Review Anime: Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Detail:

Judul: Gekkan Shoujo Nozaki-kun (月刊少女野崎くん)
Genre: Comedy, Romance, School
Rating: PG-13 – Teens 13 or older
Rilis: Summer 2014, 7 Juli – 22 September
Sumber: 4-koma manga
Tipe: TV
Episode: 12 + Spesial (6)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Doga Kobo
Produser: TV Tokyo, Frontier Works, Media Factory, AT-X, Sony Music Communications
Lisensi: Sentai Filmworks

Gekkan Shoujo Nozaki-kun (月刊少女野崎くん) merupakan manga empat panel bergenre komedi romantis yg ditulis dan digambar oleh Tsubaki Izumi. Setiap babnya yg diunggah secara berseri di Gangan Online telah diterbitkan oleh Square Enix di majalah Shoujo Romance Girly. Diadaptasi menjadi serial anime televisi yg ditulis oleh Nakamura Yoshiko, diubah oleh Hashimoto Yukari bersama Media Factory, dan diproduksi oleh studio Doga Kobo.


Synopsis:

Sakura Chiyo merupakan gadis SMA yg telah lama memperhatikan dan jatuh cinta kepada teman satu sekolahnya, Nozaki Umetarou. tetapi, saat Sakura menyatakan cintanya kepada Nozaki, Nozaki salah paham dan mengira Sakura sebagai seorang penggemarnya lalu memberinya sebuah tanda tangan. Saat Sakura mengatakan ingin selalu berada bersama Nozaki, Nozaki malah mengajak Sakura untuk ikut kerumahnya. Sakura yg diminta untuk membantunya menggambar beta manga, akhirnya menyadari kalau Nozaki sebenarnya seorang mangaka shojo terkenal dengan nama pena Yumeno Sakiko. Semua kesalahpahaman yg terjadi menyebabkan Sakura menjadi salah satu asisten manga Nozaki. Kedekatan mereka berdua selama membuat manga, membuat mereka mengenal dan berteman dengan orang-orang yg unik, yg menyebabkan banyak kejadian-kejadian lucu.

Cerita ( 8/10 )

Awal cerita dimulai ketika Sakura Chiyo, gadis SMA, yg menyatakan cintanya kepada teman satu sekolahnya, Nozaki Umetarou. tetapi, saat Sakura menyatakan cintanya kepada Nozaki, Nozaki salah paham dan mengira Sakura sebagai seorang penggemarnya lalu memberinya sebuah tanda tangan. Saat Sakura mengatakan ingin selalu bersama Nozaki, Nozaki malah mengajak Sakura untuk ikut kerumahnya. Sakura yg diminta untuk membantunya menggambar beta manga, akhirnya menyadari kalau Nozaki sebenarnya seorang mangaka shojo terkenal dengan nama pena Yumeno Sakiko, penulis dari manga shojo terkenal berjudul Koi Shi Yo yg kebetulan Sakura juga mempunyai dan membaca karya manganya.

Keesokan harinya, Sakura yg bertemu dengan Nozaki yg sambil membawa manga buatannya, Koi Shi Yo. Bertanya kepada Nozaki untuk memastikan kalau dia benar-benar Yumeno Sakiko, dan ternyata benar. Disekolahnya, termasuk Sakura, hanya ada beberapa orang saja yg mengetahui kalau Nozaki merupakan mangaka shojo terkenal. Bukan menyembunyikannya, tetapi ketika Nozaki memberitahukan kepada teman-temannya kalau dialah orang yg membuat manga yg berjudul Koi Shi Yo, mereka tidak mempercayainya. Dimana diketahui kalau manga yg berjudul Koi Shi Yo merupakan manga romantis yg mampu membuat pembacanya ikut merasakannya, sedangkan Nozaki sendiri merupakan orang yg sangat polos dan terbuka, yg mengatakan dan melakukan apa saja yg ada dipikirannya tanpa rasa malu sedikitpun, dan yg paling penting merupakan Nozaki sendiri merupakan orang yg sangat tidak peka terhadap yg namanya cinta, apalagi dia belum sempat merasakan jatuh cinta untuk pertama kalinya.

