Youjo Senki (The Saga of Tanya the Evil)

Detail:

Judul: Youjo Senki (幼女戦記)
Genre: Magic, Military, Seinen, Supernatural
Rating: R – 17+
Rilis: Winter 2017, 6 Januari – 31 Maret
Sumber: Light Novel
Tipe: TV
Episode: 12
Durasi: 24 min. per eps.
Status: Selesai
Studio: NUT
Produser: Media Factory, AT-X, Enterbrain, Sony Music Communications
Lisensi: Funimation

Youjo Senki (幼女戦記) The Saga of Tanya the Evil, Kisah Tanya si Jahat ialah novel ringan Jepang yg ditulis dan diilustrasikan oleh Zen Carlo dan Shinotsuki Shinobu. Mendapat adaptasi manga yg ditulis oleh Tojo Chika yg memulai serialisasi di majalah Comp Ace Kadokawa Shoten, 26 April 2016. Lalu di adaptasi menjadi serial anime televisi oleh studio NUT yg disutradari oleh Uemura Yutaka, ditulis ulang oleh Ihara Kenta, musik oleh Yuuki Aoi dan MYTH & ROID.


Synopsis:

Tanya Degurechaff ialah seorang prajurit muda yg kejam yg memiliki bakat dan kemampuan taktik luar biasa, membuatnya mendapatkan panggilan “Iblis dari Rhine”. Tanya sebelumnya ialah seorang anak laki-laki yg direinkarnasi oleh Makhluk X, yg menganggap dirinya sebagai tuhan, yg dikehidupan sebelumnya Tanya sempat menempatkan dirinya dalam kejadian yg tidak masuk akal yg kemudian menentangnya. Karena perbuatannya dia direinkarnasi sebagai seorang gadis kecil ke dalam dunia yg sedang berperang yg terdapat kekuatan sihir.

Di dunia tersebut Tanya memutuskan untuk masuk ke dalam kemiliteran negara guna mendapat kehidupan yg lebih baik. tapi, Mahkluk X tidak membiarkan dan selalu menempatkannya kedalam situasi yg berbahaya. Tanya pun memutuskan untuk mengikuti permainannya sekaligus menentangnya guna mendapatkan kehidupan yg damai.


Cerita ( 7.9/10 )

Kalender terpadu Juni, 1923. Seorang gadis kecil bernama Tanya Degurechaff memutuskan untuk menjadi relawan kemiliteran negara. Dia berencana untuk menjadi anggota militer yg bekerja di bagian lain selain prajurit yg ditugaskan ke dalam medan perang guna mendapat kehidupan yg damai. Menjadi pelatihan terakhir Akademi Militer Kekaisaran, dia terlibat dalam pelatihan di jalur patroli ketiga distrik militer Utara Norden medan perang sebagai bagian dari tugas unit. Pelatihan yg ialah langkah awalnya untuk mengambil karir cemerlang sebagai prajurit untuk kehidupan yg damai malah membuatnya terlibat dalam hal tak terduga.

Situasi yg berubah secara tak terduga membuat Kekaisaran dan Koalisi masuk ke dalam keadaan perang sebagai imbas pelanggaran lintas batas Collateral Union. Tanya yg berada dalam situasi dimana dia harus berhadapan dengan prajurit penyihir dari perbatasan, tidak ada alasan mundur untuknya selain menaham musuh sampai bantuan tiba.

Keinginan Tanya untuk bertahan hidup dan mengalahkan Makhluk X membuatnya mengeluarkan kemampuan terbaiknya, dia bisa menahan pasukan penyihir musuh sendirian sampai akhirnya bantuan tiba.

Tindakannya ternyata malah membuatnya mendapat kenaikan pangkat dan posisi yg lebih tinggi, posisi yg sebenarnya tidak dia harapkan. Tanya malah menjadi prajurit yg di kirimkan ke medan perang Rhine, medan perang yg juga dikenal sebagai neraka karena kekejamannya. Tanya yg diposisikan sebagai pemimpin pleton pasukan prajurit penyihir, taktik dan tindakannya untuk menghalau dan mengalahkan musuhnya membuatnya dijuluki “Iblis dari Rhine”.

