Review Anime: Nisekoi

Detail:

Judul: Nisekoi (ニセコイ)
Genre: Harem, Comedy, Romance, School, Shounen
Rating: PG-13 – Teens 13 or older
Rilis: Winter 2014, 11 Januari – 24 Mai
Sumber: Manga
Tipe: TV
Episode: 20 + OVA (2)
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: Shaft
Produser: Aniplex, Mainichi Broadcasting System, Shueisha
Lisensi: Aniplex of America

Nisekoi (ニセコイ) yaitu sebuah serial manga Jepang karya Naoshi Komi. Diadaptasi menjadi sebuah serial anime televisi yg ditulis oleh Akiyuki Shinbo dan Fuyashi Tou, yg disutradarai oleh Naoyuki Tatsuwa dan Akiyuki Shinbo, dan diproduksi oleh Shaft.

Synopsis:
Ichijou Raku, seorang putra pemimpin sekaligus pewaris tunggal Yakuza, terpaksa harus berpura-pura berpacaran dengan putri pemimpin American Bee Hive Gang, Kirisaki Chitoge, untuk menghindari peperangan antar kedua geng. Sayangnya, kenyataan tidak berpihak kepada mereka berdua, dimana Raku dan Chitoge sudah saling membenci satu sama lain pada pertemuan pertama sebelum akhirnya mereka harus berpura-pura pacaran. Chitoge menganggap kalau dia yaitu orang yg menyedihkan, dan di mata Raku, Chitoge bagaikan gorila buas. Tanpa mereka sadari, kedekatan mereka berdua selama berpura-pura pacaran membuat mereka saling mengenal dan mengerti satu sama lain.

Cerita ( 7.7/10 )

Pada awal semester satu kelas sepuluh, seorang perempuan yg datang terlambat ke sekolah mencoba masuk dengan melompati pagar, sampai akhirnya menabrak Raku yg kebetulan berada dibalik pagar tersebut, membuat Raku terluka dan menjatuhkan liontin berharganya. Perempuan tersebut langsung meminta maaf sambil berlari meninggalkan Raku begitu saja.

Pada saat jam pelajaran, walikelas mereka, Hihara Kyouko, memberitahukan kalau hari ini mereka kedatangan murid pindahan baru, dan ketika murid pindahan tersebut masuk dan memperkenalkan kalau dirinya yaitu Kirasaki Chitoge, murid pindahan asal Amerika, membuat Raku terkejut dan langsung memarahinya karena ternyata murid tersebut yaitu orang yg menabraknya tadi. Kyouko-sensei yg menganggap kalau mereka sudah saling mengenal, menugaskan Raku untuk mengenalkan gedung sekolah kepada Chitoge. Raku dan Chitoge yg sama-sama tidak setuju dan mengejek satu sama lain, mau tidak mau harus tetap melakukannya karena perintah guru. Saat Raku menyadari liontinnya telah hilang, dia memarahi Chitoga lagi, meminta pertanggungjawaban atas kehilangan tersebut. Chitoge pun berjanji akan membantu mencarikan liontin tersebut sampai mampu. Chitoge yg bertanya mengenai liontin tersebut, Raku menjawab kalau liontin itu yaitu pemberian teman masa kecilnya yg sangat berharga, dimana liontin tersebut yaitu satu-satunya bukti berhubungan janjinya bersama teman masa kecilnya sepuluh tahun yg lalu, yg Raku sendiri tidak ingat siapa teman masa kecilnya tersebut.

Chitoge yg menganggap kalau Raku yaitu orang yg menyedihkan dan lembek seperti toge, dan di mata Raku, Chitoge terlihat seperti gorila buas dengan kekuatan yg dimilikinya. Setiap hari, saat mereka bertemu, mereka selalu bertengkar dan mengejek satu sama lain, yg membuat mereka terlihat dekat dan akrab dimata murid-murid lainnya. malahan rumor berhubungan mereka berpacaran pun tersebar, ini membuat mereka menjadi kesal dan semakin cepat mencarinya.

Tetapi pada suatu hari, Chitoge yg marah karena merasa lelah mencari dan menganggap remeh janji berhubungan liontin itu dan menganggap benda itu tak penting lagi. Mendengarnya, Raku pun membentak Chitoge dan menyuruhnya untuk berhenti membantu mencarinya lagi seandainya memang ini menyusahkan. Keesokan harinya, ketika Raku sedang mencarinya sendirian, tiba-tiba dia melihat Chitoge sedang berdiri di depannya dan melemparkan sesuatu kencang ke arah mukanya, ternyata benda yg dilemparkannya itu yaitu liontin yg selama ini dicari. Onodera, teman sekelas mereka yg kebetulan ada disana menceritakan kepada Raku kalau Chitoge sebenarnya mencarinya seharian penuh kemarin. Mendengarnya membuat Raku mulai tahu kalau sebenarnya dia yaitu orang yg baik, hanya saja tidak mampu jujur pada dirinya sendiri.

