Tsundere, Yandere, Dandere, Kuudere, Deredere, Goudere, Gundere, Himedere, Kamidere, Mayadere, dan Onidere

Kalau kamu sering menonton anime, kata-kata ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kamu, Tsundere, Yandere, Dandere, Kuudere dan sebagainya. Itu tadi adalah berbagai macam sifat karakter yg sering kita dengar ketika menonton anime. Kata yg menunjukkan sifat karakter tersebut.

Sekedar informasi, kata ‘Dere’ berasal dari istilah Bahasa Jepang, ‘deredere’ yg digunakan untuk menggambarkan kepribadian seseorang di Jepang. Dengan menggabungkan kata ‘Dere’ dengan beberapa istilah lain, terciptalah sebuah sifat baru yg biasa kita temukan di tokoh-tokoh anime. Tidak ada gender khusus untuk pengguna istilah ini, tetapi biasanya kata ini disematkan pada karakter perempuan.

Ada banyak berbagai macam ‘Dere’, tapi hanya ada empat tipe utama dari ‘Dere’ ini, adalah Tsundere, Yandere, Dandere, dan Kuudere.

Berikut ini penjelasan mengenai masing-masing dari kata ‘Dere’, dan beberapa contoh karakter anime yg bisa di kategorikan dalam karakteristek ‘Dere’ ini.

1.TSUNDERE

Kirisaki Chitoge (Nisekoi)


Diantara semua ‘Dere’, mungkin kata Tsundere ini yg paling sering kamu dengar dan kamu temui pada saat menonton anime. Tsundere adalah gabungan dari kata ‘tsuntsun’ dan ‘deredere’, dimana ‘tsuntsun’ adalah karakter yg agresif. Penggabungan kata yg menjadi Tsundere memiliki makna orang yg keras, akan tetapi sebenarnya memiliki sifat yg baik.

Dalam anime, biasanya karakter dengan sifat Tsundere ini lebih banyak diperlihatkan pada tokoh perempuan yg tidak jujur dan tidak mengakui perasaan sebenarnya kepada orang lain, terutama orang yg disukainya. Karakter dengan sifat Tsundere ini biasanya sering mengatakan hal yg terbalik dengan apa yg ada pada isi hatinya, kadang kala juga cenderung bersikap keras kepala, kasar dan terlihat tidak peduli. akan tetapi sebenarnya diam-diam dia melakukan yg terbaik dengan caranya sendiri. Intinya, tipe ini terlihat kasar, keras kepala, tidak peduli, malah menunjukkan sifat jahat kepada orang terdekatnya atau yg disukainya akan tetapi sebenarnya baik hati dan penuh perhatian.

“Jangan salah sangka ya, ane melakukan ini bukan karena blablabla… tapi blablabla…” adalah salah satu kalimat yg sering dilontarkan oleh karakter yg memiliki sifat Tsundere.

Sosok Tsundere di anime:
Kirisaki Chitoge (Nisekoi)
Aisaka Taiga (Toradora!)
Degurechaff Tanya (Youjo Senki)
Inoue Narumi (Re-Kan!)
Le Blanc de La Valliere Louise Francoise (Zero no Tsukaima)
Makise Kurisu (Steins;Gate)
Vegeta (Dragon Ball)

2.YANDERE

Gasai Yuno (Mirai Nikki)


‘Yan’ berasal dari kata ‘Yanderu’ yg memiliki arti gangguan mental atau jiwa. Yendere ini kebalikannya dari Tsundere. Karakter yg memiliki sifat Yandere biasanya terlihat tampak baik, lembut dan penuh kasih sayang. akan tetapi bisa menjadi sangat berbahaya ketika cemburu atau ketika perasaannya sedang tidak baik, malah tidak segan untuk melakukan kekerasan. Karakter dengan sifat Yandere cenderung mempunyai sifat yg sangat psycho, mentalnya mudah berubah sesuai dengan suasana hatinya. Dia juga sering menyembunyikan rencana jahatnya dengan berpura-pura baik didepan orang yg dibencinya.

apabila cewek Yandere menyukai seseorang maka dia akan benar-benar terobsesi padanya, tidak rela bilamana orang yg disukainya didekati orang lain, malah tak segan untuk membunuhnya, baik orang yg disukainya atau orang yg mendekati orang yg disukainya. Dalam kondisi terburuk, cewek Yandere akan membunuh orang yg disukainya saat dia merasa cemburu, lalu kemudian membunuh dirinya sendiri (bunuh diri). Filosofi sehidup semati. Intinya tipe ini adalah yg paling bahaya diantara tipe lainnya, bersikap baik dengan segudang rencana jahat dibalik senyumannya, mencintai dengan cara yg berlebihan ‘menjadi milikku atau tidak sama sekali’.

Sosok Yandere di anime:
Gasai Yuno (Mirai Nikki)
Tokisaki Kurumi (Date A Live)
Kushida Kikyou (Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e)

3.DANDERE

Misaki Mei (Another)


‘Dan’ pada Dandere berasal dari istilah Bahasa Jepang ‘Danmari’ yg artinya pendiam. Karakter tipe ini adalah orang yg pendiam, tidak banyak bicara, tidak banyak tingkah, dan biasanya pemalu. akan tetapi sebenarnya sangat peka terhadap lingkungannya.