Setelah cukup lama menghabiskan waktu di medan perang Rhine, Tanya mendapat promosi kenaikan pangkat dan kemudian ditarik dari perang tersebut. Mulai saat itu dia mendapatkan kehidupan yg selama ini dia inginkan. tapi, kehidupan damainya tersebut tidaklah berlangsung lama. Sekali lagi dia harus terlibat dalam keadaan dimana dia harus melakukan banyak pekerjaan sulit dan berbahaya.

Tanya sekarang berpangkat Mayor dan harus menjadi pemimpin Komandan pasukan Batalion Sihir Udara 203 sebagai pasukan bantuan respon cepat. Pasukan ini dikirim keberbagai tempat, dari satu tempat ke tempat yg lain guna membantu pasukan di berbagai medan perang dan melakukan banyak misi berbahaya lainnya.

Dalam mengerjakan tugas-tugasnya, Tanya beberapa kali bertemu dengan Mahkluk X yg membuatnya seperti sekarang ini. Tanya yg sadar kalau semua ialah perbuatannya memutuskan untuk bermain-main dengannya. Tidak peduli sekeras apa kehidupan yg harus di laluinya, dia memutuskan untuk tidak kalah dengan takdir yg diberikan Mahkluk X padanya.

Grafis & Kualitas Gambar ( 7.8/10 )

Karakter ( 7.8/10 )

#1 Tanya Degurechaff

Tanya Degurechaff dikehidupan sebelumnya sempat menempatkan dirinya dalam situasi yg tidak masuk akal, dimana dia bertemu dengan Mahkluk X yg menganggap dirinya tuhan. Menentangnya, Tanya kemudian direinkarnasi menjadi seorang gadis kecil yg terlibat dalam peperangan yg terdapat sihir. Tanya ialah prajurit berpangkat Letnan Dua sampai akhirnya menjadi Mayor karena bakat dan taktik luar biasanya dalam pertempuran di medan perang, jadi juga dia dijuluki “Iblis dari Rhine”. Tanya yg mendapat kenaikan pangkat harus menjadi Komandan Batalion Sihir Udara 203 dan Komandan Pasukan Satu. Terlihat keras dan kejam, semua dilakukannya demi kemenangan dan keselamatan rekan-rekannya. Pengisi suara; Yuuki Aoi.

#2 Viktoriya Serebryakova Ivanovna

Viktoriya Serebryakova Ivanovna ialah prajurit berpangkat Kopral yg dikirim ke medan perang Rhine, yg masuk ke dalam satu tim di bawah kepemimpinan Letnan Dua Tanya Degurechaff. Serebryakova ialah orang yg baik dan peduli terhadap keselamatan rekan-rekannya, dia juga orang yg sangat mengerti dan memahami setiap tindakan keras yg dilakukan oleh Tanya. Dia ialah orang yg paling dekat dengan Tanya. Kerja keras dan kemampuannya di medan perang Rhine membuatnya mendapat kenaikan pangkat menjadi Letnan Dua tak lama setelah Tanya. Dia mendapat satu tim dibawah kepemimpinan Tanya sekali lagi sebagai Wakil Komandan Pasukan Satu Batalion Sihir Udara 203. Pengisi suara; Hayami Saori.

#3 Matheus Johann Weiss


Matheus Johann Weiss ialah prajurit berpangkat Letnan Satu yg menjadi Wakil Komandan dari Pasukan Dua Batalion Sihir Udara 203 dibawah kepemimpinan Mayor Tanya Degurechaff. Pekerja keras dan tidak mudah menyerah membuatnya mendapatkan posisi Wakil Komandan. Pengisi suara; Hamano Daiki.

#4 Erich von Rerugen

Erich von Rerugen ialah prajurit berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) yg bekerja di Markas Besar Strategi Kemiliteran sebagai Wakil Ketua Strategi dan Operasi. Dia ialah orang yg teliti dan pekerja keras. Dia membantu kemiliteran negara dengan berbagai saran strategi guna kemenangan. sempat bertemu dengan Tanya sebelumnya, dia menganggap kalau Tanya ialah Iblis di dalam diri gadis kecil. Pengisi suara; Miki Shinichiro.

#5 Hans von Zettour

Hans von Zettour ialah prajurit berpangkat Brigadir Jenderal yg bekerja di Markas Besar Strategi Kemiliteran yg berposisi sama seperti von Rerugen Erich, merupakan sebagai Wakil Ketua Strategi dan Operasi. Dia ialah orang yg membagikan saran lebih kepada ketua strategi dan operasi guna keberhasilan untuk menang. Pengisi suara; Ootsuka Houchuu.

