. Dia merupakan orang Isvhal yg membuang nama dan masa lalunya. Dia mempunyai dendam kuat terhadap alkemis negara Amestris, yg telah membantai orang-orangnya. Dia memburu dan membunuh setiap alkemis negara yg ditemuinya di kota Central, Amestris. Dia bahwa salah satu musuh yg harus dihadapi oleh Ed dan yg lainnya. Pengisi suara; Miyake Kenta.


#9 Envy



Envy merupakan salah satu homunculus yg diciptakan dari rasa iri hati, yg bahwa salah satu musuh yg harus dihadapi oleh militer negara. Dia mempunyai kemampuan berubah bentuk yg mampu menyerupai seseorang malahan suaranya. Dengan kemampuannya dia seringkali membuat Ed dan yg lainnya bingung dan bocornya informasi. Envy dan homunculus lainnya sangat membenci manusia. Pengisi suara; Takayama Minami.


Musik ( 8.2/10 )


Opening Theme:
#1: “again” by YUI (eps 1-14)
#2: “Hologram (ホログラム)” by NICO Touches the Walls (eps 15-26)
#3: “Golden Time Lover (ゴールデンタイムラバー)” by Sukima Switch (eps 27-38)
#4: “Period” by Chemistry (eps 39-50)
#5: “Rain (レイン)” by SID (eps 51-62)


Ending Theme:
#1: “Uso ()” by SID (eps 1-14)
#2: “LET IT OUT” by Miho Fukuhara (eps 15-26)
#3: “Tsunaida Te (つないだ手)” by Lil’B (eps 27-38)
#4: “Shunkan Sentimental (瞬間センチメンタル)” by SCANDAL (eps 39-50)
#5: “RAY OF LIGHT” by Nakagawa Shouko (eps 51-62)
#6: “Rain (レイン)” by SID (eps 63)
#7: “Hologram (ホログラム)” by NICO Touches the Walls (eps 64)


Keseluruhan ( 9.1/10 )



Secara keseluruhan anime ini sangat baik. Alur cerita yg diberikan sedikit rumit dan terbelit-belit. akantetapi, ceritanya sangat menarik dan tidak membosankan, malahan membuat penasaran berkenaan bagaimana kelanjutannya. Pertarungan yg disajikan juga tidak kalah seru dengan ceritanya. Dan yg membuat anime ini lebih menarik merupakan karakter didalamnya, benar-benar menghibur dan tidak membosankan, terutama Ed dan kolonel Roy Mustang, kamu pasti suka. Belum lagi bagaimana cara kolonel Roy Mustang menyusun rencana yg selalu berada selangkah di depan musuh-musuhnya. Mungkin kamu awalnya sedikit tidak terbiasa dengan penggambaran karakter yg tidak seperti anime sekarang ini, tapi kamu akan terbiasa dan akan melihat kalau penggambaran karakternya tidaklah buruk malahan baik. Komedinya juga tidak kalah menghibur dengan aksi-aksi didalamnya, cukup menghibur dan membuat tertawa.


Anime ini cocok buat kamu yg suka cerita petualangan dengan aksi dan komedi didalamnya, dengan tokoh utama yg cerdas dan jenius tetapi mempunyai tingkah yg sekali-kali ceroboh, konyol, bodoh, dan kekanak-kanakan. Tokoh utama ceweknya yg hampir terlihat marah setiap kali bertemu, tapi sebenarnya baik, peduli, dan perhatian. Dan tokoh-tokoh menarik lainnya, terutama Roy Mustang, kamu pasti suka. malahan gua menonton anime ini tidak sampai seminggu untuk menyelesaikannya, karena ceritanya yg memang membuat penasaran akan kelanjutannya.


Quotes: “Sebuah perjalanan tanpa rasa sakit takkan ada artinya. Karena manusia tidak mampu mendapatkan apapun tanpa mengorbankan sesuatu. Tapi ketika mereka mampu melakukan hal itu, manusia akan mendapatkan hati baja yg lebih keras dari apapun” -Edward Elric