TOP 5 Anime Military Terbaik dan Terpopuler

Anime dengan genre military yaitu salah satu anime yg memiliki cerita menarik, yg menceritakan mengenai tentara negara yg memperjuangkan kenegaraannya. Di dalamnya terdapat unsur ala militer, mulai dari segi medan, strategi, dan pertempurannya.

Tidak sedikit orang yg menyukai anime dengan genre military, dimana genre ini memiliki cerita aksi menarik dengan berbagai unsur kemiliteran di dalamnya. Genre military ini yaitu salah satu genre yg ane rekomendasikan untuk kamu tonton, terutama yg menyukai tentara dan ilmu kemiliteran. Di sini ane juga akan merekomendasikan beberapa anime genre military tersebut sebagai referensi untuk kamu tonton.

Menemukan pilihan untuk rekomendasi anime genre military ini tidaklah mudah, karena daftar anime dengan genre military tidaklah banyak, dan itu pun tidak semuanya mempunyai cerita yg menarik di dalamnya. Oleh menjadi di sini ane akan merekomendasikan anime dengan genre military terbaik dan terpopuler dari yg terbaik dan terpopuler, yg sempat ada sebagai referensi untuk kamu tonton nantinya.

5.Violet Evergarden (Drama, Slice of Life)


Meski tidak ada genre militer di dalamnya, ane sengaja memasukkan anime Violet Evergarden kedalam daftar karena tidak bisa dipungkiri mengenai masa lalu Violet Evergarden yg yaitu seorang prajurit. Belum lagi beberapa permasalahan yg masih terhubung dan melibatkan tokoh utama dengan kemiliteran.

Anime ini cocok buat kamu yg suka dengan cerita penuh drama emosional, dimana karakter utamanya tidak peka sama sekali terhadap persaan yg dimilikinya dan orang-orang disekitarnya. Mengatakan dan bertindak seperti yg dipikirkannya.

Kalau kamu nyari anime yg ceritanya bisa bikin nangis, baper, ngabisin banyak tisu, Violet Evergarden ini mungkin bisa jadi alternatif sebagai daftar anime yg harus kamu tonton.

Sinopsis:


Perang besar akhirnya berakhir setelah empat tahun konflik panjang. Kini benua Telesis terbagi menjadi dua sisi Utara dan Selatan.

Ada kata-kata yg Violet dengar di medan perang yg tak bisa dilupakan. Kata-kata tersebut diucapkan oleh seseorang yg sangat dia hormati dan sayangi lebih dari siapapun. tetapi, dia masih belum mengerti akan makna perkataan tersebut.

Violet yg sebelumnya dikenal sebagai “senjata”, kini dia mulai bekerja untuk menuliskan pikiran dan perasaan seseorang ke dalam kata-kata di atas kertas (surat), menyatukan perasaan orang-orang disekitarnya dan perlahan mulai memahami perasaannya sendiri dan makna dari kata-kata yg selama ini dia cari tahu.

4.Jormungand (Action, Adventure, Seinen)

Jormungand ini sebenarnya bukan genre militer. ane sengaja memasukkan kedalam daftar karena anime ini memiliki beberapa unsur dan suasana genre militer yg cukup terasa. Seperti keterlibatan dengan tentara negara, dan anggotanya yg yaitu mantan tentara, polisi, agen dan sebagainya yg memiliki kemampuan dan keahlian bertarung, termasuk analisa yg memperlihatkan bagaimana cara tentara atau prajurit bertindak.

Jormungand bahwa anime yg menceritakan mengenai pedagang senjata. Anime ini cocok buat kamu yg suka dengan cerita yg terdapat tim atau sebuah kelompok mafia didalamnya, terlebih anggotanya terlihat bebas tetapi sangat menghormati, baik sikap, keputusan, dan perintah pemimpin mereka.

Karena pekerjaannya sebagai pedagang senjata yg mengharuskan mereka berkeliling dunia, anime ini juga mengambil latar di sebuah tempat di Indonesia, apalagi mereka memuji masakan khas Indonesia, lho.

Sinopsis:

Koko Hekmatyar, pedagang senjata dari perusahaan HCLI yg menjual berbagai macam jenis senjata ke manapun mereka yg membutuhkan, tidak peduli mereka seorang tentara, mafia, atau warga sipil. Bersama dengan rekan-rekannya yg sebagian besar yaitu mantan prajurit, polisi, agen, apalagi mafia, Jonathan Mar seorang anak kecil yg yaitu anggota baru, bersama-sama mereka mengikuti dan melindungi Koko kemana pun dia pergi dengan mimpi besarnya, bahwa menjual senjata untuk menciptakan perdamaian dunia.

3.Fullmetal Alchemist: Brotherhood (Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy, Magic, Military, Shounen)

Fullmetal Alchemist: Brotherhood ini memiliki cerita yg sangat baik dan menarik. Dari segi cerita mungkin anime ini menempati posisi pertama, tetapi karena kita sedang membahas anime militer terbaik jadi ane membagikan posisi ke tiga untuk anime ini.

Anime ini cocok buat kamu yg suka cerita petualangan dengan aksi dan komedi di dalamnya, dengan tokoh utama yg cerdas dan jenius tetapi mempunyai tingkah yg adakalanya ceroboh, konyol, bodoh, dan kekanak-kanakan. Tokoh utama ceweknya yg hampir selalu terlihat bertengkar setiap kali bertemu, tetapi sebenarnya baik, peduli, dan perhatian, memperlihatkan seberapa dekatnya mereka. Dan tokoh menarik lainnya.