#6 Kurt von Rudersdorf


Kurt von Rudersdorf ialah prajurit berpangkat Brigadir Jenderal yg bekerja di Markas Besar Strategi Kemiliteran sebagai Ketua Strategi dan Operasi. Dia ialah orang yg membagikan dan menugaskan prajurit untuk bertugas. Dia juga orang yg membuat strategi dalam menjalankan sebuah operasi yg dilakukan oleh para prajurit guna kemenangan. Pengisi suara; Genda Tessyo.

#7 Adelheid von Schugel

Adelheid von Schugel ialah Doktor Profesor yg bekerja di bagian Teknologi Tentara Kekaisaran sebagai Kepala Pengembangan. Dia ialah orang yg menciptakan dan mengembangkan peralatan sihir. Kepercayaan diri yg tinggi akan alat buatannya sering kali membuat Tanya, seseorang yg dijadikannya sebagai orang yg mencoba alat barunya merasakan ketegangan dan kepanikan luar biasa. bisa dibilang kepercayaan akan alat buatannya yg baru sama dengan kegilaan. Pengisi suara; Tobita Nobuo.

#8 Sioux Anson



Sioux Anson ialah prajurit tentara Republik Parisee dari Pasukan Batalion Udara Sihir 5 Aliansi Ententem yg berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) yg sempat berhadapan dengan Tanya yg saat itu hanya seorang diri, dimana saat itu Tanya mampu membuat rekan-rekannya banyak yg terluka parah dan terbunuh. Lama setelah kejadian itu, Anson mendapat kenaikan pangkat menjadi Kolonel setelah atasan sebelumnya terbunuh. Kenaikan pangkatnya dan takdir mempertemukannya kembali dengan Tanya Degurechaff. Dia sudah berkeluarga dan memiliki seorang putri yg sangat sayang padanya, begitu juga sebaliknya. Pengisi suara; Horiuchi Kenyuu.


#9 Sioux Mary



Sioux Mary ialah putri Sioux Anson. Sangat menyayangi ayahnya, Mary memutuskan untuk menjadi relawan kemiliteran negaranya untuk membalas dendam kematian ayahnya. Pengisi suara; Tomatsu Haruka.

Musik ( 7.7/10 )


Opening Theme:
#1: “JINGO JUNGLE” by MYTH & ROID (ep 3, 4, 7-11)

Ending Theme:
#1: “JINGO JUNGLE” by MYTH & ROID (ep 2, 12)
#2: “Los! Los! Los!” by Degurechaff Tanya (Yuuki Aoi) (ep 3, 4, 6, 7, 9-11)
#3: “Sensen no Realism (戦線のリアリズム)” by Nina Mako (ep 8)

Keseluruhan ( 8/10 )


Secara keseluruhan anime ini sangat baik dan menarik. Alur dan karakternya tidak membosankan sama sekali, terutama Degurechaff Tanya, kamu pasti suka, terlebih yg menyukai karakter tsundere.

Genre Militer disini benar-benar terasa, berhubungan bagaimana pertempuran di medan perang, strategi yg digunakan, dan eksekusinya benar-benar sangat baik.

Genre Militer disini sedikit agak berbeda dengan anime lainnya, disini sihir termasuk kedalam alat dan kemampuan perang. Tapi tenang, sihirnya sendiri tidaklah berlebihan untuk genre militer. Sihir disini digunakan sebagai perlengkapan dan senjata. Terdapat juga alat yg digunakan untuk pertempuran udara yg bahan bakarnya ialah sihir.

Kalau kamu lagi nyari anime genre Militer, ane sangat merekomendasikan untuk menonton Youjo Senki ini. Unsur Militernya sangat kental dan terasa, belum lagi karakter utamanya yg terbilang gilak pada saat di medan perang. Terlihat kejam dan menakutkan, tapi semua dilakukan demi kemenangan dan keselamatan rekan-rekannya. Tsundere abis dah. Pokoknya kamu yg suka anime Militer ditambah suka karakter tsundere, anime Youjo Senki ini bisa memenuhi keinginanmu tersebut.

Quote: “Manusia yg dipenuhi kebencian akan terus berjuang tanpa memperhatikan kepentingan atau alasan terlepas dari apa yg mereka dapatkan atau hilangkan.” -Tanya Degurechaff