Semua kesalahpahaman yg terjadi di antara Sakura dan Nozaki menyebabkan Sakura menjadi salah satu asisten manga Nozaki. Kedekatan mereka berdua membuat mereka mengenal banyak orang unik yg menyebabkan banyak kejadian-kejadian lucu terjadi disekitar mereka. Sakura yg bahagia karena mampu dekat dan menghabiskan banyak waktu bersama Nozaki sebagai asistennya, membuatnya mengenal lebih dalam mengenai Nozaki, yg ternyata sangat berbeda dengan apa yg dipikirkan selama ini tentangnya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.9/10 )


Gekken Shoujo Nozaki-kun mempunyai grafis dan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 8/10 )

#1 Sakura Chiyo


Sakura Chiyo, murid kelas dua yg merupakan anggota dari klub seni disekolahnya. Sakura merupakan orang yg bersemangat dan nampak ceria, dia juga mudah berteman, ramah dan perhatian. apalagi dia berteman baik dengan Seo Yuzuki, gadis yg sering membuat orang-orang disekitarnya kesal padanya. Dia juga bingung dan tidak mampu mengatakan kepada orang yg dia kenalkan kepada Seo, mengapa orang-orang kesal kepadanya. Dia sudah lama memperhatikan dan suka kepada Nozaki. Kesalahpahaman ketika Sakura menyatakan cintanya kepada Nozaki menjadikannya asisten manga Nozaki. Sakura yg merupakan anggota klub seni juga menjadikannya salah satu alasan mengapa Nozaki menjadikannya asisten. Sebagai asisten Nozaki, Sakura bertugas menggambar beta pada manganya. Pengisi suara; Ozawa Ari.

#2 Nozaki Umetarou


Nozaki Umetarou merupakan mangaka shojo terkenal dengan nama pena Yumeno Sakiko, dan dia merupakan murid kelas dua yg satu sekolah dengan Sakura. Dia merupakan orang yg polos dan serius, yg mengatakan dan melakukan apa saja yg ada dipikirannya, yg membuatnya sekali-kali terlihat bodoh dan konyol. Dia menjadi sangat bersamangat seandainya berkaitan dengan manga, apalagi hidupnya tampak terlihat berputar di sekitar melakukan penelitian untuk menganya. Dia juga termasuk orang yg tidak peka terhadap yg namanya cinta, yg anehnya dia mampu membuat manga romantis berjudul “Mari Jatuh Cinta” yg mampu membuat pembacanya merasa nyaman dan ikut merasakannya. Meskipun dia tidak sadar akan perasaan Sakura sebenarnya terhadapnya, terlihat kalau dia menikmati kehadirannya dan sering menghabiskan waktu bersama-sama baik di sekitar ataupun di luar sekolah. Pengisi suara; Nakamura Yuuichi.

#3 Mikoshiba Mikoto

Mikoshiba Mikoto merupakan teman satu sekolah Sakura, murid kelas dua yg merupakan salah satu asisten dan teman terbaik Nozaki. Nozaki memanggilnya dengan nama Mikorin. Dia juga merupakan teman sekelas Kashima Yuu, yg dianggapnya sebagai saingannya. Mikoshiba merupakan orang yg menarik banyak perhatian gadis-gadis, dan dikagumi oleh para pria juga. akantetapi dalam kenyataannya, dia merupakan orang yg pemalu dan “tsundere”. Dia juga suka memuji dirinya sendiri ketika menggoda gadis-gadis, dan anehnya setelah dia memuji dirinya sendiri, dia malah menjadi malu karena kata-kata dan tindakan memuji dirinya sendiri tersebut. Dan ini merupakan alasan mengapa Nozaki memanggilnya Mikorin. Terlepas dari itu semua, Mikoshiba merupakan orang yg baik dan mau membantu siapa saja yg membutuhkannya meskipun awalnya karena mereka yg membutuhkan bantuannya memujinya. Tugasnya sebagai asisten Nozaki merupakan menggambar bunga, efek, dan aksesori untuk memunculkan pesona pada karakter manganya. Pengisi suara; Okamoto Nobuhiko.

#4 Seo Yuzuki


Seo Yuzuki merupakan teman satu sekolah, dia murid kelas dua dan juga teman sekelas Sakura. Dia merupakan anggota klub paduan suara, dan dia mempunyai suara yg sangat indah sehingga dia mendapat julukan sebagai “Lorelei”, penyihir yg memancing pelaut dengan suara indahnya, kemudian menghancurkannya. Dia merupakan orang yg mampu dengan mudah menyinggung perasaan seseorang. Dia bertindak dengan dorongan hati dan tidak pengertian terhadap orang lain. Dia benar-benar tidak peka terhadap perasaan orang-orang disekitarnya yg sering kali membuat mereka kesal padanya. Terlepas dari semua itu, Seo merupakan orang yg energik dan melakukan semuanya dengan penuh semangat. Dia juga baik dan mau menolong siapa saja yg membutuhkannya. Pengisi suara; Sawashiro Miyuki.