Ketika pulang, Raku yg dipangil ayahnya untuk membicarakan masalah serius, ternyata ingin menjodohkan Raku dengan putri pemimpin American Bee Hive Gang yg ialah teman ayahnya. Mendengarnya Raku pun terkejut dan tidak percaya, dimana Raku sendiri sudah mempunyai seseorang yg disukainya. Mendengar suara perempuan di balik pintu ketika dia sedang berbicara mengenai perjodohan dengan ayahnya, Raku menyadari satu hal, kalau suaru tersebut yaitu suara teman sekelasnya, Chitoge, dan ternyata benar. Raku yg terkejut begitu juga dengan Chitoge, tidak percaya kalau ternyata orang yg dijodohkan yaitu mereka berdua. Mereka yg sama-sama menentang dan tidak setuju dengan perjodohan tersebut akhirnya harus pasrah menyetujuinya setelah mendengar penjelasan dari ke dua orang tua mereka, kalau ini mereka lakukan untuk menghindari peperangan antar ke dua geng, Yakuza dan American Bee Hive. Mereka juga menjelaskan kalau perjodohan ini hanyalah sebatas kebohongan untuk meredam amarah antar ke dua geng. Mereka berdua diminta untuk berpura-pura pacaran dan bersikap romantis selama tiga tahun, ketika ada anggota ke dua geng yg melihat mereka berdua.

Selama berpura-pura pacaran, mereka yg selalu berdebat dan bertengkar mengenai hal tersebut, tanpa mereka sadari, mereka menjadi lebih dekat dan mengenal lebih dalam satu sama lain.

Grafis & Kualitas Gambar ( 8/10 )

Nisekoi mempunyai grafis dengan kualitas gambar yg baik dan menarik, sehingga enak untuk ditonton tentunya.

Karakter ( 7.8/10 )

#1 Ichijou Raku


Ichijou Raku yaitu anak dari pemimpin Yakuza. Dia memiliki karakter yg biasa saja, normal seperti orang pada umumnya. Baik hati dan suka membantu mereka yg sedang kesulitan, dia juga pandai memasak, malahan dia biasa membuatkan makan untuk para anggota Yakuzanya. Raku berharap suatu saat mampu terbebas dari kehidupan Yakuzanya. Dia bersahabat dengan Shuu, teman sekelasnya yg juga teman masa kecilnya. Dia menyukai Onodera Kosaki, teman sekelasnya. Pengisi suara; Uchiyama Kouki.

#2 Kirisaki Chitoge


Kirisaki Chitoge yaitu anak dari pemimpin American Bee Hive Gang. Ayahnya yaitu orang Amerika dan Ibunya orang Jepang. Dia pindah ke Jepang karena pekerjaan ayahnya. Dia memiliki karakter yg bersemangat dan penuh energik. Baik hati dan selalu tampak ceria, dia menjalani kehidupannya dengan penuh semangat. Dia juga penasaran dan selalu tertarik dengan sesuatu hal yg baru baginya. Sayang, dia bukanlah orang yg peka terhadap perasaannya sendiri. malahan sampai saat ini dia belum sempat merasakan yg namanya jatuh cinta. Pengisi suara; Touyama Nao.

#3 Onodera Kosaki


Onodera Kosaki yaitu teman sekelas Raku. Keluarganya membuka usaha berjualan makanan manisan jepang. Ahli dalam menghias makanan, dan cita rasanya terhadap makanan juga baik, anehnya dia tidak pandai memasak. Dia yaitu orang yg baik hati dan mau membantu yg sedang kesusahan. Bersahabat dengan Ruri sejak SMP, dia juga menyukai Raku sejak SMP, tetapi malu untuk mengungkapkan perasaanya. malahan dia sampai memilih untuk masuk SMA yg sama dengan Raku. Pengisi suara; Hanazawa Kana.


#4 Tsugumi Seishirou


Tsugumi Seishirou yaitu teman masa kecil sekaligus pengawal pribadi Chitoge. Datang jauh-jauh dari Amerika dan menjadi murid pindahan disekolah yg sama dengan Chitoge. Berpenampilan seperti seorang pria sering membuat orang-orang disekitarnya salah mengira kalau dirinya yaitu seorang pria. Baik hati dan sangat perhatian terhadap Chitoge. Dia malahan sangat tegas kepada orang-orang yg mengganggu Chitoge. Sama seperti Chitoge, dia juga belum sempat merasakan yg namanya jatuh cinta. Pengisi suara; Komatsu Mikako.