Karakter dengan tipe ini biasanya sulit untuk didekati, akan tetapi tipe ini akan menjadi orang yg sangat baik dan terbuka kepada seseorang yg sudah menjadi temannya dan dekat dengannya.

Sosok Dandere di anime:

Hyuuga Hinata (Naruto)
Misaki Mei (Another)
Kawai Ritsu (Bokura wa Minna Kawai-sou)
Kozume Kenma (Haikyuu!!)
Amano Yukiteru (Mirai Nikki)
Shinah (Akatsuki no Yona)

4.KUUDERE

Tachibana Kanade (Angel Beats!)

kata ‘Kuu’ pada ‘Kuudere’ berasal dari istilah Bahasa Inggris ‘cool’ dan dengan penyebutan Bahasa Jepang menjadi kata ‘Kuu’. Karakter dengan tipe Kuudere ini menunjukkan sifat yg tenang. Mereka adalah karakter yg mampu tetap bersikap tenang dan berpikir dengan jernih dan teliti dalam kondisi apapun. Biasanya karakter ini mempunyai sorot mata yg tajam, bersikap dingin atau malah tanpa emosi.

Sosok Kuudere di anime:

Tachibana Kanade (Angel Beats!)
Sesshoumaru (Inuyasha)
Uchiha Itachi (Naruto)
Levi Ackerman (Shingeki no Kyojin)

5.DEREDERE

Sakura Chiyo (Gekkan Shoujo Nozaki-kun)

Deredere adalah kata asli dari berbagai tipe ‘Dere’. Karakter dengan tipe ini benar-benar sangat baik hati, penuh kasih sayang, dan perhatian. Karakter ini jujur dan menerima dirinya sendiri apa adanya. Intinya benar-benar baik, baik di luar atau di dalamnya.

Sosok Deredere di anime:

Amami Hibiki (Re-Kan!)
Sakura Chiyo (Gekkan Shoujo Nozaki-kun)

6.GOUDERE

Hak (Akatsuki no Yona)

Goudere adalah tipe yg akan mengabdikan hidupnya kepada seseorang yg di cintainya atau di hormatinya. Tipe ini malah rela melakukan apa saja termasuk mengorbankan hidupnya demi orang tersebut.


Sosok Goudere di anime:

Horobi (Koutetsujou no Kabaneri)
Roronoa Zoro (One Piece)
Hak (Akatsuki no Yona)

7.GUNDERE

Hiruma Youichi (Eyeshield 21)

Diambil dari kata ‘Gun’ yg berarti senjata api. Hampir mirip sama seperti Tsundere, terlihat jahat akan tetapi sebenarnya baik. Karakter ini akan menembakkan senjata api apa saja ketika dia sedang meluapkan perasaannya, terutama saat marah dan bahagia, karena rencananya berjalan sesuai dengan apa yg diinginkannya.


Sosok Gundere di anime:

Hiruma Youichi (Eyeshield 21)

8.HIMEDERE

Yona (Akatsuki no Yona)

Diambil dari kata ‘Hime’ yg berarti putri. Tipe ini ditujukkan untuk karakter perempuan yg pada dasarnya adalah seorang putri. Tipe ini juga ditujukkan untuk karakter perempuan kaya raya dan selalu dimanja.

Sosok Himedere di anime:
Yona (Akatsuki no Yona)

9.KAMIDERE

Enel (One Piece)

Diambil dari kata ‘Kami’ yg berarti dewa. Tipe ini ditujukkan untuk karakter yg mempunyai kekuatan spesial sehingga menganggap dirinya sebagai dewa, hingga akhirnya menjadi sombong dan bertindak sesuka hatinya.

Sosok Kamidere di anime:

Uzumaki Nagato (Naruto Shippuuden)
Enel (One Piece)

10.MAYADERE

Tsugumi Seishirou (Nisekoi)

Karakter tipe mayadere adalah karakter yg awalnya mencoba untuk membunuh targetnya tapi malah berakhir dengan tidak yakin terhadap dirinya sendiri, atau malah jatuh cinta kepada targetnya. Tipe ini memiliki pemikiran yg sukar ditebak, apakah teman atau musuh.

Sosok Mayadere di anime:

Tsugumi Seishirou (Nisekoi)
Tokisaki Kurumi (Date A Live)

11.ONIDERE

Uzumaki Naruto (Naruto)

Diambil dari kata ‘Oni’ yg berarti iblis. Karakter tipe Onidere mempunyai kekuatan penghancur yg sangat hebat yg dia sendiri tidak bisa mengendalikannya, yg membuatnya dijuluki sebagai monster atau iblis, atau malah monster atau iblis itu sendiri, dan membuatnya dijauhi oleh orang disekitarnya karena dianggap berbahaya.

Sosok Onidere di anime:

Uzumaki Naruto (Naruto)
Inuyasha (InuYasha)
Okumura Rin (Ao no Exorcist)