Belum lagi mengenai bagaimana cara berpikir dan strategi menyusun rencana yg dilakukan oleh pemimpin mereka yg selalu berada selangkah di depan musuh-musuhnya. ane sendiri menghabiskan waktu tidak sampai seminggu untuk menonton habis anime ini, karena ceritanya yg memang membuat penasaran akan kelanjutannya, dan tentunya benar-benar menarik.

Sinopsis:

Edward Elric dan Alphonse Elric, dua bersaudara yg memiliki kemampuan alkemis (ahli kimia), kemampuan untuk memperoleh sesuatu dengan pertukaran yg setara, mencoba menghidupkan kembali ibunya yg sudah meninggal. tetapi, usaha mereka gagal. Mereka harus membayar harga yg sangat mahal untuk itu, yg disebut dengan “biaya masuk” karena melakukan transmutasi manusia, hal tabu dalam alkimia. Edward kehilangan kaki kirinya, dan Alphonse kehilangan tubuh fisiknya. Dalam keadaan panik dan putus asa, Edward mengorbankan lengan kanannya untuk memindahkan jiwa Alphonse ke dalam baju zirah.

Di tengah keputusasaannya, Edward mendapat tawaran untuk menjadi alkemis negara. Setelah mempertimbangkan keuntungan memperoleh berbagai hak istimewa sehingga dia bisa menyelidiki dan mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka, Edward menerima tawaran itu. Tangan dan kaki Edward pun diganti dengan automail. Setelah itu, Edward mengikuti tes ujian alkemis negara dan lulus sebagai alkemis negara termuda dalam sejarah dan mendapat julukan Fullmetal Alchemist (alkemis baja). Bersama dengan adiknya, Alphonse, di mulailah petualangan mereka guna mencari cara untuk mengembalikan tubuh mereka.

2.Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri (Action, Adventure, Fantasy, Historical, Magic, Military, Supernatural)


Tidak seperti kebanyakan anime militer lainnya yg berfokus pada peperangan, anime Gate: Jietai Kanochi nite, Kaku Tatakaeri ini lebih berfokus pada masalah politik, diplomatik dan sebagainya tanpa mengurangi bagaimana genre militer itu sendiri, bahwa pertempuran yg juga tidak kalah seru.

Anime ini cocok buat kamu yg suka genre militer yg cara menyelesaikan masalahnya lebih mengutamakan dengan cara berunding atau bekerja-sama dalam sebuah perjanjian guna menciptakan perdamaian antar kedua belah pihak. Anime ini mengambil dua latar sekaligus, bahwa modern dan abad pertengahan. Di dalamnya terdapat berbagai macam ras, seperti elf, penyihir, dan lainnya, dan binatang mitos seperti naga. Tokoh utama cowoknya yg terlihat biasa-biasa saja, tidak bisa diandalkan, dan pemalas, tapi sebenarnya cerdas dan terampil, tentunya memiliki pangkat yg tinggi.

Sinopsis:

Itami Youji yg yaitu otaku sekaligus tentara Japan Self-Defense Forces (JSDF), sedang dalam perjalanan untuk menghadiri pameran doujin di Ginza, Tokyo, ketika sebuah portal misterius dalam bentuk gerbang besar tiba-tiba muncul. Dari gerbang ini, keluar makhluk-makhluk misterius dan prajurit yg mengenakan baju zirah abad pertengahan muncul, menerobos kota, membunuh dan menghancurkan segalanya. Dengan tindakan cepat, Itami menyelamatkan sebanyak mungkin orang-orang sementara JSDF lainnya mengerahkan upaya mereka untuk menghentikan serangan musuh.

Tiga bulan setelah serangan itu, Itami di tugaskan memimpin tim pengintai khusus, sebagai bagian dari tugas JSDF, yg akan dikirim ke sisi lain gerbang untuk mempelajari lebih lanjut mengenai apa yg mereka hadapi dan berusaha untuk berteman dengan penduduk setempat dengan harapan menciptakan hubungan damai dengan kekaisaran yg berkuasa. Tetapi andaikan mereka gagal, mereka menghadapi konsekuensi dalam peperangan yg menghancurkan, yg bisa menelan kedua sisi gerbang.

1.Youjo Senki (Magic, Military, Seinen)

andaikan kita membicarakan mengenai anime militer, Youjo Senki ini pantas menempati urutan posisi pertama. Genre militer disini benar-benar terasa, mengenai bagaimana pertempuran yg dilakukan di medan perang, strategi yg digunakan, dan eksekusinya benar-benar sangat baik.

Youjo Senki ini sangat ane rekomendasikan untuk kamu yg suka dan sedang mencari referensi anime dengan genre militer. Seperti yg ane katakan sebelumnya, unsur militer disini benar-benar kental dan terasa, belum lagi karakter utamanya yg terbilang gilak pada saat di medan perang. Meski begitu dia sangat terampil dan memiliki bakat yg luar biasa, baik cara bertempurnya atau bagaimana menyusun strategi dan mengambil keputusan. Terlihat kejam dan menakutkan, tapi semuanya dilakukan demi kemenangan dan keselamatan rekan-rekannya. (Tsundere).

Sinopsis:
Tanya Degurechaff bahwa seorang prajurit muda yg kejam, yg memiliki bakat dan kemampuan taktik luar biasa, membuatnya mendapat julukan “Iblis dari Rhine”. Degurechaff dikehidupan sebelumnya bahwa seorang anak laki-laki yg direinkarnasi oleh Makhluk X, yg menganggap dirinya sebagai Tuhan, yg dikehidupan sebelumnya Degurechaff sempat menempatkan dirinya dalam kejadian yg tidak masuk akal yg kemudian menentangnya. Karena perbuatannya dia direinkarnasi menjadi seorang gadis kecil yg berada di dunia yg sedang terjadi perang yg terdapat kekuatan sihir.