#5 Tachibana Marika


Tachibana Marika yaitu teman masa kecil Raku. Dia juga ialah murid pindahan yg datang kesekolah ketempat yg sama dengan Raku agar mampu bertemu dengannya setiap hari. Periang dan terbuka, dia secara terang-terangan mengatakan kalau dirinya suka kepada Raku. malahan dia selalu mendekati Raku tanpa malu dan sebagainya. Terlihat tegar tapi sebenarnya dia mempunyai tubuh yg lemah. Dia selalu berusaha untuk menjadi wanita yg diinginkan Raku. Pengisi suara; Asumi Kana.

#6 Maiko Shuu


Maiko Shuu yaitu teman sekelas dan juga ialah teman masa kecil Raku. Dia sangat bersahabat dengan Raku, dia juga orang yg mendengarkan cerita dan masalah Raku. Terlihat konyol dan bodoh, tapi sebenarnya dialah orang yg paling dewasa diantara teman-temannya. Dia menyukai gurunya yg ialah walikelasnya, Hihara Kyouko. Pengisi suara; Kaji Yuki.

#7 Miyamoto Ruri


Miyamoto Ruri yaitu sahabat Onodera Kosaki. Dia mengenal Kosaki pertama kali pada saat SMP. Ruri yaitu orang yg tahu kalau Kosaki menyukai Raku. malahan dia lebih memilih masuk ke SMA yg sama dengan Kosaki daripada tujuan sebelumnya. Dia sering membantu menciptakan kondisi dimana Kosaki mampu berdua bersama Raku. Baik hati dan peduli, Ruri juga ialah orang yg pandai dan rajin belajar. Pengisi suara; Uchiyama Yumi.

Musik ( 7.2/10 )


Opening Theme:
#1: “CLICK” by ClariS (eps 2-14)
#2: “STEP” by ClariS (eps 15-20)

Ending Theme:
#1: “CLICK” by ClariS (eps 1)
#2: “Heart Pattern” by Kirisaki Chitoge (Touyama Nao) (eps 2)
#3: “Recover Decoration (リカバーデコレーション)” by Onodera Kosaki (Hanazawa Kana) (eps 3-5)
#4: “TRICK BOX” by Tsugumi Seishirou (Komatsu Mikako) (eps 6-8)
#5: “Order x Order (オーダー×オーダー)” by Miyamoto Ruri (Uchiyama Yumi) (eps 9-11)
#6: “Hanagonomi (はなごのみ)” by Tachibana Marika (Asumi Kana) (eps 12-13)
#7: “STEP” by ClariS (eps 14)
#8: “Souzou Diary (想像ダイアリー)” by Kirisaki Chitoge (Touyama Nao), Onodera Kosaki (Hanazawa Kana), Tsugumi Seishirou (Komatsu Mikako), Tachibana Marika (Asumi Kana) (eps 15-17, 20)
#9: “Taisetsu no Tsukurikata (大切の作り方)” by Kirisaki Chitoge (Touyama Nao), Onodera Kosaki (Hanazawa Kana) (eps 18-19)

Keseluruhan ( 7.7/10 )

Secara keseluruhan anime ini baik. Alur yg diberikan sangat menarik, permasalahan didalam cerita tidak terlalu berat tapi sedikit rumit dan berbelit-belit. Karakter didalamnya juga tidak membosankan, terutama Raku, Chitoge, dan Shuu, mereka bertiga mempunyai tingkah yg cukup lucu dan menghibur. Anime ini cocok buat kamu yg suka cerita romantis harem, terutama yg suka dengan cerita dimana pertemuan pertama antara tokoh utama dengan si cewek yaitu bencana, dimana mereka awalnya saling membenci terlebih dulu dan saling bertengkar setiap kali bertemu sampai akhirnya saling mengerti satu sama lain. Mungkin ada diantara kalian yg kepikiran berhubungan kedua geng yg terdapat didalam cerita. Tapi tenang, anime ini benar-benar menceritakan berhubungan kisah romantis anak sekolahan. Kedua geng ini malah terlihat seperti keluarga mereka yg mencoba membagikan yg terbaik untuk kedua pemimpin penerus mereka, dan beberapa kali juga terlihat tingkah-tingkah konyol yg dilakukan kedua geng ini yg membuat cerita menjadi lebih seru dan lebih lucu, menghibur tentunya.

Quotes: “Bagaimanapun kamu merubah penampilan, seandainya sikapmu belum berubah itu sama saja seperti kamu yg dulu” -Ichijou Raku