#5 Kashima Yuu

Kashima Yuu merupakan teman satu sekolah Sakura, dia murid kelas dua dan juga teman sekelas Mikoshiba Mikoto. Dia merupakan anggota klub drama, dan dia merupakan pangeran sekolah, meskipun dia perempuan. Dia sangat populer di kalangan gadis-gadis dan bermain-main dengan mereka. Ketika bersama para gadis, sifatnya yg mencerminkan layaknya seorang pangeran pun muncul. Dia sering menggoda gadis dan memanggil mereka, “hime” (putri). Kepopulerannya terhadap gadis-gadis membuatnya dianggap sebagai saingan oleh Mikoshiba. tetapi, dari nilai akademis, olahraga, dan tes keberanian semuanya mengalahkan Mikoshiba, kemudian setelah itu Mikoshiba menganggapnya sebagai teman. Memiliki nilai akademis dan olahraga yg bagus, kekurangannya hanyalah bernyanyi. Dia memiliki suara yg sumbang. Kashima sering mencari perhatian terhadap Hori, yg dipanggilnya dengan sebutan Hori-chan-senpai, yg merupakan ketua klub drama. Dia juga sering membolos latihan klub drama, dimana ini juga merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian Hori, dimana ketika dia membolos Hori pasti akan mencari dan menemukannya, lalu menyeretnya untuk ikut latihan. Kashima merupakan orang yg baik dan pengertian, dia juga selalu mencoba membuat Hori senang dengan berbagai macam cara, termasuk cara yg aneh dan konyol yg membuat Hori seringkali memarahinya. Pengisi suara; Nakahara Mai.

#6 Hori Masayuki

Hori Masayuki merupakan teman satu sekolah Sakura, dia merupakan murid kelas tiga yg merupakan ketua klub drama. Dia pandai berakting, tetapi berhenti karena tinggi badannya yg pendek. Dia sekarang bertanggung jawab atas properti dan bekerja dibalik layar. Dia menyerahkan bagian yg ditinggalkannya kepada Kashima, yg mempunyai postur badan ideal dan berakting yg sangat baik. Kashima selalu menyebabkan dia kesulitan, dimana dia sering membolos latihan dan melewatkan tugas klub. Dia sering menjemput Kashima yg membolos dan melarikan diri dari tanggung jawabnya di klub dengan cara yg cukup agresif. Meskipun terlihat kasar, dia sudah seperti seseorang yg menjaga, memperhatikan, dan menyayangi Kashima, meskipun dia sendiri sangat kesal dengannya. Dia juga merupakan salah satu asisten Nozaki yg bertanggung jawab atas latar belakang pada manganya. Pengisi suara; Ono Yuuki.

#7 Wakamatsu Hirotaka


Wakamatsu Hirotaka merupakan teman satu sekolah Sakura, dia merupakan murid kelas satu yg merupakan adik kelas dari mereka semua. Dia merupakan anggota klub bola basket, dan telah mengenal Nozaki sejak SMP karena mereka berada di klub basket yg sama. Dia dan klubnya melawan Seo dalam latihan pertandingan bola basket. Permainan Seo yg kasar dan tak mampu dihentikan, dan sering menabrak Wakamatsu membuatnya tidak mampu tidur memikirkan perbuatannya dan masa depan klub basketnya. Dimana diketahui kalau Seo hampir setiap hari datang untuk berlatih tanding dengan klub basketnya. Dia mampu tidur nyenyak setelah mendengar lagu dari Lorelei, dan menganggap kalau Lorelei merupakan penyelamat hidupnya, tanpa mengetahui identitas sebenarnya. Dia juga tahu kalau Nozaki merupakan seorang mangaka shojo terkenal, apalagi tanpa disadarinya ternyata dia mempunya bakat untuk menempelkan screentone pada manga dan ini membantu pekerjaan Nozaki. Wakamatsu merupakan orang yg baik, yg tidak suka perkelahian dan tidak ingin membuat seorang wanita menangis. Pengisi suara; Kimura Ryouhei.

Musik ( 7.7/10 )

Opening Theme:
#1: “Kimi ja Nakya Dame Mitai (君じゃなきゃダメみたい)” by Ooishi Masayoshi (大石昌良)

Ending Theme:
#1: “Ura Omote Fortune (ウラオモテ・フォーチュン)” by Sakura Chiyo (Ozawa Ari) (eps 1-11)

Keseluruhan ( 8.2/10 )

Secara keseluruhan anime ini sangat baik. Alur ceritanya menarik, permasalahan didalam cerita sangat ringan dan mudah diikuti, juga menghibur dan lucu, tidak membosankan. Karakter didalamnya juga sangat menghibur dan tidak membosankan, terutama Nozaki Umetarou dan Mikoshiba Mikoto, kamu pasti suka. Cerita didalamnya kental akan komedi. Cerita romantis didalamnya memang tidak banyak dan tidak terlalu menonjol. tetapi, ada beberada adegan yg cukup romantis didalamnya meski dibalut dengan adegan komedi.

Anime ini sangat cocok buat kamu yg suka cerita romantis komedi, terutama yg ceritanya lebih kental komedi dibandingkan romantisnya. Tokoh utama cowoknya yg tidak peka dan serius, akantetapi tampak bodoh karena kepolosannya dalam mengatakan dan melakukan apa saja yg ada dipikirannya.